Home / Media Mengajar / News / Pelatihan

Rabu, 20 April 2022 - 14:50 WIB

Diklat Gratis 35JP Pembelajaran Inspiratif Sekolah Dasar Melalui Media Canva Pendidikan

Dibaca 8,408 kali

Konsep dasar pembelajaran inspiratif sekolah adalah suasana yang memungkinkan siswa untuk menggerakkan aktivitasnya tidak peduli seberapa berbeda kepribadian individu siswa di kelas. Ini sangat menentukan proses dan hasil belajar. Perbedaan individu dalam potensi, faktor pendukung dan pengganggu merupakan tantangan positif dalam mendorong guru untuk menjadikan pembelajaran lebih beragam dan berharga.

Pembelajaran inspiratif sekolah memandang bahwa disparitas bukanlah masalah. Perbedaan karakteristik-karakteristik individu pada kelas justru dipercaya menjadi potensi bagi pengajar pada membuatkan pembelajarannya sebagai lebih menarik, menakjubkan, dan unik lantaran dalam dasarnya manusia sama getaran emosinya terhadap objek-objek perangsang yg unik, unggul, & eksotis.

Pembelajaran inspiratif sekolah dimulai dengan kesamaan sifat-sifat manusia. Manusia memiliki kualitas yang sama yaitu bahagia ketika berhasil, bangga ketika diakui, dan bersemangat ketika dipercaya. Sebaliknya, orang kecewa dan putus asa ketika tertekan, sedih ketika kalah, marah ketika diremehkan, bosan ketika frustrasi, bosan, dan dalam kondisi yang sama.

Nah, Bagaimana membuat pembelajaran yang menjadikan siswa di kelas bahagia, bangga, dan bersemangat ?

Diklat Bersertifikat 35JP Pembelajaran Inspiratif Untuk Sekolah Dasar: Melalui Media Online Canva Pendidikan

Pada 24-27 April 2022 Guru Jaura akan menyelenggarakan diklat bersertifikat 35JP yang berjudul “Pembelajaran Inspiratif Untuk Sekolah Dasar: Melalui Media Online Canva Pendidikan” yang akan di isi oleh pemateri yang ahli dalam menggunakan Canva di dunia pendidikan yaitu Susi Indriyani. Diklat ini tentu memiliki tujuan dan manfaat untuk peserta (pendidik) dan juga untuk peserta didik. Tujuan dan manfaatnya yaitu :

Tujuan Kegiatan   :

  1. Membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran menggunakan canva pendidikan
  2. Untuk mengetahui jenis-jenis media pembelajaran pada canva pendidikan
  3. Menerapkan pembelajaran yang menarik serta inovatif untuk siswa

Manfaat Kegiatan :

  1. Guru bisa menuangkan berbagai kreativitas dalam membuat media dengan akses canva pendidikan
  2. Guru dapat menghemat waktu dengan template pendidikan yang telah disediakan oleh canva pendidikan
  3. Menguatkan minat belajar siswa melalui canva

Selain tujuan dan manfaat di atas, Diklat ini juga menyediakan fasilitas yang tentunya dapat dimanfaatkan peserta dalam proses media pembelajaran Canva. Berikut fasilitasnya

Fasilitas Kegiatan (Peserta Free):

  • e-Sertifikat 35 JP Bernama
  • Akses Zoom Meeting
  • Laporan Pengembangan Diri
  • Seminar KIT (File Materi, Undangan, Rekap Daftar Hadir)

Keterangan : Untuk peserta Free tidak ada bonus dari Diklat, Untuk peserta Premium memiliki Bonus Lengkap

Formulir Pendaftaran untuk Peserta Gratis : https://bit.ly/FreeDiklat_CanvaPendidikan

Pendaftaran akan ditutup pada 23 April 2022, Pukul 23.59 WIB. Maka dari itu segera daftar sebelum pendaftaran ditutup.

