Home / Pelatihan / Pengembangan Guru

Rabu, 4 Oktober 2023 - 19:48 WIB

Menyusun Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi

Dibaca 23,318 kali

Asesmen adalah bagian integral dari yang membantu memahami sejauh mana telah mencapai . Dalam konteks pendidikan berdiferensiasi, penyusunan yang sesuai dan inklusif menjadi sangat penting. Artikel ini akan membahas langkah-langkah penting dalam menyusun asesmen pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.

  1. Kenali Siswa Anda

Langkah pertama dalam menyusun asesmen pembelajaran berdiferensiasi adalah mengenali siswa Anda dengan baik. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan, minat, tingkat kemampuan, dan gaya belajar individu mereka. Dengan memahami siswa secara individual, Anda dapat merancang asesmen yang sesuai dengan karakteristik mereka.

  1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Sebelum menyusun asesmen, pastikan Anda memiliki tujuan pembelajaran yang jelas. Tujuan ini harus sesuai dengan standar pembelajaran yang berlaku dan harus dapat diukur. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat merancang asesmen yang relevan dan sesuai.

  1. Variasikan Jenis Asesmen

Penting untuk memvariasikan jenis asesmen yang digunakan dalam pembelajaran berdiferensiasi. Berbagai jenis asesmen termasuk tertulis, proyek, , atau portofolio dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang pencapaian siswa. Beberapa siswa mungkin lebih baik dalam satu jenis asesmen daripada yang lain, jadi variasi adalah kunci.

  1. Sesuaikan Tingkat Kesulitan
Baca Juga:  Strategi Pengelolaan Kelas yang Efektif dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Optimal

Untuk mencapai pendekatan berdiferensiasi, pastikan bahwa tingkat kesulitan asesmen sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Siswa dengan tingkat kemampuan yang lebih rendah dapat menerima tugas yang lebih sederhana, sementara siswa yang lebih mahir harus diuji pada tingkat yang lebih tinggi. Ini akan memastikan bahwa asesmen memberikan gambaran yang akurat tentang pencapaian siswa.

  1. Berikan Pilihan

Memberikan pilihan dalam asesmen adalah komponen penting dari pendekatan berdiferensiasi. Siswa memiliki minat dan kekuatan yang berbeda, jadi memungkinkan mereka memilih tugas atau topik yang sesuai dengan minat mereka dapat meningkatkan mereka. Misalnya, dalam proyek sejarah, Anda dapat membiarkan siswa memilih topik yang mereka minati.

Halaman Selanjutnya

Mempertimbangjan kebutuhan

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Unduh Sertifikat Bimtek Gratis 40JP Kiat Sukses Publikasi

Pelatihan

Penerapan 6 Literasi Dasar dalam Pembelajaran di Kurikulum Merdeka

Pelatihan

Pengertian Animasi Pembelajaran dengan Plotagon

Karya Inovatif

Pelatihan bersertifikat 32JP Membuat Website Personal dengan Canva

Pelatihan

Cara Lolos Aksi Nyata PMM

Edutainment

Menulis Artikel Ilmiah Susah? Cek Cara Mudahnya Nih!

Pelatihan

Berikut Strategi Naik Pangkat Online Terbaru

Edutainment

Membuat Ujian Otomatis Menggunakan Aplikasi Google
Download Sertifikat Pendidikan Gratis