Home / News

Rabu, 23 November 2022 - 15:34 WIB

Cara Mengenali Tumbuh Kembang dan Kesejahteraan Peserta Didik

Dibaca 151 kali

Seorang perlu memahami tentang tumbuh kembang dan kesejahteraan peserta didik. Untuk itu perlu dilakukan beberapa langkah.

Menjadi seorang guru tentu tidak mudah. Namun banyak pandangan baik dari orangtua maupun masyarakat sipil menganggap bahwa guru adalah seseorang yang serba bisa baik dari segi akademik, non -akademik bahkan juga dianggap paling mengerti mengenai tumbuh kembang dan kesejahteraan .

Kalau di bidang akademik, tentu saja guru bisa memiliki keahlian tersebut. Namun bagaimana dengan bidang kesejahteraan peserta didik? sebab kesejahteraan dan tumbuh kembang maknanya luas.

Faktanya, tak banyak guru yang dapat mengenali tumbuh kembang dan kesejahteraan peserta didik. Sebab aspek kesejahteraan dan tumbuh kembang perlu digali dan dikaji lebih dalam bukan sekedar diramal dan dirasa saja dengan personal judge.

Hal – Hal Penting yang Perlu Dipahami Guru dalam Pantauan

Untuk menjadikan seorang guru mampu memahami perihal tumbuh kembang peserta didik, maka terdapat poin – poin yang perlu diperhatikan. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Pertama, seorang guru perlu untuk senantiasa memberi adanya berbagai rasa peduli maupun perhatian pada peserta didik khususnya bagi yang berada di tingkat menengah.

Hal ini penting, mengingat usia mereka merupakan usia perkembangan yang menjadi penentuan melejitnya peserta didik. Rasa kepedulian dan perhatian tentu bisa saja berkaitan dengan perkembangannya selama di .

Baca Juga:  Soal Pretest PPG Guru Kelas SD 2022 Sesuai Kisi-kisi Lengkap dengan Jawaban

Bagaimana pola interaksi antar teman dan bagaimana perkembangan psikologisnya. Jika anda tidak memiliki latar belakang psikologi, tentu anda akan kurang dalam melakukan penggalian.

Namun, tetaplah berusaha untuk lebih banyak memahami kondisi psikologis berdasar usia perkembangan peserta didik.

Kedua, sebagai seorang guru apalagi bila diamanahkan untuk menjadi seorang wali , anda juga perlu mempelajari hal dasar berkaitan dengan aspek kesehatan dan gizi.

Hal ini penting mengingat kadang guru dan yang lainnya perlu melakukan pemantauan pada jajanan para peserta didik.

Sebab sekolah memiliki andil besar bila terdapat salah satu warga sekolah termasuk peserta didik yang mengalami sakit lantaran keracunan atau berkenaan dengan gizi yang kurang.

Ketiga, guru perlu untuk melakukan update kondisi baik dari aspek kesejahteraan, kesehatan termasuk halnya finansial yang masing – masing peserta didik miliki.

Keempat, guru perlu senantiasa mengupdate adanya berbagai program maupun kegiatan pada aspek peningkatan pengasuhan serta kualitas pengasuhan bagi peserta didik di lingkungan sekolah.

Halaman Selanjutnya

Kelima, guru dapat berperan sebagai pelapor maupun pelopor….

Share :

Baca Juga

News

Besaran Terbaru Gaji Pensiunan PNS Usai Naik 12 Persen
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Begini Cara Cek NIP CPNS dan PPPK Guru 2023 Sudah Keluar atau Belum

News

Apakah Jadi PNS Punya Jenjang Karier? Ini Penjelasannya

News

Mata Pelajaran Baru pada Kurikulum Merdeka, Simak Informasinya

News

3 Tujuan Pembelajaran yang Wajib Diketahui oleh Guru

News

Tunjangan Triwulan 3 dan 4 Akan Naik Tahun Ini

News

Pembatalan Guru Lulus PPPK 2022 Patut Disesalkan, 3.043 Jadi Korban

News

Syarat dan Jadwal PPG Gelombang 2
Download Sertifikat Pendidikan Gratis