Bagi anda yang ingin mendapatkan bonus tambahan, anda bisa mendaftar menjadi peserta VIP. Bonusnya antara lain :

  • E-book Mengenal Canva Edukasi: Tips Cara Mendapatkan dan Menggunakan Canva Edukasi
  • E-book Kreasi Media Pembelajaran Menggunakan Canva;
  • Video tutorial kreasi media pembelajaran menggunakan canva;
  • Kata kunci elemen ilustrasi canva.
  • Bonus Spesial 100+ Template Islami Spesial Idul Fitri

Untuk pendaftaran peserta VIP hanya Rp.99.000, bisa langsung menghubungi admin Ayu melalui link berikut : http://wa.me/6285803538569

Memanfaatkan Canva for Education untuk Membuat Media Pembelajaran Digital

Melalui program Kemdikbud dengan pemberian akun belajar.id kepada seluruh guru jenjang SD, SMP, SMA,  SMK dan SLB, maka akun belajar ini bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang bervariatif. Salah satu pemanfaatan akun belajar.id, yaitu bisa dimanfaatkan untuk mendaftar pada platform Canva For Education.

Canva adalah platform berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai desain menarik. Berdasarkan info pada web canva for education, berikut kelebihan jika kita telah mendapatkan akunnya yaitu:

  1. Lebih dari 420.000 template
  2. Lebih dari 75 juta foto stok, video, dan grafis premium yang dapat digunakan secara gratis
  3. Lebih dari 3.000 font
  4. Publikasikan tugas dan aktivitas untuk siswa Kamu
  5. Akses konten Kamu dari Google Drive, Dropbox, dan Folder
  6. Buat desain Kamu menarik dengan Bitmoji, Giphy, dan YouTube
  7. Bagikan desain Kamu melalui Google Classroom, Microsoft Teams, dan

Dengan berbagai kelebihan yang diperoleh oleh guru yang berhasil mendaftarkan akun belajar.id nya, maka guru bisa menggunakan berbagai fasilitas desain grafis baik gambar maupun video secara gratis untuk membuat media pembelajaran digital secara maksimal dan menarik bagi siswa.

Untuk bisa mendapatkan akun canva for education maka guru bisa mendaftar dengan menggunakan akun belajar.id. Untuk mendaftar di canva for education maka guru terlebih dahulu menyiapkan sertifikat pendidik dan akun belajar.id nya. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Mengakses alamat web https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
  2. Setelah masuk alamat web kita diarahkan untuk melakukan pendaftaran. Untuk mendaftar klik daftar sekarang
  3. Lalu kita akan mendaftar dengan akun gmail
  4. Selanjutnya masukan akun belajar.id kita
  5. Setelah memasukan akun belajar.id, silahkan klik ajukan akun sekarang
  6. Langkah selanjutnya adalah mengisi form pengajuan akun. Pada bagian ini silahkan isi data-data yang diminta sampai lengkap, termasuk pada bagian akhir kita diminta untuk mengupload file bukti kualifikasi mengajar (bisa SK Penetapan Profesi Guru)
  7. Setelah mendaftar akun canva for education dengan akun belajar, maka nanti tinggal tunggu persetujuan admin canva pada gmail kita.

Hakikat Pembelajaran Inspiratif Sekolah

Pembelajaran inspiratif sekolah sebenarnya adalah pembelajaran menurut prosedur pembelajaran normal, namun ada suasana yang menginspirasi dan memudahkan siswa dalam melaksanakan inspirasi. Pembelajaran inspiratif merupakan suatu suasana yang dikreasikan oleh guru untuk  dapat menimbulkan kegembiraan, kekaguman, kebanggaan, dan kepuasaan menikmati proses dan hasil belajar.

Pada dasarnya, pembelajaran inspiratif dikembangkan berdasarkan pandangan bahwa :

  • Setiap orang dapat belajar asal dianjurkan dengan cara yang sesuai dan diberikan kesempatan yang cukup.
  • Kepekaan tidak dapat ditimbulkan melalui tekanan dan ancaman
  • Kreatifitas tidak dapat terjadi melalui paksaan
  • Inisiatif timbul melalui kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya penyelesaian masalah
  • Pembentukan terjadi melalui tantangan dan ganjaran yang teratur

Tujuan Pembelajaran Inspiratif Sekolah

  • Menyesuaikan suasana pembelajaran dengan ciri-ciri perkembangan anak dan remaja

