Home / Media Mengajar

Rabu, 16 Maret 2022 - 22:27 WIB

Download Aplikasi Merdeka Mengajar di Smartphone

Dibaca 3,047 kali

Apa itu Merdeka Mengajar? Merdeka Mengajar Adalah aplikasi/platform untuk guru yang akan berkembang menjadi aplikasi yang benar-benar dimiliki guru, dari guru, untuk guru. Merdeka mengajar dalam arti kebebasan yang diberikan kepada guru untuk membentuk proses pembelajaran di kelas sesuai dengan karakter siswa yang dididik.

Kementrian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi atau Kemendikbudristek  meluncurkan berbagai aplikasi Merdeka Mengajar di masa pandemi Covid-19. Aplikasi Merdeka Mengajar memiliki fitur yang tersedia untuk guru seperti perangkat ajar, dapat mengakses fitur-fitur terkait modul ajar hingga buku teks di dalamnya. Dalam postingan akun @ditjen.gtk.kemdikbud, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang produk yang akan membantu guru menemukan referensi untuk berbagai perangkat ajar.

Dalam rangka mewujudkan profil siswa Pancasila dan mendukung implementasi kurikulum merdeka, platform Merdeka Mengajar menjadi motor penggerak bagi guru untuk lebih baik dalam mengajar, belajar dan berkarya. Sebuah aplikasi bernama Merdeka Mengajar dapat digunakan untuk membantu para guru mempermudah proses pengajaran melalui berbagai fitur yang disediakan oleh para pendidik. Platform Merdeka Mengajar dapat digunakan di sekolah penggerak, sekolah kejuruan, SMK Pusat Keunggulan atau PK.

Aplikasi merdeka mengajar dapat diunduh dari Google Play Store dan mudah diakses sebagai akun pembelajaran. Platform ini memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan guru untuk memberikan materi pembelajaran. Untuk sementara, aplikasi Merdeka Mengajar hanya dapat diakses dan tersedia untuk semua guru (dan kepala sekolah) program sekolah mengemudi dan SMK. Tapi jangan khawatir. Aplikasi ini akan dikembangkan dan ditingkatkan secara bertahap.

Cara Mendownload Aplikasi Merdeka Mengajar

  1. Unduh dan pasang (install) aplikasinya dari google play store bagi pengguna android. Namun nantinya guru dapat mengakses aplikasi merdeka mengajar memalui komputer di http://guru.kemdikbud.go.id/
  2. Pastikan sudah memiliki akun belajar.id untuk login
  3. Masuk ke aplikasi menggunakan akun belajar.id dan ikuti langkah selanjutnya

Produk Merdeka Mengajar

  1. Pelatihan Mandiri

Di dalam aplikasi merdeka mengajar terdapat pelatihan mandiri yang bisa guru manfaatkan, isi dalam pelatihan mandiri yakni modul pelatihan berkualitas yang bisa guru akses kapan pun dan dimana pun untuk mengembangkan kompetensi.

  1. Vidio Inspirasi

Dalam paltform merdeka mengajar juga terdapat video inspirasi yang bisa guru manfaatkan dalam mengimplementasikan media pembelajaran.

  1. Bukti Karya Saya

Guru dapat membuat berbagai macam karya yang dapat dibagikan dalam platform merdeka mengajar. Bukti karya saya sebagai wadah berbagi praktik baik untuk mendorong guru terus berkarya dan saling menginspirasi.

  1. Asesmen Murid

Kumpulan asesmen yang dapat membantu guru mendapatkan informasi hasil pembelajaran murid melalui analisis diagnostik literasi dan numerasi, agar dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan murid.

  1. Perangkat Ajar

Dalam aplikasi merdeka mengajar terdapat 2.000 refrensi perangkat ajar berupa bahan ajar, modul ajar dan sebagainya yang berbasis kurikulum merdeka.

 

5 produk merdeka mengajar diharapkan dapat membantu guru untuk terus mengembangkan kompetensi, serta diharapkan dapat mendukung transformasi pendidikan bersama platform merdeka mengajar.

Selain itu, Samuel mengatakan fitur yang ditawarkan akan sangat bervariasi sesuai kebutuhan guru. Fitur yang umum digunakan di sekolah yang diajarkan oleh Samuel adalah modul ajar yang menyediakan berbagai materi pembelajaran. “Fitur yang paling banyak digunakan di sekolah kami adalah modul pelajaran karena menyediakan berbagai jenis modul pelajaran yang dapat digunakan guru sekolah untuk mengembangkan pembelajaran mereka. Untuk membuat pembelajaran peserta didik lebih menarik dan beragam sehingga mereka benar-benar dapat nikmati pembelajarannya,” tambah Samuel.

Ia juga berharapMerdeka Mengajar dapat dikembangkan dan disosialisasikan di pelosok tanah air dan dapat dinikmati oleh seluruh guru. Menurut Samuel, platform ini memberikan ruang kreatif bagi guru.

“Harapan saya aplikasi ini harus dikembangkan karena memberi ruang kepada teman-teman guru di seluruh wilayah Indonesia. Untuk terus berkontribusi mengirim karya-karta praktik mengajar dan belajar terbaik mereka, untuk saling berbagi sebagai media yang menghubungkan berbagai guru di pelosok Tanah Air,”  tutur Samuel.

 

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

 

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Pendidikan Anti Korupsi, Tujuan dan Urgentsinya

Kesiswaan

Mengenal Media Pembelajaran Dua Dimensi

Karya Inovatif

Website Sekolah Gratis, Cara Membuat Web Sederhana
kekurangan kurikulum merdeka

Media Mengajar

Pembelajaran Asyik dengan Model Cooperative Learning
media ajar

Media Mengajar

Learning Loss, Bisakah Diatasi dengan Penerapan Kurikulum Merdeka?
Penyusunan Modul Projek Kurikulum Merdeka

Karya Inovatif

Informasi Diklat 35JP Modul Projek Kurikulum Merdeka

Kesiswaan

Cara Mengatasi Siswa yang Tertinggal Materi Selama PJJ
peran guru dalam pembelajaran

Media Mengajar

Mengenal Model Pembelajaran Problem Solving