Home / News / Pelatihan / Seminar

Minggu, 27 Maret 2022 - 23:44 WIB

Mengenal Aplikasi Sipendi dan Manfaatnya Bagi Guru PAUD/TK/KB

Dibaca 14,223 kali

Di Era globalisasi yang sangat pesat kemajuannya terutama pada bidang teknologi. Dampak yang besar dalam bidang teknologi juga sudah masuk dalam dunia . Maka dari itu, pendidik tidak hanya paham mengenai teknologi namun juga harus dapat menerapkannya baik dalam maupun administrasi. Dalam pembelajaran guru dapat membuat dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang interaktif dan atraktif. Sedangkan dalam administrasi, guru dapat memanfaatkan teknologi sebagai media untuk mempermudah dalam membuat  RPP, , dan lain sebagainya. Maka dari itu, Sipendi dan e-Raport hadir untuk mempermudah guru dalam melakukan penilaian kepada peserta didik.

Sipendi & e-Raport Sipendi singkatan dari Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Tujuan dibuatnya Sipendi ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat pendidik untuk membuat sebuah penilaian. Dengan fitur penilaian harian berdasarkan Dasar, input nilai harian peseta didik menjadi lebih mudah. Tersedia juga fitur untuk mencatat perkembangan Emosi dan Jasmani.

Sipendi merupakan aplikasi berbasis website yang dikembangkan Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini & Pendidikan Masyarakat (PP PAUD & DIKMAS Jawa Tengah). Pada awalnya yaitu pada 2019, Sipendi merupakan aplikasi atau Software yang dapat diinstal di leptop. Namun, banyak kendala yang dialami guru dalam  penggunaan software ini, dari penginstalan maupun dalam penyimpanan data. Pada akhirnya, Sipendi melakukan perkembangan dengan mengubah dari awalnya aplikasi yang dapat di instal menjadi aplikasi berbasis website.

Fitur Pada Aplikasi Sipendi

Untuk mempermudah pendidik dalam menilai perkembangan peserta didik Sipendi memiliki fitur-fitur pendukunya, antara lain :

  1. Penilaian Harian : Fitur ini digunakan untuk menilai peserta didik berdasarkan kompetensi dasar
  1. Catatan Perkembangan : Fitur ini digunakan untuk menilai emosi, jasmani dan kesehatan peserta didik per bulan
  1. Laporan Grafik & Cetak : Terdapat fitur laporan penilaian dan perkembangan dalam bentuk grafik atau cetak

 

dalam penggunaan Sipendi ini, ada 2 akun yang akan bertugas. antara lain akun (Kepala Sekolah/Admin Sekolah) dan akun untuk guru. berikut tugas-tugas dari masing-masing akun :

Penggunaan Akun Kepala Sekolah atau Admin Sekolah

Dalam penggunaan Sipendi ini, Kepala Sekolah menjadi akun yang utama yang bertugas menginput data baik guru maupun peserta didik. Maka dari itu, sangat penting bagi kepala sekolah atau yang mengoperasikan akun sekolah Sipendi ini.

Tugas dari kepala sekolah pada akun Sipendi ini antara lain :

  1. Mendaftar Akun Sekolah
  2. Mencatat Email dan Password Akun yang didaftarkan
  3. Menambahkan Logo Sekolah
  4. Menambahkan TTD Kepala Sekolah dan Guru
  5. Menginput Data Guru
  6. Menginput Data Peserta Didik
  7. Mengelompokkan Peserta didik yang telah di input
  8. Menambahkan KD (Jika terdapat KD tambahan di wilayah Sekolah)

Poin 1 dan 2 di atas merupakan Pra . Sedangkan poin 3-8 merupakan tugas Kepala Sekolah Ketika akun sekolah sudah terverivikasi (Terdaftar di Sipendi).

Baca Juga:  Kemdikbud Ristek Resmikan 3 Tunjangan Khusus Guru ASN Non Sertifikasi! Berapa Nominalnya?

