Home / News

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:05 WIB

3 Poin Penting Mengenal Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Para Guru dan Kepala Sekolah

Dibaca 45 kali

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah sebuah aplikasi yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya agar lebih mudah dan fleksibel. Platform ini sangat penting diketahui oleh para pendidik.

Sejak diluncurkan Kurikulum Merdeka, Kemendikbud Ristek melakukan sejumlah inovasi besar–yang salah satunya adalah merilis sebuah Platform Merdeka Mengajar ini. Diharapkan dengan hadirnya platform ini, kualitas para guru akan meningkat secara mandiri.

Sebelumnya, ketika guru ingin belajar suatu topik terkait kompetensi mengajar, harus mencari sumber dari buku-buku yang harganya mahal. Tak jarang, para guru tersebut harus mengikuti pelatihan berhari-hari. Namun dengan hadirnya PMM ini, semua hal tersebut akan lebih mudah.

PMM sendiri memang dimaksudkan untuk membantu guru agar bisa belajar secara mandiri. Mereka bisa belajar dari guru lain atau belajar dari narasumber yang dihadirkan di PMM tersebut.

Oleh sebab itu, PMM ini wajib diketahui oleh para guru di seluruh Indonesia.

Beruntungnya, aplikasi PMM dapat diakses dari komputer dan juga bisa diunduh di ponsel para guru. Cara untuk mengakses atau mengunduhnya pun sangat mudah. Anda bisa mengunjungi link berikut ini: https://guru.kemdikbud.go.id

Melalui link tersebut, Anda bisa langsung mengakses melalui komputer. Dan jika ingin mengunduhnya, silakan arahkan kursor ke bawah dan nantinya akan ada informasi untuk mengunduh aplikasinya di ponsel melalui Google Play.

Untuk saat ini, aplikasi PMM baru bisa digunakan pada ponsel berbasis Android. Adapun jika guru menggunakan ponsel berbasis Apple atau sejenisnya, belum bisa menggunakannya.

Nah, jika sudah mengetahui cara mengunduhnya dan mengaksesnya, berikut ini adalah tiga hal penting untuk diketahui kenapa platform Merdeka Mengajar ini dihadirkan untuk para pendidik di Indonesia.

1. Dirancang untuk Guru dan Kepala Sekolah

Seperti yang telah dikemukakan di awal, bahwa PMM memang sengaja dihadirkan khusus untuk para pendidik; khususnya untuk para guru dan kepala sekolah. Untuk tenaga pendidik selain guru dan kepala sekolah, belum bisa mengakses platform tersebut.

Peserta didik pun tidak bisa atau tidak memiliki akses untuk memanfaatkan fitur yang ada di PMM.

Nantinya, di dalam fitur-fitur yang disediakan oleh PMM, para guru dan kepala sekolah dapat mencari berbagai hal untuk menunjang bahan-bahan mengajar. Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kompetensi.

Di sisi lain, PMM ini juga dihadirkan sebagai wadah berkarya untuk para guru di seluruh Indonesia. Menarik, bukan?

2. Sebagai Sumber Belajar

Kenapa PMM ini bisa dijadikan sebagai sumber belajar untuk para guru, karena di dalam platform tersebut tersedia banyak materi yang bisa digunakan belajar untuk para guru.

Materi-materi tersebut bisa diterapkan oleh para guru secara langsung di dalam kelas-kelas mereka.

Jika Anda ingin mencari sebuah inspirasi di dalam mengajar, juga bisa menemukannya di aplikasi PMM ini.

Bahkan jika Anda ingin membuat metode pembelajaran secara mandiri dan memberikan inspirasi kepada guru yang lainnya, PMM sangat cocok sebagai tempatnya.

Kesimpulannya, PMM ini menjadi wadah atau komunitas bagi para guru di seluruh Indonesia untuk belajar, saling menginspirasi, dan tempat untuk berkarya seluas-luasnya.

Halaman Berikutnya

3. Meningkatkan Kualitas Pendidik di Indonesia…..

Share :

Baca Juga

News

Himbauan Mendikbud Untuk Para Fresh Graduate

News

Sertifikasi Guru Cair 4 Kali Setahun, Ini Rinciannya!

News

Situs Belajar Online bagi Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik

News

Hal Penting yang Dapat Memotivasi Guru

News

Hari Ini Pengumuman, Segera Cek Hasil Tes Substantif PPG Prajabatan 2023

News

Hore! Awal Ramadan 2024 Ada Libur Panjang

News

Penyebab Daerah Anda Belum Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan 2 dan Update Daerah Yang Telah Pencairan 

News

Akhirnya Guru Akan Mendapatkan THR dan Kenaikan Gaji Guru