Home / Edutainment / News

Jumat, 20 Mei 2022 - 01:50 WIB

Inilah Karakteristik Siswa Abad 21 yang Wajib Diketahui Guru

Dibaca 4,781 kali

Karakteristik anak masing-masing berbeda-beda, guru perlu memahami karakteristik awal anak didik sehingga ia dapat denganmudah untuk mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran termasuk juga pemilihan strategi pengelolaan, yang berkaitan dengan bagaimana menata pengajaran, Kemampuan yang dimiliki mereka sehingga komponen pengajaran dapat sesuai dengan karakteristik dari siswa yang akhirnya pembelajaran tersebut dapat lebih bermakna.

Berdasarkan pada kemampuan ini dapat ditentukan dari mana pengajaran harus dimulai dan di batas mana pengajaran tersebut dapat di akhiri. Jadi, pengajaran berlangsung dari kemampuan awal sampai ke kemampuan akhir (tujuan akhir) itulah yang menjadi tanggung jawab pengajar.

Guru harus mengenal karakteristik siswa abad 21, karena dengan mengenal karakteristik peserta didik membantu guru dalam mengantarkan mereka untuk mengejar cita-cita yang diinginkan. Selanjutnya guru harus mampu memahami karakter peserta didik. Memahami karakter peserta didik butuh kesungguhan dan keterlibatan hati dan pikiran guru sehingga dia dapat memahami karakternya dengan baik dan benar.

Empat pokok hal dominan dari karakteristik siswa abad 21 yang harus dipahami oleh guru yaitu :

  • Kemampuan dasar seperti kemampuan kognitif atau intelektual.
  • Latar belakang kultural lokal, status sosial, status ekonomi, agama dll.
  • Perbedaan-perbedaan kepribadian seperti sikap, perasaan, minat, dll
  • Cita-cita, pandangan ke depan, keyakinan diri, daya tahan, dll

Mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik peserta didik mempunyai tujuan yaitu :

  1. Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat berkenaan dengan kemampuan serta karakteristik awal siswa sebelum mengikuti program pembelajaran tertentu.
  2. Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan, serta kecenderungan peserta didik berkaitan dengan pemilihan program-programpembelajaran tertentu yang akan diikuti mereka.
  3. Menentukan desain program pembelajaran dan atau pelatihan tertentu yang perlu dikembangkan sesuai dengan kemampuan awal peserta didik.

Pentingnya Guru Memahami Karakteristik Siswa Abad 21

Banyak manfaat yang dapat dipetik bila seorang guru mampu mengenal kepribadian dan karakter siswanya dengan baik. Beberapa manfaat tersebut adalah :

  • Mengetahui kelebihan yang mereka miliki dan dapat meningkatkannya
  • Mendeteksi kelemahan yang mereka miliki dan memperbaikinya
  • Mengetahui potensi-potensi yang ada pada diri mereka dan mengoptimalkannya untuk kesuksesan dimasa yang akan datang.
  • Menyadarkan mereka bahwa mereka masih memiliki banyak kekurangan sehingga pantang untuk bersikap sombong dan merendahkan orang lain
  • Dapat mengetahui jenis pekerjaan apa yang paling cocok untuk mereka di masa akan datang sesuai dengan kepribadian dan karakter mereka sehingga kita dapat mengarahkannya menjadi lebih baik
  • Mengenal diri sendiri dapat membantu anak didik untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi
  • Mengenal kepribadian (personality) diri dapat membantu mereka menerima dengan ikhlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri, sekaligus bertoleransi terhadap kelebihan dan kelemahan orang lain.
  • Proses belajar mengajar dapat berhasil dengan optimal jika mereka memahami dan mengetahi kepribadian siswa
Baca Juga:  Intip Model SK, GAJI, Nip Dan Kontrak Kerja PPPK 2023

Karakteristik Anak Didik yang Wajib Diketahui Guru

Beberapa karakteristik anak didik yang perlu dipahami oleh pendidik terutama dalam rangka melaksanakan praktek pendidikan, karakteristik tersebut antara lain :

  • Anak Didik adalah Subjek

Maksudnya yaitu pribadi yang memiliki pribadi sendiri ataukonsep diri sendiri. Mereka memiliki kebebasan dalammewujudkandirinya sendiri untuk mencapai kedewasaaannya. Jadi, tidak dibenarkan jika anak didik sebagai “objek”, maksudnya sebagai sasaran yang dapat diperlakukan dan dibentuk dengan semena-mena oleh pendidiknya.

