Home / Karya Inovatif / Media Mengajar / Pelatihan

Rabu, 2 Maret 2022 - 06:30 WIB

Pelatihan bersertifikat 32JP Membuat Website Personal dengan Canva

Dibaca 6,422 kali

Media pembelajaran sudah berkembang pesat di era sekarang ini. Terlebih lagi dengan adanya pandemic yang mengharuskan pembelajaran dari rumah. Banyak media yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Salah satunya adalah canva.

Diluncurkan tahun 2013, Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun.

Canva dapat membantu anda membuat desain tanpa perlu menginstall aplikasinya. Didalam tools canva juga banyak terdapat design dan animasi yang bisa dengan mudah kita edit didalamnya tanpa perlu mendesignnya dari awal. Canva sangat cocok bagi Anda pemula karena dengan fitur drag dan Dropnya dapat membantu Anda membuat design apapun dengan sangat cepat.

Tidak hanya itu canva juga menawarkan fitur “Canva Untuk Pendidikan”. Fitur ini akan memudahkan anda membuat, berkolaborasi dan berkomunikasi secara visual di kelas dan banyak lagi.

Canva untuk Pendidikan adalah penawaran gratis untuk semua pendidik K12. Dengan Canva untuk Pendidikan, Anda dapat memperoleh semua keuntungan fitur premium seperti jutaan gambar, font, grafik, video, animasi, dan template, serta ruang kelas khusus untuk mengundang dan guru untuk berbagi, meninjau, dan mengelola tugas.

Canva for education adalah adalah canva dengan akses freemium (premium gratis) untuk para guru. Seperti akun premium atau pro berbayar, Canva memberikan fasilitas pro tersebut secara cuma-cuma untuk guru. Sehingga guru dapat membuat presentasi, dekorasi kelas, infografis, lembar kerja, rencana pelajaran, dan banyak lagi secara bebas tanpa harus membayar.

Manfaat yang bisa kita dapatkan ketika memiliki akun canva for education menurut info pada laman canva adalah sebagai berikut

  1. Hemat waktu dengan template siap pakai

Akses ribuan template pendidikan berkualitas tinggi untuk setiap mata pelajaran, kelas, dan . Mulai dari IPA dan Matematika, hingga bahasa Inggris, IPS, dan banyak lagi. Canva dapat digunakan untuk semua. Kita juga bisa menemukan lembar kerja, rencana pelajaran, presentasi, poster, laporan, dan banyak lagi, semuanya siap untuk disesuaikan.

  1. Guru bisa menuangkan berbagai kreativitas dalam membuat media dengan akses canva pro
  2. Guru bisa membuat tugas grafis kepada anak-anak baik secara individu maupun kelompok. Tugas ke bisa dibagikan di Google Classroom, Microsoft Teams, atau dari dalam Canva.
  3. Canva juga memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam membuat tugas yang diberikan guru. Tugas bisa dikerjakan bersama walaupun anak-anak sedang PJJ. Hal ini karena file bisa dishare kepada orang lain dan bisa diatur settingnya bisa edit atau hanya bisa melihat saja. Untuk kolaborasi berarti setting dibuat tim bisa saling mengedit.

Cara Daftar Canva For Education

Untuk bisa mendapatkan akun maka guru bisa mendaftar dengan menggunakan akun belajar.id. Untuk mendaftar di canva for education maka guru terlebih dahulu menyiapkan dan akun belajar.id nya. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Mengakses alamat web https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
  2. Setelah masuk alamat web kita diarahkan untuk melakukan . Untuk mendaftar klik daftar sekarang
  3. Lalu kita akan mendaftar dengan akun gmail
  4. Selanjutnya masukan akun belajar.id kita
  5. Setelah memasukan akun belajar.id, silahkan klik ajukan akun sekarang
  6. Langkah selanjutnya adalah mengisi form pengajuan akun
  7. Pada bagian ini silahkan isi data-data yang diminta sampai lengkap, termasuk pada bagian akhir kita diminta untuk mengupload file bukti kualifikasi mengajar (bisa Penetapan Profesi Guru).
  8. Setelah mendaftar akun canva for education dengan akun belajar, maka nanti tinggal tunggu persetujuan admin pada gmail kita.
  9. Setelah disutujui pengajuan akun premium dengan akun belajar.id, maka guru dapat memafaatkan berbagai fitur desain grafis yang berbagai pilihan template menarik untuk membuat media pembelajaran.
Baca Juga:  Guru Honorer Harus Memperhatikan Syarat Gaji Ini Untuk Jadi PPPK

Cara Mudah Membuat Website Dengan Canva

Apabila anda sayang keluar uang untuk beli domain atau hosting untuk bikin website. Anda harus mencoba cara dibawah karena car aini akan memudahkan anda membuat website tanpa perlu keluar uang sepeser pun.