Siswa atau peserta didik bukanlah orang dewasa dalam bentuk kecil atau wawasan orang dewasa dan akilbalik dalam bentuk remaja. Anak adalah manusia yang baru bertumbuh yakni dari 0 – 11 tahun dan setelah mencapai umum 12/ 13 individu mulai memasuki masa remaja awal, dan pada umur 17/18  tahun individu sudah mulai memasuki masa remaja akhir. Pertanyaannya adalah apakah guru selalu menciptakan situasi bagi rasa ingin tahu siswa, apakah guru menyiapkan kondisi yang mendorong anak untuk melakukan percobaan? Bila guru mampu memuat siswa yang pada masanya maka siswa mendapatkan kesempatan istimewa dalam perkembangannya.   Hanya guru yang menyadari pentingnya menyiapkan situasi yang mampu menginspirasi siswa yang dapat menyesuaikan dengan kondisi siswa dalam masa perkembangan ini.

  • Meminimalisasi perbedaan individu di dalam kelas

        Setiap individu adalah unik, dan setiap orang adalah kisah yang indah. Manusia adalah makluk individual yang memiliki ciri-ciri berbeda dengan individu lain walau mereka saudara kembar. Mereka berbeda secara kerohanian. Setiap individu memiliki ciri-ciri individu berbeda sehingga memiliki pilihan dan sikap sendiri dalam menghadapi berbagai situasi. Setiap individu menghendaki perlakuan yang sesuai dengan minat, dan tingkat kemampuannya dalam menyesuaikan diri.

  • Mengatasi kesulitan individu

Setiap individu terlahir dengan membawa serta dua sisi kehidupan yakni kelemahan dan kekuatan. Sifat kemanusiaan selalu menjadi nilai dasar yang menuntut pembentukan dari waktu ke waktu sepanjang kehidupan melalui kegiatan manusia itu sendiri yaitu pendidikan.

Pada dasarnya, manusia memiliki daya untuk mempertahankan diri terhadap serangan dari luar dirinya maupun dari dalam dirinya sendiri. Dalam situasi pembelajaran, tantangan berupa gejala emosi yang datang dari dalam diri siswa sendiri yakni penyesuaian dengan situasi pembelajaran.

  • Semua potensi individu dirangsang untuk berkembang optimal

Pembelajaran inspiratif memandang bahwa setiap orang dalam kondisi apapun tetap menyimpan potensi di dalam dirinya untuk dikembangkan. Apalagi kalau diikutsertakan dalam suatu program yang direncanakan dengan baik.

Pembelajaran inspiratif membuka seluas-luasnya kemungkinan agar unsur-unsur kecerdasan yang dimiliki itu berkembang. Menghargai perbedaan individu, mengakui terjadinya respon individu sesuai potensinya merupakan praktik yang relefan dengan perkembangan total individu.

Peran guru seperti memberi informasi, menjelaskan, dan menuntun siswa bisa dilakukan oleh setiap guru. Namun tidak semua guru mau dan bisa menginspirasi siswa dalam pembelajarannya. Keberhasilan guru menginspirasi siswa tampak dalam proses pembelajaran yakni siswa antusias untuk melakukan berbagai hal dalam menyelesaikan tugas-tugas belajarnya di dalam kelas. Peran guru yang demikian adalah guru sebagai inspirator.

Demikian informasi yang dapat penulis sampaikan, semoga bisa menambah semangat seluruh guru nusantara agar menjadi guru yang dapat menginspirasi dan memotivasi peserta didiknya dan juga diri sendiri.

Download e-Book Gratis dari Guru Juara silahkan akses link berikut : GuruJuara.com

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Nasib Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Kemdikbud dan Guru Kemenag Mulai Tahun 2024, Ini Ketentuan Barunya!
pentingnya mengenal karakter siswa

News

Peran Penting Komunitas Belajar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

News

Setelah Gaji PNS Diumumkan Naik, Gaji PPPK Akan Ikut Naik?

News

Menteri PANRB Bolehkan ASN Tambah Cuti Lebaran 2023

News

Presiden Jokowi Kaget Dengan Kondisi Guru di Sekolah TK, SD, SMP, SMA/SMK, Ada Apa?

News

7 Revolusi Pembelajaran yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan di Sekolah

News

4 Manfaat Kurikulum Merdeka yang Jarang Diketahui oleh Guru

News

30 Ribu Sekolah Siap Menerima Dana BOSP Kinerja 2023/2024! Apakah Sekolahmu Termasuk? Cek Disini