Tugas Akun Kepala sekolah lebih ditekankan pada menu “Master Data” yang ada pada Sipendi. Maka dari itu, yang menggunakkan akun Sekolah harus sudah sangat memahami tugasnya dengan teliti.

Penggunaan Akun Guru

Selain Akun Kepala Sekolah, Guru juga memiliki tugas yang penting juga, yaitu melakukan penilaian kepada peserta didik. Untuk melakukan penilaian, guru juga harus memaham fitur-fitur yang ada pada Sipendi.

Akun Guru ini didapat pada Akun Sekolah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu tugas akun kepala sekolah adalah menginput data guru yang berarti data tersebut adalah proses pembuatan akun Guru.

Adapun tugas akun Guru pada Sipendi, antara lain :

  1. Setting indikator penilaian harian
  2. Mengisi penilaian harian per-anak (Checklist, Anekdot, Hasil Karya)
  3. Input foto & narasi (bila perlu)
  4. Penilaian catatan perkembangan jasmani dan kesehatan
  5. Laporan Harian, Mingguan, Bulanan

Meskipun tugas akun guru lebih sedikit dari kepala sekolah namun guru juga wajib memahami alur dalam melakukan penilaian anak.

Tugas Akun Guru lebih ditekankan pada menu “Penilaian” yang ada pada Sipendi. Maka dari itu, yang menggunakkan akun Guru harus memahami isi dan cara bagaimana melakukan penilaian.

Menilik Workshop Sipendi di Pemalang

Pada tanggal 21-23 Maret 2022, Dinas Pendidikan & Kebudayaan (Disdikbud) Pemalang telah menyelenggarakan Workshop Sipendi (Sistem perkembangan anak usia dini). Dimana aplikasi Sipendi ini digunakan untuk mencatat perkembangan anak usia dini. Dengan Sipendi, Guru TK di Pemalang dapat meningkatkan keterampilan digitalnya pada era digitalisasi saat ini.

Pada Workshop Sipendi di Pemalang ini diikuti lebih dari 700 peserta guru dari berbagai TK di daerah Pemalang. Workshop tersebut dibagi menjadi 3 hari yang mana di setiap harinya terdapat sekitar 200 lebih peserta. Narasumber dari Workshop tersebut merupakan pengembang dari aplikasi Sipendi yaitu Drs. Waluyo Basuki, M.Si , Bambang Sri Martono, S.Sos , dan Farida Widyawati, M.Si. Selain dari ketiga narasumber tersebut Workshop Sipendi tersebut juga kedatangan tamu spesial dari Guru Juara, yaitu Admin Andika Putra dan Admin Krisbaya Bayu sebagai pendamping peserta dalam mengikuti Workshop Sipendi tersebut.

Alhamdulillah, Workshop Sipendi di Pemalang berjalan lancar dengan mengikuti protokol kesehatan. Bagi anda yang ingin mengajukan kerjasama menyelenggarakan pelatihan Sipendi bisa menghubungi Guru Juara.

Narahubung : 087825750194 (Rubyanto)

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

 

Penulis : Andika Putra

Share :

Baca Juga

News

4 Kategori Guru Honorer Optimis LULUS 100% Meskipun Pengumuman PPPK Guru 2023 Ditunda

News

Kriteria dan Syarat Inpassing! Tunjangan Berpotensi Setara Dengan PNS

News

Hari Ini Pengumuman Seleksi PPPK 2022, Yuk Lihat Hasilnya

News

Agar Tidak Mengulang, Begini Cara Mengisi Refleksi Kompetensi Di PMM Dengan Benar

News

Program Guru Penggerak Angkatan 7, Manfaat dan Keuntungannya
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Kabar Gembira! Pemerintah Mencairkan Tambahan Tunjangan 2 kali 50% bagi Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi

News

Daftar Komponen THR dan Gaji Ke-13 PNS, Guru & Dosen

News

Intip Peluang Honorer Kode “P” Pada Seleksi PPPK 2024, Akan Diangkat Tanpa Tes Tahun 2024
Download Sertifikat Pendidikan Gratis