Home / Edutainment / Metode Pembelajaran / Opini / Pengembangan Guru

Kamis, 6 Oktober 2022 - 23:30 WIB

Mau Pembelajaran Lebih Menyenangkan? Coba Cara Ini!

Dibaca 1,208 kali

Pembelajaran Menyenangkan – Pembelajaran merupakan aspek penting dalam menyampaikan materi dan mengambil feedback dari apa yang dipahami siswa. Tidak jarang memerlukan model-model , dan salah satunya aspek yang perlu diperhatikan yaitu Pembelajaran Menyenangkan.

Pembelajaran jenis ini merupakan salah satu langkah yang ditempuh dalam menyukseskan penyampaian materi sekaligus memberikan makna lebih dalam. Bahkan bagi sebagian pendidik, menciptakan Menyenangkan dan bermakna dapat memberikan kesan tersendiri dan justru lebih menantang.

Bisa dipastikan juga bahwa tidak sedikit pendidik yang merasa bahwa pembelajarannya itu itu saja, sehingga pasti menemukan siswa yang tidak fokus, ngantuk, bersandar, bercerita dan asyik dengan teman, atau tiba-tiba izin ke kamar mandi.

Dari hal inilah kenapa pendidik memerlukan Pembelajaran Menyenangkan. Tidak fokus pada bagaimana materi tersampaikan, tapi media yang digunakan untuk menyampaikan materi juga dimaksimalkan.

Apalagi dalam era Merdeka ini, dimana seluruh pembelajaran harus beraspek pada dan fokus pada materi esensial yaitu  Tentu pendidik harus mampu memaksimalkan perannya dalam menyusun beserta model pembelajarannya. Seperti dikutip dari laman thoughtco.com, setidaknya ada 10 langkah yang dapat diaplikasikan oleh dalam menyusun pembelajaran yang menyenangkan, yaitu:

  1. Menyisipkan Teka-teki atau Misteri suatu Hal dalam Pembelajaran
Baca Juga:  Jenis Metode Mengajar Asik dengan Media Pembelajaran Interaktif

Pembelajaran yang santai dan menguak fakta-fakta tertentu merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Beberapa diantaranya dapat memahami konsep tertentu terlebih dahulu sebelum masuk pelajaran di .

  1. Tidak Mengulang Materi Kelas

Materi yang terus diulang-ulang cenderung memberikan kebosanan kepada siswa. Pada dasarnya pun siswa akan merasa harus selalu berangkat kedepan, meskipun kurang memahaminya. Hal ini bisa disiasati dengan membahas materi yang belum dipahami pada kesempatan lain di luar jam kelas.

  1. Games

Percobaan dengan games tidak pernah mengecewakan. Pasalnya siswa akan merasa antusias apabila di tengah-tengah pelajaran, ada hal menyenangkan yang bisa dilakukan. Hanya saja tentu eksplorasi pendidik harus selalu dikembangkan menurut perkembangan dan pemahaman zaman.

  1. Terapkan Opsi untuk Siswa

    Halaman Selanjutnya

    Opsi Belajar yang Bagus Diberikan untuk Siswa

Share :

Baca Juga

Edutainment

Cari Tahu Pengajar Praktik Program Pendidikan Guru Penggerak

Pengembangan Guru

4 Tips Memberi Umpan Balik kepada Guru Agar Tetap Merasa Nyaman

Pelatihan

Implementasi Artificial Intelligence pada Kegiatan Pembelajaran
Ilustrasi Panduan Meneributkan Buku ber ISBN

Pengembangan Guru

Contoh Refleksi Kemampuan Literasi Pendidik di Tahap Berkembang dan Mahir

Metode Pembelajaran

Mengenal Jenis Model Pembelajaran

Kompetensi Guru

Sebelum Terlambat, Tata Cara Melakukan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia

Media Mengajar

Kualitas Pendidikan Indonesia, Guru Dapat Meningkatkannya!

Kesiswaan

Berkolaborasi dan Berkontribusi Menyusun Perangkat Ajar
Download Sertifikat Pendidikan Gratis