Home / News

Rabu, 30 November 2022 - 21:00 WIB

Penjabaran Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Kearifan Lokal dan Bhineka Tunggal Ika

Dibaca 1,919 kali

Tema projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka terdapat beberapa kategori, di antaranya adalah Kearifan Lokal dan Bhineka Tunggal Ika. Dari tema tersebut dapat diimplementasikan dalam rupa-rupa kegiatan projek yang bertujuan untuk penguatan profil pelajar berdasarkan Pancasila.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa, salah satu program spesial yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka yakni adanya program penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penguatan profil tersebut nantinya akan diwujudkan dalam beberapa projek baik dilaksanakan oleh jenjang SD, SMP maupun SMA.

Pendidik dan peserta didik akan memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai diskusi sebelum adanya peluncuran projek.

Hanya saja, agar terdapat standarisasi dalam penerapannya, maka terdapat beberapa aturan tema projek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang perlu diwujudkan. Adapun ragam tema dalam panduan buku Profil Pelajar Pancasila yakni :

Tema Kearifan Lokal

Tema pertama yang bisa dijalankan sebagai projek yakni tema yang berkaitan dengan kearifan lokal.

Pertama, tema tersebut dapat memantik peserta didik untuk bisa membangun adanya rasa keingintahuan maupun kemampuan dalam melakukan proses inkuiri dengan beragam eksplorasi terkait budaya maupun kearifan lokal masyarakat sekitar. Pun, peserta didik akan memahami berbagai perkembangan terkait kearifan lokal di wilayah tersebut.

Kedua, peserta didik akan belajar mengenai proses “bagaimana” dan “mengapa” para masyarakat lokal dapat berkembang sebagaimana adanya saat ini. Dari pengkajian tersebut, peserta didik akan belajar mengenai beragam perkembangan yang memang terjadi karena pengaruh dari berbagai aspek maupun kondisisi tertentu baik skala nasional maupun internasional.

Ketiga, peserta didik akan belajar mengenai konsep serta nilai – nilai yang ada pada kesenian serta tradisi lokal. Pun mereka juga akan melakukan proses refleksi pada ragam nilai yang dapat diambil peserta didik untuk bisa mereka implementasikan dalam kehidupan sehari – hari.

Keempat, peserta didik dapat mempelajari adanya ragam kegiatan promosi terkait budaya yang menjadi daya tarik di suatu wilayah serta mengambil nilai – nilai yang tidak bertentangan dengan keyakinan untuk dipelajari.

Tema Bhinneka Tunggal Ika

Tema selanjutnya yakni Bhinneka Tunggal Ika. Adapun beberapa hal yang bisa dipelajari yakni:

Pertama, tema tersebut akan berkaitan dengan ragam pengenalan untuk bisa membangun adanya komunikasi maupun dialog terhadap berbagai keragaman baik dari sisi kelompok agama maupun kepercayaan masyarakat sekitar di negeri.

Pun mereka akan belajar mengenai pandangan maupun nilai – nilai yang tak bertentangan dengan pandangan hidup peserta didik.

Halaman Selanjutnya

Kedua, peserta didik akan mencoba untuk belajar…

Share :

Baca Juga

perbedaan aparatur sipil negara dengan PNS

News

Butuhkan Hingga 2,4 Juta Guru, Ini Mekanisme Seleksi PPPK

News

Terupdate! Prioritas Pengangkatan PPPK untuk Dua Kategori Tenaga Honorer Ini

Media Mengajar

Macam-macam Sumber Belajar untuk Siswa
mendikbud Himbau Pemda Agkat Guru Penggerak Menjadi Kepsek

News

Tim Bayangan Nadiem: Membantu Kemajuan Teknologi

News

Setelah Gaji PNS Diumumkan Naik, Gaji PPPK Akan Ikut Naik?
Guru

News

Implementasi Kurikulum Merdeka Diperpanjang, Kemendikbudristek Berikan Himbauan Wajib Diketahui
tunjangan profesi guru

News

THR dan Gaji Ke-13, Berikut Kriteria ASN yang Menerima dan yang Tidak Menerima THR Serta Gaji Ke-13

News

Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2022