Home / News

Selasa, 22 Maret 2022 - 00:18 WIB

Mengenal Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Dibaca 748 kali

Definisi sekolah inklusi adalah suatu sekolah yang menyambut semua siswa tanpa memandang jenis kelamin, etnis, latar belakang layaknya sosial, ekonomi, hingga kebutuhan pendidikan.

“Anak dengan kebutuhan khusus terkadang kesulitan untuk masuk ke sekolah umum. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftarkannya ke sekolah inklusi. Dengan begitu, ibu perlu tahu segala hal yang perlu diketahui tentang sekolah khusus ini.”-Halodoc

Lalu, Apa saja Manfaat dari Sekolah Inklusi?

Manfaat yang dapat dirasakan oleh siswa adalah persahabatan yang memiliki makna dalam, rasa hormat, saling menghargai satu sama lain, dan memahami perbedaan lebih baik bahwa tidak ada manusia yang sempurna, sehingga siap untuk kehidupan dewasa di masyarakat.

Keunggulan dari Sekolah Inklusi yang Perlu Kita Ketahui

Sekolah ini menawarkan banyak dukungan ekstra untuk siswa dengan kebutuhan belajar yang berbeda. Bahkan, sekolah ini juga menyediakan terapis wicara, terapis okupasi, psikolog, dan pendidik psikolog untuk menilai kemampuan setiap anak. Hal ini dapat memberi tahu tentang segala dukungan dan perubahan yang mungkin dibutuhkan. Tentu hal ini sangat penting untuk anak dengan kebutuhan khusus.

Lalu, Apa saja Cara Terbaik Memastikan Anak Kebutuhan Khusus Diakomodasi ?

Setiap orangtua dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus harus benar-benar memastikan jika semua hal yang dibutuhkan terakomodasi. Sekolah ini dapat menyediakan jalan landai dan kamar mandi khusus yang sudah disesuaikan untuk siswa yang sulit mencapai tempat yang dituju saat ke toilet.

Guru dapat ke kelas untuk membantu siswa satu per satu jika ada yang mengalami kesulitan. Terkadang, siswa juga dapat meninggalkan ruangan jika dirasa membutuhkan waktu untuk fokus menyendiri atau untuk melakukan kelompok belajar yang lebih kecil. Selain itu, guru juga perlu mempermudah semua hal, seperti memakai mikrofon agar siswa tunarungu dapat mendengar dengan jelas.

Dan, Hal Apa yang Membedakan Sekolah Inklusi VS Sekolah Luar Biasa (SLB)

Sekolah inklusi merupakan sekolah reguler yang menerima AdD sebagai siswanya. Untuk itu, tak sembarang sekolah reguler ditunjuk pemerintah untuk menjadi sekolah inklusi.

Simak ringkasan berikut tentang perbedaan kedua sekolah tersebut.

  1. Sekolah inklusi baik untuk Anak dengan Disabilitas (AdD) yang memiliki kemampuan kognitif cukup bagus. Namun jika kemampuannya di bawah rata-rata, lebih baik AdD bersekolah di SLB.
  2. Sekolah inklusi memperlakukan Anak dengan Disabilitas (AdD) sama dengan anak-anak reguler dengan pembelajaran dan lingkungan yang sama. Sedangkan SLB di-setting sedemikian rupa untuk AdD dari mulai guru, konstruksi gudang, atau juga cara berkomunikasi.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi sekolah untuk menjadi sekolah inklusi. Hal-hal tersebut meliputi lingkungan yang kondusif untuk AdD, guru inklusi sebagai tenaga pendidik, dan fasilitas lainnya. Pada dasarnya membuka peluang bagi AdD untuk belajar bersama anak-anak reguler lainnya

Pada kesimpulannya, AdD yang dimasukkan sekolah inklusi harus kuat secara kognitif karena jika tidak mampu mengimbangi bisa menimbulkan depresi. Sekolah inklusi juga telah lama diterapkan di negara-negara lain seperti Jepang, Amerika, dan Eropa. Disarankan semua guru inklusi melalui pelatihan khusus untuk hasil yang lebih baik.

Jadi, SLB Termasuk Sekolah Apa?

Pendidikan luar biasa (dikenal juga sebagai pendidikan spesial, pendidikan berkebutuhan khusus, pendidikan berbantuan) adalah praktik mendidik siswa dengan cara yang mengatasi perbedaan dan kebutuhan khusus seorang individu, terutama bagi orang berkebutuhan khusus.

Kemudian dikenal dengan Sekolah Luar Biasa (SLB).. dan SLB itu sendiri memiliki definisinya. Simak definisinya berikut ini.

Sekolah luar biasa (SLB) adalah sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus agar bisa mendapatkan layanan dasar yang bisa membantu mendapatkan akses pendidikan. Dengan jenis yang berbeda, berbeda pula strategi pembelajaran serta fasilitas yang dimiliki.

Share :

Baca Juga

News

KABAR BAHAGIA GURU YG BELUM SERTIFIKASI!! GURU NON SERTIFIKASI OTOMATIS IKUT PPG DALJAB 2024

News

Inilah Dokumen Administrasi Guru yang Wajib Diketahui oleh Pendidik Pemula
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Kabar Bahagia! Akhir Tahun 2023, Menteri Sri Mulyani Bagi- Bagi Insentif, Beli Rumah Bisa Menjadi Lebih Murah!

News

Benarkah Tenaga Honorer yang Telah Bekerja Lebih dari 10 Tahun Akan Diangkat PPPK Segera? Simak Selengkapnya!
perbedaan aparatur sipil negara dengan PNS

News

Dirjen GTK: Sekolah Negeri Butuh 781.000 Guru ASN

News

Kumpulan Soal Pretest PPG 2022 Guru TK, PAUD, dan RA Sesuai Kisi-kisi Lengkap dengan Jawaban

News

Resmi! Pemerintah Setarakan Gaji PNS Dengan BUMN, Ini Besarannya…..

News

Segera Daftar! Program Beasiswa LPDP 2023 Dibuka, Terdapat Banyak Opsi