  • Anak didik adalah makhluk yang sedang berkembang

Anak didik adalah makhluk yang sedang berkembang. Setiap anak didik memiliki perkembangan yang berbeda-beda, dalam setiap proses perkembangan tersebut terdapat tahapan-tahapannya. Oleh karena itu setiap anak didik yang berada dalam tahap perkembangan tertentu menuntut perlakuan tertentu pula dari orang dewasa terhadapnya.

  • Anak Didik Hidup dalam Dunia Sendiri

Setiap anak didik hidup dalam kehidupannya sesuai tahap perkembangannya, jenis kelaminnya, dan lain-lain. Anak didik harus diperlakukan sesuai dengan keanakannya atau sesuai dengan dunianya.

  • Anak Didik Hidup dalam Lingkungan Tertentu

Anak didik adalah subjek yang berasal dari keluarga dengan latar belakang lingkungan alam dan sosial budaya tertentu. Oleh karena itu, anak didik akan memiliki karakteristik tertentu yang berbeda – beda sebagai akibat pengaruh lingkungan dimana ia dibesarkan atau dididik.

  • Anak Didik Memiliki Ketergantungan kepada Orang Dewasa

Setiap anak memiliki kekurangan dan kelebihan tertentu dalam perjalanan hidupnya, anak masih memerlukan perlindungan, anakmasih perlu belajar berbagai pengetahuan, perlu latihan dan keterampilan, anak belum tahu mana yang benar dan salah, yang baik dan tidak baik, serta bagaimana mengantisipasi kebutuhan di masa depannya.

  • Anak Didik Memiliki Potensi dan Dinamika

Bantuan orang dewasa berupa pendidikan agar anak didik menjadi dewasa akan mungkin dicapai oleh anak didik. Hal ini disebabkan anak didik memiliki potensi untuk menjadi manusia dewasa dan memiliki dinamika, yaitu aktif sedang berkembang dan mengembangkan diri, serta aktif dalam menghadapi lingkungannya dalam upaya mencapai kedewasaan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan mengenai beberapa karakteristik siswa yang wajib diketahui guru di era abad 21. Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat memotivasi pendidik dalam memahami karakteristik dan potensi peserta didiknya.

Download e-Book Gratis dari Guru Juara silahkan akses link berikut : GuruJuara.com

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Penulis : Andika Putra




Share :

Baca Juga

News

Simak! Aturan Perangkingan PPPK Guru 2023 Penentu Kelulusan dan Penempatan

News

Pensiunan PNS Golongan Ini Akan Terima 4,4 Juta Bulan Februari

News

Sesuai Permendikbudristek, Durasi Belajar PAUD Usia 3 dan 5 Tahun Berbeda, Ini Penjelasannya

News

5 Fitur dan Manfaat Menarik dari Platform Merdeka Mengajar (PMM)

News

Ketiban Rezeki Nomplok! Gaji PNS dan PPPK Plus THR 2024, Resmi Cair Maret

News

Penting Untuk Diketahui, Persyaratan Khusus Beasiswa Unggulan 2022

News

Hanya Guru Dengan 4 Kriteria Ini Yang Jadi Calon PPG Daljab 2024

News

Menjelang Pendaftaran CPNS 2023, Siapkan Dokumen dan Perhatikan Syarat Daftarnya!
Download Sertifikat Pendidikan Gratis