Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru berdasarkan kebutuhan peserta didik. Keputusan-keputusan yang dibuat adalah keputusan yang berkaitan dengan kurikulum tujuan pembelajaran yang jelas.
Meskipun disusun berdasarkan kebutuhan siswa, pembelajaran sistem berdiferensiasi tidak membedakan antara peserta didik. Justru, salah satu tujuan pembelajaran berdiferensiasi yaitu menciptakan pemerataan pembelajaran bagi semua peserta didik dan menjembatani kesenjangan pembelajaran antara mereka yang mampu dan mereka yang kurang mampu.
Singkatnya, pembelajaran berdiferensiasi adalah sistem pembelajaran yang tujuannya untuk membuat peserta didik merasa tertantang untuk belajar.
Ciri-ciri Pembelajaran Berdiferensiasi
Metode belajar berdiferensiasi mempunyai ciri-ciri tersendiri. Adapun ciri-ciri, antara lain:
- Lingkungan belajar mengundang peserta didik untuk belajar.
- Kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang jelas.
- Evaluasi.
- Guru memenuhi atau menanggapi kebutuhan belajar peserta didik dan pengelolaan kelas yang efektif.
Manfaat Pembelajaran Berdiferensiasi
Sistem pembelajaran berdiferensiasi memberikan manfaat yang nyata bagi peserta didik yang diajar, adapun manfaat dari pembelajaran berdiferensiasi antara lain:
1. Pertumbuhan yang sama bagi setiap peserta didik
Pada dasarnya pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk menciptakan pemerataan pembelajaran, sehingga tujuan akhir dari sistem ini adanya pertumbuhan yang sama bagi setiap peserta didik.
Dalam pembelajaran ini, peran guru sangat penting agar mereka yang kurang dalam memahami ataupun mereka yang cepat memahami akan mendapat dampak positif yang sama.
Halaman Berikutnya