Home / News

Kamis, 9 Maret 2023 - 11:22 WIB

3 Usaha Sampingan Yang Patut Dicoba Bagi Guru Honorer

Dibaca 360 kali

 

Guru honorer merupakan tenaga pendidik yang belum diangkat PNS (Pegawai Negeri Sipil) dalam lembaga pendidikan formal mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Jika menilik gaji guru honorer, sebenarnya juga cukup bervariasi. Akan tetapi semua bisa dikatakan cukup rendah. Bahkan profesi guru honorer tidak bisa dijadikan pekerjaan utama bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Berlatar belakang hal tersebut, tanggung jawab guru honorer yang sudah menjadi kepala keluarga pun cukup banyak. Selain harus profesional dengan pekerjaannya, di sisi lain ia harus mampu mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya. Lalu apakah banyak guru honorer yang beralih profesi?

Pada kenyataannya masih banyak guru honorer yang sampai detik ini bertahan dan mampu mencukupi kebutuhan hidupanya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena nyatanya mereka ada yang sudah menjalaninya hingga berpuluh-puluh tahun.

Pertanyaannya, bagaimana cara mereka mencukupinya kebutuhan hidup yang makin kompleks? Jawabannya mereka memilki sumber penghasilan lain, yang bisa dijalankan tanpa meninggalkan profesi guru. Anda pun bisa mencoba menekuni dunia bisnis tanpa meninggalkan kegiatan mengajar. Berikut ini ada 3 inspirasi usaha yang bisa dijalankan guru honorer!

Baca Juga:  Penting Untuk Diketahui, Persyaratan Khusus Beasiswa Unggulan 2022

1. Usaha Pulsa

Menjadi guru tentu memiliki banyak kenalan dan channel. Hal tersebut adalah sebuah peluang yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk seluruh pendidik. Anda bisa menjual pulsa, paket data, token listrik, top up dan sebagainya.

Usaha yang satu ini hampir bisa dipastikan berhasil karena setiap orang memerlukannya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan menjualnya dengan harga  mahal. Hal ini untuk menarik customer agar tetap mau membeli di tempat Anda secara terus-menerus.

2. Jual Makanan

Selanjutnya adalah usaha makanan. Bila Anda pintar memasak atau membuat aneka cemilan dan kue hingga nasi. Anda bisa menjual hasil masakan Anda di sekolah. Beberapa guru pun banyak yang mengajak kerja sama pihak kantin untuk menjualkan produk makanan yang dibuat.

Bisnis yang satu ini jangan dianggap remeh karena penghasilan yang didapatkan walaupun tidak terlalu besar namun rutin. Anda bisa menjual nasi pecel atau kue kering/basah lainnya di sekolah setiap hari dengan menitipkannya di kantin.

Halaman Selanjutnya…

3. Olshop….

Share :

Baca Juga

News

Kemdikbud Rilis SE Terbaru Jadwal Seleksi PPG Dalam Jabatan 2023

Edutainment

Memajukan Pendidikan Indonesia

News

Panduan Cara Menautkan Akun Sim PKB dengan Akun Belajar untuk PPG 2022

News

Mengenal Sekolah Inklusi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

News

Pengumuman Penting KEMDIKBUD, Kabar Gembira Bagi Guru Honorer dan Guru Swasta!

News

Kabar Terbaru RUU Sisdiknas : Tidak Jadi Masuk Prolegnas 2023?

News

Simak! Cara Pengajuan dan Aturan Cuti PNS

News

Aturan Terbaru! Berikut Syarat Menjadi Kepala Sekolah Tahun 2023 Menurut Permendiknas
Download Sertifikat Pendidikan Gratis