Home / Kompetensi Guru

Rabu, 4 Januari 2023 - 19:39 WIB

5 Peran Guru BK di Sekolah yang Penting untuk Diketahui

Dibaca 146 kali

Ilustrasi guru BK di sekolah

Ilustrasi guru BK di sekolah

Setiap sekolah khususnya di tingkat SMP dan SMA wajib memiliki guru BK atau konselor. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, guru BK termasuk guru pendidik. Guru BK di sekolah merupakan psychological educator atau guru yang memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Maka dari itu, peran guru BK di sekolah sangatlah penting. 

Sejatinya, setiap siswa memiliki hak untuk melakukan bimbingan dan konseling. Namun, selama ini kebanyakan siswa beranggapan bahwa guru BK menakutkan karena sering menangani para siswa yang terlambat dan nakal. 

Masih banyak siswa yang kurang memahami peran guru BK. Padahal peran guru BK sangat beragam tak hanya menangani kasus kenakalan siswa di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas peran guru konselor di sekolah yang perlu kita ketahui.

Peran Guru BK di Sekolah

1. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Tidak semua murid mampu mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di sekolah dengan baik dan lancar. Guru BK dapat membantu memberikan konseling dan bimbingan belajar kepada siswa-siswa yang mungkin mengalami masalah dan kesulitan dengan prestasi belajar di sekolah. Misalnya, membantu menemukan metode belajar yang efektif untuk siswa tersebut.

2. Memecahkan Masalah yang Dihadapi Siswa

Di antara sekian banyak siswa di sekolah, pasti ada yang memiliki masalah. Jenisnya pun beragam. Misalnya, kesulitan belajar, bullying, bingung memilih kampus, masalah pribadi, dan masalah lainnya. Sebagai konselor, guru BK akan membantu mencari solusi permasalahan-permasalahan tersebut dengan bijak dan profesional.

Jika Anda seorang guru BK, Anda pasti pernah mengikuti pelatihan konseling atau berpengalaman memberi konseling pada orang lain. Pengalaman tersebut sebagai bekal bagi Anda untuk mengatasi siswa yang membutuhkan konseling. 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kompetensi, maka Anda bisa berkunjung ke e-Guru.id, GuruJuara.com, Diklat.co. Di platform tersebut Anda bisa menemukan diklat, seminar, workshop, e-book, dan beragam fasilitas lainnya.

Halaman berikutnya

3. Mengetahui dan Mengembangkan Kemampuan Siswa

Share :

Baca Juga

perbedaan best practice dengan ptk

Kompetensi Guru

Syarat Masuk Dapodik Sekolah Negeri Untuk Guru SD, SMP, SMA
pembelajaran berdiferensiasi

Edutainment

Tips Mengajarkan Storytelling Kepada Siswa dengan Baik dan Menarik

Kompetensi Guru

Contoh – Contoh Pengembangan Topik Projek P5 Semua Jenjang

Kompetensi Guru

Surat Edaran untuk Kepala Sekolah dan Guru Jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK Agar Bulan Depan Bersiap!
PAS

Kompetensi Guru

Pembelajaran Independen Sebagai Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Mengikuti Guru Penggerak

Edutainment

Tips Efektif untuk Memahami dan Menerapkan Hukum Newton

Kompetensi Guru

7 Tips untuk Guru Menyambut Tahun Ajaran Baru

Kompetensi Guru

Animasi Pembelajaran dengan PowerPoint