Contoh pengembangan topik di jenjang sekolah dasar hingga menengah atas
Tema : Gaya Hidup Berkelanjutan
SD/SDLB/MI dan sederajat
Fase A :
- Membuat sistem pembuangan dan pemilahan sampah sederhana di rumah dan di satuan pendidikan, misal piket, waktu rutin khusus untuk kebersihan
- Fokus: Pengembangan Akhlak terhadap alam – Mulai membangun tanggung jawab bersama terhadap kebersihan lingkungan sekitar
Fase B :
- Infografik hasil survei kebiasaan membuang dan memilah sampah di rumah dan di satuan pendidikan beserta dampaknya, dilengkapi usulan solusi
- Fokus: Pengembangan Akhlak terhadap alam – Mengumpulkan dan mengolah data amatan dari lingkungan sekitar
Fase C :
- Kampanye sederhana untuk memecahkan isu lingkungan, misal cara pencegahan kebakaran hutan atau banjir.
- Fokus: Pengembangan Akhlak terhadap alam – Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
SMP/SMPLB.MTS dan sederajat
Fase D
- Membuat purwarupa sistem pengelolaan sampah di satuan pendidikan.
- Fokus: Pengembangan Akhlak terhadap alam – Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
SMA/SMALB/SMK/MA dan sederajat
Fase E/F
- Mendesain sistem pengelolaan sampah untuk mengatasi permasalahan banjir di lingkungan sekitar satuan pendidikan.
- Fokus pengembangan: Akhlak terhadap alam – Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinalMemperoleh dan memproses informasi dan gagasan
Tema : Kearifan Lokal
SD/SDLB/MI dan sederajat
Fase A :
- Membuat sistem pembuangan dan pemilahan sampah sederhana di rumah dan di satuan pendidikan, misal piket, waktu rutin khusus untuk kebersihan.
- Fokus: Pengembangan Akhlak terhadap alam – Mulai membangun tanggung jawab bersama terhadap kebersihan lingkungan sekitar.
Fase B :
- Infografik hasil survei kebiasaan membuang dan memilah sampah di rumah dan di satuan pendidikan beserta dampaknya, dilengkapi usulan solusi.
- Fokus: Pengembangan Akhlak terhadap alam – Mengumpulkan dan mengolah data amatan dari lingkungan sekitar.
Fase C :
- Kampanye sederhana untuk memecahkan isu lingkungan, misal cara pencegahan kebakaran hutan atau banjir.
- Fokus: Akhlak terhadap alam – Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan.
SMP/SMPLB.MTS dan sederajat
Fase D
- Mural Akulturasi yang bercerita tentang proses akulturasi dan dampaknya di masyarakat saat ini.
- Fokus: Akhlak kepada manusia – Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. Mengenal sejarah perkembangan budaya yang berdampak pada cara hidup dan sudut pandang masyarakat dan menyajikan interpretasinya melalui penggambaran visual
SMA/SMALB/SMK/MA dan sederajat
Fase E/F
- Gelaran seni yang memadukan elemen teknologi dan tradisi.
- Fokus: Akhlak kepada manusia – Menghargai perbedaan identitas (ras, agama, dll) dan menampilkan apresiasinya atas perbedaan dalam bentuk aktivitas. Menggali berbagai warisan budaya terkait seni dan menemukan cara mengenalkannya secara luas dengan memanfaatkan teknologi.
Halaman Selanjutnya