Home / Pelatihan / Pengembangan Guru

Minggu, 2 Juli 2023 - 19:14 WIB

Penyusunan CP, TP, dan ATP dalam Pendidikan

Dibaca 37,828 kali

Dalam dunia , penyusunan CP, TP, dan ATP merupakan langkah penting untuk mencapai hasil yang efektif. Melalui proses yang terstruktur dan terukur, dapat merencanakan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Artikel ini akan menjelaskan secara lebih detail tentang penyusunan , tujuan pembelajaran, dan Acuan tujuan pembelajaran dalam konteks pendidikan.

Penyusunan Capaian Pembelajaran:

Capaian pembelajaran adalah hasil yang diharapkan atau yang ingin dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Penyusunan capaian pembelajaran melibatkan identifikasi keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang diharapkan dari peserta didik. Hal ini memungkinkan pendidik untuk menentukan arah pembelajaran dan merancang pengalaman belajar yang relevan dan bermakna. Capaian pembelajaran haruslah jelas, terukur, dan dapat dievaluasi.

Tujuan Pembelajaran:

Tujuan pembelajaran merupakan pernyataan yang menggambarkan apa yang ingin dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran berkaitan erat dengan capaian pembelajaran yang telah disusun sebelumnya. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terbatas dalam waktu. Setiap tujuan pembelajaran harus mengarahkan peserta didik untuk mencapai kompetensi tertentu dan meningkatkan pemahaman mereka dalam bidang tertentu.

Baca Juga:  Penting! Simak Cara Membuat Akun SSCASN

Acuan Tujuan Pembelajaran:

Acuan tujuan pembelajaran mengacu pada urutan langkah-langkah yang harus diikuti untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Ini melibatkan perencanaan dan pengorganisasian pembelajaran dalam suatu rangkaian yang logis dan berkelanjutan. Acuan tujuan pembelajaran mencakup pemilihan pengajaran yang tepat, penyusunan yang sesuai, dan yang relevan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.

Dalam penyusunan Acuan tujuan pembelajaran, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Identifikasi prasyarat: Memahami kemampuan awal peserta didik dan menentukan prasyarat yang perlu dipenuhi sebelum mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
  • Pembagian tujuan menjadi sub-tujuan: Membagi tujuan pembelajaran yang besar menjadi sub-tujuan yang lebih terperinci dan terukur.
  • Pemilihan metode pengajaran: Memilih metode pengajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan .
  • Pengorganisasian materi pembelajaran: Mengatur materi pembelajaran dalam urutan yang terstruktur untuk memfasilitasi pemahaman dan pencapaian tujuan.
  • Evaluasi dan umpan balik: Menyusun instruksi penilaian yang relevan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada peserta didik.

Halaman Selanjutnya

Pentingnya acuan tujuan pembelajaran

Share :

Baca Juga

Edutainment

Public Speaking for Teachers: Jadi Guru Zaman Now!

Pelatihan

Keunggulan Video Pembelajaran Canva

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

Pelatihan

Praktik Baik Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka yang Menarik

Pelatihan

Pengertian Praktik Baik dalam Platform Merdeka Mengajar

Pelatihan

Manfaat Classpoint dalam Pembelajaran

News

Kabar Gembira Surat Edaran Dari Ditjen GTK Untuk Guru , Jangan Sampai Terlewatkan!

Pelatihan

Praktik Baik Mengerjakan Aksi Nyata PMM
Download Sertifikat Pendidikan Gratis