Home / Media Mengajar / Pelatihan

Kamis, 28 April 2022 - 23:00 WIB

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Classpoint

Dibaca 6,563 kali

Banyaknya media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan berbagai yang menuntut guru untuk memiliki pemahaman dan ketrampilan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dengan memahami TIK, dapat memudahkan guru dalam membuat berbagai media, seperti : Membuat dari Kinemaster, Filmora, dan sebagainya. Dan juga membuat media pembelajaran interaktif dari Microsoft PowerPoint yang terintregasi dengan ClassPoint.

Nah, sebelumnya apakah ada yang sudah tahu apa itu ClassPoint ? fitur ClassPoint ini cocok sekali bagi anda yang terampil dalam membuat media pembelajaran melalui Microsoft PowerPoint. Jika belum tahu, di artikel ini penulis akan menjelaskan gambaran umum mengenai apa itu ClassPoint untuk menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran.

Media Pembelajaran Interaktif dengan Classpoint

Classpoint adalah software yang dikembangkan oleh Inknoe. Aplikasi ini Hal ini terintegrasi dengan PowerPoint. Classpoint menyediakan banyak fungsi untuk dibuat yang menarik. Dapat meningkatkan keterlibatan antara dan materi pelajaran. Classpoint ini juga memungkinkan guru untuk membuat kuis yang menarik.

Classpoint ini mempunyai beberapa tools pertanyaan yang bisa kita gunakan, sehingga dapat menarik perhatian siswa. Diantaranya adalah bentuk multiple choise, word cloud, short answer, slide drawing, image upload dan whiteboard background. Dan satu lagi hal yang menarik dari classpoint ini adalah, setiap jawaban yang terkumpul, akan selalu d sertai nama pengirimnya dan kemudian bisa di simpan, sehingga hal ini akan sangat membantu guru dalam memberikan proses.

Fitur-Fitur pada Classpoint

Untuk mendukung dalam pembuatan media pembelajaran interaktif dan atraktif, Classpoint dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung hal tersebut. Fitur-fiturnya antara lain :

  • Membuat Quiz Powerpoint : Slide Anda yang ada dapat diubah menjadi kuis interaktif dengan satu klik tombol.
  • Anatosi dan Papan Tulis : Gunakan alattinta kami untuk dengan mudah membuat anotasi pada slide Anda dan tambahkan papan tulis tak terbatas selama peragaan slide.
  • Menilai Siswa Secara Langsung : Gunakan slide interaktif untuk melibatkan dan menilai siswa di seluruh kelas Anda, dan simpan tanggapan mereka untuk ditinjau lebih lanjut.

Itulah fitur yang dapat dimanfaatkan guru dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Tools pada Classpoint

Untuk melengkapi fitur-fitur di atas, perlu adanya tools spesial yang akan digunakan dalam pembuatan media di dalam Classpoint. Berikut tools-nya :

  • Audience Slide Viewer : Menampilkan slide di browser siswa, biarkan mereka mengikuti Anda dan mengunduh slide.
  • Quick Poll : Mulai True/False, Yes/No/Unsure atau jenis jajak pendapat ad-hoc lainnya kapan saja dan dapatkan umpan balik instan dari siswa.
  • Pick a Name : Secara acak pilih nama siswa untuk menjawab pertanyaan atau memulai kegiatan kelompok.
  • Share PDF : Satu klik untuk mengonversi slide ke PDF dan kirim ke siswa. Semua anotasi dan papan tulis disertakan.
Baca Juga:  Penerapan Game Based Learning, Jadikan Siswa Lebih Giat Belajar

Tipe Pertanyaan pada Classpoint

Dalam menyajikan sebuah pertanyaan, sebelumnya harus merencanakan model pertanyaan atau quiz apa yang akan diberikan kepada . Maka dari itu, Classpoint juga memiliki berbagai tipe atau model pertanyaan yang dapat dibuat guru pada Classpoint, yaitu :

  • Slide Drawing

Kirim slide ke siswa, biarkan mereka menandai jawaban mereka di atasnya dengan alat gambar kami dan kirim kembali. Anda dapat dengan cepat melewati dan membandingkan jawaban mereka.

  • Image Upload

Biarkan siswa menanggapi pertanyaan dengan gambar. Mereka dapat menemukan gambar dari drive lokal, melalui pencarian online, atau bahkan dengan mengambil foto jawaban mereka di atas kertas.

  • Multiple Choice

Siswa diminta untuk memilih satu atau lebih jawaban dari opsi yang diberikan. Jawaban mereka akan dikumpulkan dan tercermin dalam grafik langsung.

  • Word Cloud

Kata-kata, frasa, atau angka yang dikirimkan oleh siswa akan membentuk awan bagi anda untuk memvisualisasikan kontribusi mereka. Bagus untuk brainstorming atau mengumpulkan pendapat cepat.

  • Short Answer

Ajukan pertanyaan dan kumpulkan masukan teks dari siswa. Multi-paragraf didukung. Ini adalah cara terbaik untuk mengajukan pertanyaan terbuka.

Diklat Bersertifikat 64JP Menjadi Guru Inovatif Agar Pembelajaran Interaktif

Pada bulan mei, tepatnya tanggal 13 – 19 Mei 2022 e-Guru.id akan menyelenggarakan Diklat Online bersertifikat 64JP yang berjudul “Menjadi Guru Inovatif Mewujudkan Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan” yang di dalamnya akan membahas materi mengenai penggunaan Classpoint untuk pembelajaran.

Pada kegiatan ini peserta akan dipandu dalam penggunaan Classpoint oleh instruktur dari Country Manager Classpoint Indonesia yaitu Ibu Riesintiya Aska. Hasil yang akan didapat oleh peserta antara lain :

  • Peserta mendapatkan fasilitas dari Diklat
  • Peserta akan mendapatkan ilmu yang dapat dibagikan kepada teman satu instansinya agar dapat memajukan pembelajaran di instansinya
  • Peserta akan mendapatkan bonus tambahan seperti : Sertifikat Classpoint School Coach, akun classpoint pro selama 6 bulan, dan merchandise menarik untuk peserta terbaik.

Bagaimana? apakah anda berminat belajar Classpoint untuk memajukan pembelajaran di lembaga anda ? Jika berminat silahkan bisa melakukan pendaftaran.

Untuk informasi lengkap seperti administrasi, fasilitas, dan lain-lain silahkan chat ke narahubung di bawah ini. Sebaiknya 1 instansi mendaftarkan minimal 1 guru untuk mengikuti diklat ini.
Narahubung : KLIK DISINI

Info Terupdate tentang Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Penulis : Andika Putra




Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Kualitas Pendidikan Indonesia, Guru Dapat Meningkatkannya!

Media Mengajar

Discovery Learning, Bisakah Diterapkan pada Pembelajaran Jarak Jauh?

Media Mengajar

Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik di Masa Pandemi

Pelatihan

Cara Membuat Presentasi Menarik Dengan Microsoft Powerpoint

Pelatihan

Cara Menggunakan Classpoint untuk Pembelajaran

Pelatihan

Keunggulan Video Pembelajaran Canva

Pelatihan

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning: Mendorong Pembelajaran Aktif dan Kontekstual
Refleksi Pembelajaran

Media Mengajar

Contoh Membuat Refleksi Pembelajaran dengan Mentimeter
Download Sertifikat Pendidikan Gratis