Keunggulan dan Kekurangan Pembelajaran Berpusat pada Siswa
Dalam impelementasinya, pembelajaran yang berpusat pada siswa memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Menurut (Rao, 2020), keunggulan penerapan pembelajaran ini adalah sebagai berikut.
- Siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya;
- Siswa menjadi lebih aktif dan senantiasa berpikir kritis;
- Siswa dapat berperan aktif sebagai tutor sebaya untuk dapat meningkatkan keberhasilan kelompok;
- Interaksi antar siswa dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan pendapat;
- Siswa dapat belajar dengan menemukan bahwa belajar itu menarik dan menyenangkan;
- Siswa dapat menemukan gaya belajarnya sehingga kegiatan pembelajaran terkesan lebih efektif;
- Siswa dapat berkelompok dan melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan dengan menjunjung tinggi norma-norma kelompok;
- Siswa secara aktif membantu dan memotivasi semangat temannya untuk sukses bersama;
- Guru memiliki sedikit pekerjaan tradisional yang harus dikerjakan;
- Keluhan terhadap ketidakrelevanan guru dalam mengajar berkurang;
- Tugas atau laporan yang dikumpulkan oleh siswa dapat meningkatkan pengetahuan guru;
- Siswa mengerjakan proyek atau masalah dalam tim dengan akuntabilitas pribadi dan tim untuk pemahaman konseptual.
Sedangkan menurut (Rao, 2020), kelemahan pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah sebagai berikut:
- Memerlukan waktu yang lebih lama bagi siswa sehingga sulit untuk mencapai target kurikulum;
- Membutuhkan waktu yang lama bagi guru sehingga banyak guru yang enggan menggunakan pembelajaran kooperatif;
- Diperlukan keterampilan bagi guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif, sehingga tidak semua guru dapat melakukannya.
- Terdapat sifat tuntutan siswa yang spesifik, seperti sifat bekerja sama tapi dalam penerapannya tidak semua siswa mampu diajak untuk bekerja sama.
[Silahkan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia]
Dapatkan informasi guru terupdate dengan join channel telegram: https://t.me/wartagurudotid
Penulis : SM