Home / News

Sabtu, 26 November 2022 - 05:06 WIB

Peran Para Peserta Didik dan Dinas Pendidikan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka

Dibaca 2,285 kali

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang akan menjadi pengganti kurikulum yang sedang diterapkan di negeri.

Hanya saja, kurikulum tersebut tak akan diterapkan secara langsung sebab beragam satuan pendidikan perlu melakukan adaptasi terlebih dahulu agar mereka memiliki kesiapan fisik maupun mental.

Kesiapan fisik terwujud dalam hal aspek administrasi pendidikan misalnya penyiapan silabus, kurikulum maupun teknis pelaksanaan lainnya.

Sementara mental mencakup dukungan dari kondisi internal dan eskternal pada masing – masing satuan pendidikan.

Termasuk halnya para SDM yakni para guru yang berkualitas. Selain itu, dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, terdapat beberapa komponen terkait yang bisa mendukung dengan melakukan langkah – langkah sebagai berikut :

Peran Para Peserta Didik

Peserta didik memegang andil dalam penerapan kebijakan kurikulum merdeka. Adapun yang bisa dikontribusikan sebagaimana peran dibawah ini :

Pertama, peserta didik perlu menjadi seorang pelajar bagi sepanjang hayat yang memiliki kompetensi unggul dan mempunyai karakter berdasar nilai Pancasila.

Mewujudkan karakter serupa dengan nilai Pancasila tentu tidak mudah di tengah gempuran kehidupan serba bebas di era sekarang. Maka dari itu, peran ini juga perlu mendapat bimbingan dari pendidik.

Baca Juga:  Perangkat Pembelajaran dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran

Kedua, peserta didik ikut berpartisipasi dalam beragam proses kegiatan belajar mengajar berdasar minat maupun kelebihan yang mereka miliki. Partisipasi yang mereka lakukan tentu saja akan meningkatkan kemampuan serta tingkat intelektualitas mereka.

Peran Para Pejabat Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi dan Kabupaten

Selain dari para peserta didik, tentu penerapan Kurikulum Merdeka perlu dikaji dan dibahas oleh para anggota maupun pimpinan Dinas Pendidikan terkait. Adapun langkah dan peran yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut :

Pertama, pejabat dinas pendidikan baik di kota maupun provinsi perlu untuk senantiasa melakukan pemastian bagi satuan pendidikan agar tetap mempunyai sumber daya, sarana maupun prasarana yang cukup bagi terlaksananya proses pembelajaran menggunakan kurikulm paradigma baru khususnya dalam hal penyelenggaran projek pengembangan profil pelajar pancasila.

Kedua, para pejabat dinas pendidikan perlu untuk senantiasa memberikan dukungan pada aspek peningkatan kapasitas dan kualitas pendidik maupun para tenaga kependidikan berdasar kebutuhan secara berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya

Ketiga, pejabat perlu melakukan proses pemastian…

Share :

Baca Juga

News

Ada Informasi Penting Untuk PPPK Teknis Tahun 2022

News

Setelah Gaji PNS Diumumkan Naik, Gaji PPPK Akan Ikut Naik?

News

Jumlah Tenaga Honorer RI Usai MenPAN-RB Buka Data Baru, Ternyata Jumlahnya Segini

News

Kabar Gembira! Sistem Gaji Terbaru Guru TK Sampai SMA Di Bawah Kemendikbud Menguntungkan

News

Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Tenaga Honorer: Menuju Kejelasan Status Kepegawaian

News

Ribuan Honorer Bahagia! SK PPPK Diterima, Gaji 13 Segera Cair

News

Kabar Gembir untuk Kode 07 Info GTK, SKTPG Segera Terbit dan Tunjangan Sertifikasi Cair!

News

Cara Daftar Program Inpassing Untuk Guru GBPNS
Download Sertifikat Pendidikan Gratis