Home / News

Rabu, 23 November 2022 - 15:34 WIB

Cara Mengenali Tumbuh Kembang dan Kesejahteraan Peserta Didik

Dibaca 139 kali

Seorang guru perlu memahami tentang tumbuh kembang dan kesejahteraan peserta didik. Untuk itu perlu dilakukan beberapa langkah.

Menjadi seorang guru tentu tidak mudah. Namun banyak pandangan baik dari orangtua maupun masyarakat sipil menganggap bahwa guru adalah seseorang yang serba bisa baik dari segi akademik, non -akademik bahkan juga dianggap paling mengerti mengenai tumbuh kembang dan kesejahteraan peserta didik.

Kalau di bidang akademik, tentu saja guru bisa memiliki keahlian tersebut. Namun bagaimana dengan bidang kesejahteraan peserta didik? sebab kesejahteraan dan tumbuh kembang maknanya luas.

Faktanya, tak banyak guru yang dapat mengenali tumbuh kembang dan kesejahteraan peserta didik. Sebab aspek kesejahteraan dan tumbuh kembang perlu digali dan dikaji lebih dalam bukan sekedar diramal dan dirasa saja dengan personal judge.

Hal – Hal Penting yang Perlu Dipahami Guru dalam Pantauan Tumbuh Kembang Peserta Didik

Untuk menjadikan seorang guru mampu memahami perihal tumbuh kembang peserta didik, maka terdapat poin – poin yang perlu diperhatikan. Adapun penjelasannya sebagai berikut :

Pertama, seorang guru perlu untuk senantiasa memberi adanya berbagai rasa peduli maupun perhatian pada peserta didik khususnya bagi yang berada di satuan pendidikan tingkat menengah.

Hal ini penting, mengingat usia mereka merupakan usia perkembangan yang menjadi penentuan melejitnya peserta didik. Rasa kepedulian dan perhatian tentu bisa saja berkaitan dengan perkembangannya selama di sekolah.

Bagaimana pola interaksi antar teman dan bagaimana perkembangan psikologisnya. Jika anda tidak memiliki latar belakang psikologi, tentu anda akan kurang dalam melakukan penggalian.

Namun, tetaplah berusaha untuk lebih banyak belajar memahami kondisi psikologis berdasar usia perkembangan peserta didik.

Kedua, sebagai seorang guru apalagi bila diamanahkan untuk menjadi seorang wali kelas, anda juga perlu mempelajari hal dasar berkaitan dengan aspek kesehatan dan gizi.

Hal ini penting mengingat kadang guru dan yang lainnya perlu melakukan pemantauan pada jajanan para peserta didik.

Sebab sekolah memiliki andil besar bila terdapat salah satu warga sekolah termasuk peserta didik yang mengalami sakit lantaran keracunan atau berkenaan dengan gizi yang kurang.

Ketiga, guru perlu untuk melakukan update kondisi baik dari aspek kesejahteraan, kesehatan termasuk halnya finansial yang masing – masing peserta didik miliki.

Keempat, guru perlu senantiasa mengupdate adanya berbagai program maupun kegiatan pada aspek peningkatan pengasuhan serta kualitas pengasuhan bagi peserta didik di lingkungan sekolah.

Halaman Selanjutnya

Kelima, guru dapat berperan sebagai pelapor maupun pelopor….

Share :

Baca Juga

News

Jumlah Jam Mengajar Guru Sekolah SD-SMA Di Kurikulum Merdeka 2023

Edutainment

Yuk Kenali 38 Keterampilan Sosial Emosional Yang Dibutuhkan Siswa Untuk Mencapai Kesuksesan

News

Mulai 1 Maret Pensiunan PNS Terima Tunjangan Beras dan Pangan

News

Hore! Presiden Jokowi Naikan Tunjangan Kinerja Disejumlah Kementerian

News

MenPAN-RB Resmikan Aturan Baru, Honorer Dapat Sejumlah Jaminan Sosial

News

Wajib Tahu! Batas Maksimal Usia Pendaftar CPNS 2023

News

TPG Triwulan 1 dan THR Sudah Cair, Berikut Daerah Yang Sudah Mencairkan

News

Guru Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi Wajib Kumpulkan Minimal 32 Poin Kinerja Dari Sekarang!