Home / News

Jumat, 28 Juli 2023 - 20:17 WIB

PPPK Kategori Ini Bisa Dapat Gaji Istimewa Dan Naik Gaji Berkala

Dibaca 1,788 kali

Pegawai dengan Perjanjian Kerja () yang memenuhi sekarang dapat menerima kenaikan berkala dan gaji istimewa sesuai dengan aturan yang baru dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ().

Sebelumnya diketahui tidak terdapat pengaturan terkait dengan berkala dan juga istimewa untuk para Aparatur Sipil Negara PPPK.

Kenaikan gaji berkala akan diberikan kepada para PPPK yang telah menerima penilaian kinerja selama dua tahun terakhir dengan memperoleh predikat “baik” berdasarkan aturan tentang pegawai .

Menurut Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, kenaikan gaji berkala akan diberikan kepada PPPK yang telah mencapai Masa Kerja Golongan (MKG) sesuai ketentuan yang tercantum dalam Lampiran Peraturan PAN-RB Nomor 7 Tahun 2023.

Namun, untuk PPPK dengan golongan gaji V, kenaikan gaji berkala pertama kali dapat diberikan jika telah memenuhi satu tahun MKG dan mendapat penilaian kinerja “baik” dalam satu tahun terakhir.

Selanjutnya, untuk kenaikan gaji berkala pada periode berikutnya akan mengikuti ketentuan bagi para PPPK dengan masa perjanjian kerja lebih dari dua tahun.

Selain berhak menerima kenaikan gaji berkala, PPPK juga berhak mendapatkan kenaikan gaji istimewa. Kenaikan gaji ini akan diberikan kepada PPPK yang telah menerima predikat kinerja tahunan “sangat baik” selama dua tahun berturut-turut dan diakui sebagai pegawai teladan.

Baca Juga:  Siapkan Mental! Mendikbud Rilis Hasil Seleksi PPPK Guru 2020 Besok!

Aturan yang sama juga berlaku untuk para PPPK yang memperoleh perpanjangan masa hubungan perjanjian kerja untuk menerima kenaikan gaji berkala dan gaji istimewa.

Pemberian kenaikan gaji berkala bagi PPPK akan ditetapkan melalui Keputusan Pejabat yang Berwenang (PyB) atau pejabat yang diberikan pendelegasian oleh PyB.

Keputusan tersebut minimal harus mencantumkan nama pegawai, nomor induk pegawai, golongan/, masa perjanjian kerja, perpanjangan perjanjian kerja, kedudukan unit kerja, besaran gaji lama, besaran gaji baru, masa kerja yang telah dijalani, dan tanggal berlakunya gaji baru.

Regulasi ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK. Sebagai bagian dari implementasi peraturan perundang-undangan, PPPK berhak menerima kenaikan gaji berkala dan kenaikan gaji istimewa.

Perlu diketahui kenaikan gaji berkala merupakan peningkatan penghasilan yang diberlakukan berdasarkan masa kerja pegawai. Setiap PPPK berhak mendapatkan kenaikan gaji berkala setelah mencapai masa kerja tertentu, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Kenaikan gaji berkala berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dan motivasi PPPK. Dengan adanya mekanisme kenaikan gaji berdasarkan masa kerja, PPPK cenderung lebih termotivasi untuk terus berkontribusi secara maksimal dalam melayani masyarakat.

Halaman Selanjutnya

Sementara itu kenaikan gaji istimewa diberikan sebagai bentuk apresiasi

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Materi hari kedua Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer
guru ppk ingin pindah sekolah

News

Apakah Honorer Tidak Masuk Database BKN Bisa Ikut Seleksi PPPK 2024? Cek Sekarang…

News

Perhatikan! Ketentuan Simulasi Online CAT BKN 2023

News

Tidak Ada Masa Sanggah, Begini Kata Dirjen GTK Tes PPPK Guru 2023
guru ppk ingin pindah sekolah

News

5 Kategori Guru Honorer yang Tidak Bisa Diangkat PPPK Guru 2024

News

Siswa Eligible SNMPTN 2022, Apa Saja Kriterianya?

Karya Inovatif

Segera Daftar! Diklat 35JP Membuat Digital Pembelajaran Powerpoint

News

Kabar Gembira Melalui RUU ASN, Benarkah 2 Juta Tenaga Honorer Diangkat Jadi PPPK Tahun 2023?
Download Sertifikat Pendidikan Gratis