Home / Pengembangan Guru

Selasa, 16 Juli 2024 - 14:34 WIB

Download Template Aksi Nyata: Berbagi Praktik Baik Literasi

Dibaca 535 kali

Jika Anda ingin membuat laporan aksi nyata dan memilih kategori “Berbagi Literasi” Anda bisa unduh templatenya di sini dan tinggal menyesuaikan nama, aktivitas praktik baik yang Anda lakukan, kemudian tinggal upload di ().

Jika Anda mengikuti mandiri dengan topik “Literasi: Kompetensi Pendidik Tahap Cakap dan Mahir” dan sudah menyelesaikan materi yang diberikan, Anda diberikan sejumlah pilihan untuk melakukan praktik baik, di antaranya adalah “Berbagi Praktik Baik Literasi “.

Selain itu juga ada pilihan aksi nyata lainnya, yakni: Membuat Rancangan Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Mengintegrasikan Konten Literasi dan Melibatkan PIhak Luar untuk Kurasi Buku Pengayaan.

Jika Anda memilih kategori “Berbagi Praktik Baik” terdapat panduan yang perlu diperhatikan, yang isinya sebagai berikut ini:

  1. Identifikasi dan buat daftar praktik baik literasi yang pernah Anda lakukan, dengan ataupun tanpa murid.
  2. Pilih 1 praktik baik literasi yang Anda ingin bagikan.
  3. Susun rencana bagaimana Anda akan membagikan praktik baik literasi Anda.
  4. PIlih media membagikan praktik baik literasi Anda. Anda dapat membagikannya melalui sosial media, pertemuan antar guru di , webinar, dalam komunitas, dsb.
  5. Dokumentasikan kegiatan berbagi praktik baik Anda.
  6. Minta umpan balik kepada 1-3 guru yang sudah mengakses konten praktik baik Anda (jika dibagikan melalui sosial media) atau mengikuti kegiatan berbagi praktik baik Anda (jika kegiatan berbagi dilakukan selain melalui media sosial).
  7. Unggah bukti dalam bentuk PDF, yaitu yang berisikan:
  8. Foto kegiatan berbagi praktik baik Anda (foto sosial media/foto kegiatan lainnya)
  9. Dokumen praktik baik Anda (media presentasi, poster, dsb)
  10. Hasil umpan balik dari guru

Jika Anda akan menyusun aksi nyata tersebut, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih Daftar Praktik Baik Literasi

Banyak sekali daftar praktik baik literasi yang bisa digunakan, misalnya:

  1. Membaca Bersama (Shared Reading)
    • Kegiatan membaca bersama antara guru dan murid dengan buku yang menarik untuk semua usia.
    • Tujuan: Meningkatkan minat baca dan pemahaman teks.
  2. Jurnal Harian Literasi
    • Setiap murid jurnal harian tentang buku yang mereka baca.
    • Tujuan: Mengembangkan menulis dan refleksi diri.
  3. Diskusi Buku (Book Club)
    • Membentuk kelompok kecil yang mendiskusikan buku tertentu setiap minggu.
    • Tujuan: Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan berbicara di depan umum.
  4. Membuat Cerita Bergambar
    • Mengajak murid membuat cerita bergambar berdasarkan buku yang mereka baca.
    • Tujuan: Mengembangkan kreativitas dan kemampuan menceritakan kembali.
  5. Menggunakan Media Digital untuk Literasi
    • Memanfaatkan aplikasi dan situs web literasi untuk mendukung kegiatan membaca dan menulis.
    • Tujuan: Meningkatkan keterampilan literasi digital.
  6. Buku Bergilir (Book Circulation)
    • Program peminjaman buku antar murid untuk dibaca di rumah dan didiskusikan di .
    • Tujuan: Meningkatkan akses ke berbagai buku dan memperluas wawasan membaca.
  7. Proyek Penulisan Cerita Pendek
    • Mengadakan proyek menulis cerita pendek yang kemudian dipublikasikan di majalah kelas.
    • Tujuan: Mengembangkan keterampilan menulis kreatif.
Baca Juga:  Kabar Gembira Surat Edaran Dari Ditjen GTK Untuk Guru , Jangan Sampai Terlewatkan!

Langkah 2: Pilih Salah Satu Praktik Baik Literasi untuk Dibagikan

Di sini, kami memilih Diskusi Buku (Book Club) sebagai praktik baik literasi yang ingin kami bagikan.

Langkah 3: Susun Rencana Pembagian Praktik Baik Literasi

Anda bisa membagikan praktik baik literasi yang Anda lakukan melalui beberapa media misalnya adalah:

  1. Menulis Artikel untuk Blog Pendidikan:
    • Menulis artikel tentang pengalaman dan manfaat Diskusi Buku untuk blog atau media pendidikan.
  2. Mengadakan Webinar:
    • Mengadakan webinar yang membahas langkah-langkah pelaksanaan Diskusi Buku.
  3. Membuat Video Pendek:
    • Membuat video pendek yang menunjukkan proses Diskusi Buku di kelas yang kemudian bisa diupload di Youtube, Instagram, dan sejenisnya.

Langkah 4: Dokumentasikan Kegiatan Berbagi Praktik Baik

  1. Foto Kegiatan:
    • Mengambil foto saat kegiatan Diskusi Buku di kelas, webinar, dan pertemuan guru.
  2. Dokumen Presentasi:
    • Menyimpan dan berbagi slide presentasi Diskusi Buku.

Langkah 5: Minta Umpan Balik dari Guru

Ketika meminta umpan balik, gunakan konsep TAG berikut ini:

  1. Tell: Meminta guru untuk memberikan pendapat mereka tentang praktik baik yang dibagikan.
  2. Ask: Meminta saran atau pertanyaan untuk pengembangan lebih lanjut.
  3. Give: Meminta mereka untuk memberikan tips atau ide tambahan.

Langkah 6: Unggah Bukti Aksi Nyata

Ketika mengunggah aksi nyata di PMM, jangan lupa menyiapkan dan menyertakan hal berikut ini di dalam dokumen yang diunggah:

  1. Foto Kegiatan:
    • Foto kegiatan Diskusi Buku di kelas dan webinar.
  2. Hasil Umpan Balik:
    • Ringkasan umpan balik dari guru.

Silakan unduh Template Laporan Aksi Nyata Praktik Baik Literasi di link ini!

PENTING: Pastikan Anda sudah mengunggah aksi nyata yang diekspor sesuai panduan ini. 

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Efektivitas Media Pembelajaran yang Inovatif

Pengembangan Guru

Contoh Diskusi Tindak Lanjut yang Benar Pasca Observasi Kepala Sekolah kepada Guru

Pelatihan

Mengenal Pengolahan Rapor di Kurikulum Merdeka

News

Cara Membuat Animasi Pembelajaran dengan PowerPoint

Pengembangan Guru

Manfaat Menyusun Makalah Best Practice bagi Pendidik

Pelatihan

Tujuan Asesmen Kurikulum Merdeka

Pelatihan

Inovasi Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar

Edutainment

Kompetensi Guru Kurikulum Merdeka : Digital Berkualitas
Download Sertifikat Pendidikan Gratis