  1. Buka situs canva.com. Pastikan anda sudah login dengan akun canva anda. Disarankan akses melalui browser di laptop atau di computer. Kami kurang merekomendasikan apabila anda mengakses melalui handphone. Karena Layar pada handphone terlalu kecil, anda tidak akan leluasa dalam mengedit nantinya.
  2. Pada fitur pencarian anda dapat mengetikkan kata “website”. Lalu akan muncul halaman template website. Anda bisa memilih template yang cocok dengan anda.
  3. Setelah anda menentukan pilihan, anda akan dibawa menuju halaman editing.
  4. Sebelum mulai mengedit tampilan. Pastikan anda sudah menyiapkan yang akan anda upload.
  5. Setelah itu anda dapat mengedit sesuai dengan kreativitas anda. Anda dapat memanfaatkan tool yang ada pada sebelah kiri halaman. Anda akan menjumpai tool template. Anda tidak perlu mendesain dari nol karena sudah disediakan beragam template yang siap pakai. Sehingga bisa mempercepat proses pembuatan desain konten. Anda bisa melakukan kostumisasi sesuai dengan keinginan Anda. Tool Elemen yang memungkinkan anda untuk menyisipkan berbagai macam bentuk untuk mendukung visual anda yang tentunya juga telah disediakan oleh canva. Anda juga dapat menugnggah media milik anda sendiri dengan menggunakan tool “unggahan”. Tool teks yang berisi template desain teks. Dan juga anda dapat menyisipkan berbagai hal seperti audio, video, link dll.
  6. Setelah proses editing selesai anda dapat mempublikasikan website yang telah anda buat dengan klik tombol “Publikasikan sebagai situs web”. Maka web anda sudah bisa dikunjungi

Bagaimana cukup mudah kan? Belajar tidak harus selalu membosankan, serius, dan tidak imajinatif. Dengan Canva, Anda dapat membuat catatan pelajaran lebih menarik, sehingga meningkatkan semangat belajar dan Anda melakukannya dengan gembira! Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk memikirkan tampilan. Cukup gunakan template yang telah disediakan dan tuangkan kreatifitas anda dengan menambahkan beberapa komposisi untuk mempercantik halaman web anda.

SEGERA DAFTAR PELATIHAN 32JP!!!

Bagi anda yang tertarik untuk mendalami pembuatan media pembelajaran berbasis website dengan mudah melalui canva for education, mari belajar bersama dalam “MEMBUAT WEBSITE PERSONAL DENGAN CANVA FOR EDU”.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id yang bertujuan untuk guru dalam pengembangan diri. Sebagai bentuk Apresiasi Bagi Peserta Setelah Pelatihan, SEMUA PESERTA DAPAT . Pelaksanaan: 8, 9, 11, 14, 16 Maret 2022 pada Pukul: 19.00 WIB (via telegram dan zoom).

Peserta juga mendapat berbagai fasilitas lain seperti :  E-Sertifikat 32 JP ,Undangan dan Daftar Hadir, Materi Pelatihan / Video Tutorial,  Contoh Laporan Pengembangan Diri, Konsultasi dan Pendampingan dengan Instruktur, Semua Mendapatkan Sertifikat 32JP.

Tidak hanya itu peserta yang mendaftar juga akan mendapat bonus special 250 file , PTS,Kumpulan Makalah Best Practice, Kumpulan Materi Ice Breaking.

‼️Daftarkan diri segera sebelum kuota penuh‼️

LINK PENDAFTARAN :

⭕️ GRATIS Bagi Member, Daftar Melalui :

MAU dibantu daftar? hubungi kami :

📲 wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Edutainment

10 Langkah Membuat Video Animasi untuk Pembelajaran

News

Ingin Mengatasi Learning Loss? Yuk Ikut Diklat Bersertifikat 35JP

News

Daftar Segera! Diklat 64JP : Penyusunan KOSP, TP-ATP, dan Modul Ajar Pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Pelatihan

Cara Download Sertifikat Belajar Era Digital

Pelatihan

Meningkatkan Keterlibatan Melalui Media Pembelajaran Interaktif

Pelatihan

Pentingnya Softskill Guru untuk Mendalami Karakter Siswa

Karya Inovatif

Workshop 32JP Gratis! Youtuber Dengan Konten Media Pembelajaran

Pelatihan

5 Teknik Desain Slide untuk Membuat Presentasi yang Lebih Menarik dengan PowerPoint
Download Sertifikat Pendidikan Gratis