Home / News / PPG

Minggu, 3 April 2022 - 07:38 WIB

Kendala Instalasi Aplikasi Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan dan Cara Mengatasinya

Dibaca 3,653 kali

PPG Dalam Jabatan – Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru atau PPG Dalam Jabatan tahun 2022, Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan melakukan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Dalam pelaksanaan Seleksi Akademi peserta PPG diharuskan menginstall Aplikasi Ujian PPG. Namun dalam proses instalasi terkadap peserta mendapatkan beberapa kendala.

Dibawah ini adalah kendala pada saat instalasi Aplikasi Ujian dan cara mengatasinya :

Kendala Umum

  1. Masalah umum instalasi (yang terkait dengan sistem operasi) ➔ cara penanganan sudah terdapat pada panduan instalasi aplikasi SEB Ujian.
  2. Masalah hardware (Sistem Operasi bermasalah, perangkat tidak support, keyboard error, mouse error, Wifi/LAN error) ➔ ganti perangkat.
  3. Koneksi internet (Sinyal tidak kuat, koneksi internet tidak stabil, akses ke server ujian atau Zoom tidak baik) ➔ Cek posisi, cek koneksi provider ➔ pindah tempat ujian, ganti provider internet.

Kendala Lain-lain

  1. Aplikasi SEB terblokir antivirus, silakan tutup SEB dan disable antivirus. Kemudian dicoba buka kembali file 2_MULAI_SELEKSI
  2. SEB tidak bisa diakses karena masih terdapat aplikasi aktif/terbuka, silakan tutup aplikasi yang muncul pada notifikasi misal: Mozilla, Chrome, skype, team viewer, dll, dan akses kembali file 2_MULAI_SELEKSI
  3. Aplikasi ujian tidak support di Laptop peserta, disarankan mengupayakan ganti perangkat/pinjam dan install aplikasi dilaptop lain
  4. File aplikasi ujian belum terunduh sempurna, silakan melakukan unduh ulang file aplikasi ujian dan mengulang proses instalasi file 1_SEB_SELEKSI_INSTALL
  5. Jika muncul seperti dibawah ini, terjadi karena setting default program SEB tidak tertuju pada Aplikasi SEB (tertuju pada aplikasi wordpad, PDF atau lainnya)
  6. Masalah ini muncul bukan karena windows membutuhkan update, tetapi pengaturan windows yang mendisable install apps from anywhere. Untuk meng-enable: Buka Windows Settings, Pilih Apps & features, Pilih Installing apps, choose allow apps from anywhere dengan pilihan choose allow apps from anywhere harus tercentang.

Hal-hal Penting Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Acuan Waktu Ujian (Tentatif)

Sesi Pagi

  • 07.30 – 08.00 WIB : Pengawas hadir di lokasi kepengawasan
  • 08.00 – 09.00 WIB : Verifikasi identitas, kesiapan, lingkungan Peserta
  • 09.00 – 11.30 WIB : Ujian Seleksi Akademik 

Sesi Siang

  • 11.30 – 12.30 WIB : Pengawas hadir di lokasi kepengawasan
  • 12.30 – 13.30 WIB : Verifikasi identitas, kesiapan, lingkungan Peserta
  • 13.30 – 16.00 WIB : Ujian Seleksi Akademik Tips Cek

Tips Cek Koneksi Internet

Koneksi Internet

Untuk memastikan bahwa koneksi internet Anda lancar dan stabil, cobalah untuk memutar video Youtube dengan kualitas 720p dari HP/Laptop Anda. Jika tidak terjadi buffering, dipastikan jaringan internet di tempat Anda ujian lancar. Jika terjadi buffering dan itu lebih dari 10 detik, maka bersegeralah untuk mencari jaringan internet yang lebih baik. Tidak ada toleransi mengulang ujian apabila terhenti di tengah jalan (lebih dari 5 menit) karena jaringan internet terputus. Jika menggunakan tethering HP untuk akses internet, sebaiknya internet HP untuk Zoom dan internet laptop untuk aplikasi ujian tidak dari satu sumber.

Paket Data (Khusus pengguna internet NON-WIFI)

Dimohonkan untuk peserta yang mengandalkan paket data (telkomsel, three, indosat, XL, Axis) harap dapat menyediakan minimal paket data sebesar 10GB. Tidak ada toleransi mengulang ujian apabila terhenti di tengah jalan (lebih dari 5 menit) karena kehabisan paket data.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

  1. Kendala apapun mengenai soal, peserta DILARANG MEMOTRET SOAL. Cukup informasikan ke Pengawas ➔ No Daftar Ujian, Bidang Studi, Nomor Soal.
  2. Peserta harus memastikan bidang Studi-nya sudah sesuai, segera lapor pengawas jika ada ketidaksesuaian.
  3. Jika ada “keanehan” pada aplikasi ujian, segera laporkan pada pengawas.
  4. Konten soal seperti apa adanya, tidak dapat didiskusikan dengan pengawas.
  5. Selesai ujian mohon waspada terhadap upaya tindak penipuan yang mengatasnamakan panitia, pengawas, dan/atau LPTK yang menyatakan perihal hasil keikutsertaan Seleksi, kelayakan hasil ujian Seleksi, dan/atau kelulusan dalam Seleksi. Jika ada MOHON DIABAIKAN!

Demikian artikel mengenai Kendala Instalasi Aplikasi Ujian Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat!

(smo)

Dapatkan informasi guru terupdate dengan cara join channel telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

News

Mengenal Kurikulum Merdeka dan Tantangannya

News

Tenaga Honorer Yang Tidak Dapat Diangkat PPPK, Berikut Detailnya

News

Wajib Tau! Guru perlu lakukan ini agar siswa tidak ketergantungan ChatGPT

News

Berikut Ciri-Ciri Guru Honorer 100% Ditempatkan Di Sekolah Induk pada Penempatan PPPK Guru 2024

News

Simak Baik-baik! Cara Memutakhirkan Data SIMPKB Khusus Untuk Guru Lolos Seleksi Administrasi PPG Daljab 2023

News

Simak Juknis, Passing Grade dan Jadwal Seleksi PPPK 2022

News

Pengisian DRH Seleksi PPPK Diperpanjang, Berikut Detailnya

News

2 Hal Penting Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMA