Home / Pelatihan / Pengembangan Guru

Sabtu, 4 Mei 2024 - 13:05 WIB

Keunggulan Peningkatan Keterampilan Guru Melalui PMM

Dibaca 12,332 kali

Di era digital ini, dunia pendidikan terus berkembang dengan pesat. Guru dihadapkan pada berbagai tantangan baru, seperti tuntutan untuk beradaptasi dengan teknologi informasi, peningkatan keterampilan guru dan komunikasi (TIK), menerapkan kurikulum yang lebih berpusat pada siswa, dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) hadir sebagai solusi inovatif untuk membantu guru dalam meningkatkan keterampilan dan profesionalismenya. Diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), PMM menawarkan berbagai keunggulan yang menjadikannya platform ideal bagi guru untuk terus belajar dan berkembang.

  1. Akses Mudah dan Fleksibel

PMM dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan guru di era digital. Platform ini dapat diakses dengan mudah melalui perangkat apa pun, baik komputer, laptop, tablet, maupun smartphone. Hal ini memungkinkan guru untuk belajar kapanpun dan dimanapun, tanpa terikat waktu dan tempat.

  1. Konten Berkualitas dan Terkurasi

PMM menyediakan berbagai konten berkualitas yang terkurasi dengan baik oleh para pakar di bidangnya. Konten tersebut mencakup berbagai topik terkait pedagogi, konten mata pelajaran, TIK, dan pengembangan profesionalisme diri. Guru dapat memilih topik yang sesuai dengan kebutuhannya dan mempelajarinya secara mendalam.

  1. Pelatihan Mandiri dan Interaktif

PMM menawarkan berbagai modul pelatihan mandiri yang interaktif dan menarik. Guru dapat mengikuti pelatihan tersebut secara mandiri dan mendapatkan umpan balik langsung dari sistem. Selain itu, PMM juga menyediakan forum diskusi online di mana guru dapat bertukar pikiran dan saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran.

  1. Komunitas Belajar yang Suportif

PMM memfasilitasi terbentuknya komunitas belajar online bagi para guru. Guru dapat bergabung dengan komunitas sesuai dengan minat dan kebutuhannya, berdiskusi dengan guru lain, dan saling berbagi praktik terbaik dalam pembelajaran. Komunitas ini dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi guru untuk terus belajar dan berkembang.

  1. Dukungan Berkelanjutan dari Kemendikbudristek

Kemendikbudristek memberikan dukungan penuh terhadap PMM. Kemendikbudristek secara berkala mengadakan pelatihan dan webinar untuk membantu guru dalam menggunakan PMM secara optimal. Selain itu, Kemendikbudristek juga menyediakan layanan helpdesk untuk membantu guru mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam menggunakan PMM.

Halaman Selanjutnya

Dampak Positif

Share :

Baca Juga

News

Naik Pangkat dan Golongan dengan Cepat? Simak Tips Berikut!
pembelajaran berdiferensiasi

Pelatihan

Strategi Pengelolaan Kelas yang Efektif dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Optimal
Seleks CPNS 2023

Pelatihan

Tips Menyusun Laporan Hasil Proyek Pancasila yang Efektif
Guru

Pelatihan

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Inovasi dalam Mendesain Modul Ajar Inspiratif
guru penggerak

Pelatihan

Guru Penggerak dan Peran yang Dimilikinya

News

Ikuti Pelatihan Gratis Penyusunan Laporan PKG 

Karya Inovatif

Cara Unduh Sertifikat Diklat Pembelajaran Interaktif dan menyenangkan
pembelajaran berdiferensiasi

Pelatihan

Penerapan Public Speaking for Teacher