Home / Edutainment / News / Opini

Jumat, 25 Maret 2022 - 15:13 WIB

Media Podcast Untuk Pendidikan

Dibaca 1,520 kali

Media Podcast, yang saat ini sedang mengalami kenaikan di berbagai aplikasi Youtube, Instagram, Twitter maupun Spotify, telah menciptakan dunia baru untuk komunikasi dan media Podcast sendiri adalah rangkaian audio/suara berbentuk digital yang bisa diunduh oleh semua pengguna ke perangkat pribadi dan dapat didengarkan pada setiap saat.

Mungkin kita pernah mendengar bahwa siapapun yang berbicara adalah orang yang belajar, dan guru memang harus lebih dominan berbicara di kelas daripada siswa. Dari kedua hal tersebut memiliki kebenaran, dari hal tersebut para guru perlu melihat manfaat media podcast dari guru sendiri maupun yang dihasilkan oleh siswa.

Media Podcast memang menawarkan kesempatan khususnya bagi guru dengan mudah untuk menyiarkan konten audio yang menarik, yang nantinya dapat didengarkan oleh siswa kapan saja dan dimana saja, selain itu bisa memberikan kesempatan siswa untuk mencatat point2 penting yang disampaikan oleh guru dalam podcast tersebut.

Dari seorang siswa juga hanya perlu untuk berlangganan/menmgikuti akun podcasting dari guru yang nantinya setiap saat akan mendapatkan pemberitahuan di ponsel siswa tanpa harus memantau sepanjang waktu, akhirnya guru dapat mendorong konten pendidikan kepada siswa.

Media Podcast jika dipandang dari sisi sekolah, universitas bahkan perguruan tinggi nantinya akan melibatkan siswa dan meningkatkan praktik belajar mengajar. Perlu diketahui pada saat ini banyak lembaga pembelajaran yang telah memasukan podcasting dalam sistem pendidikannya dan hasilnya sangat positif.

Penelitian menunjukan bahwa siswa yang membuat podcast mengalami peningkatan pengetahuan, bahasa, cara berbicara, dan tata bahasa, selain itu siswa akan lebih percara diri dalam penggunaan kosakata yang bersifat semi akademis, memang pembuatan podcast menggabungkan keterlibatan aktif dari siswa yang tinggi sehingga berdampak positif bagi capaian siswa.

Media podcast dikatakan sangat positif ini dikaitkan dengan kemudahan dalam pembuatan dan penggunaan serta bebagai cara podcast dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Manfaat Podcast :

  1. Akses yang fleksibel selama 24 jam,

Podcast bisa diunduh kedalam ponsel pribadi sehingga siswa diberikan akses materi pembelajaran kapanpun, dimanapun tanpa harus bersusah payah, selain itu guru juga bisa membuat podcast yang bersifat privat yaitu hanya memperbolehkan siswanya sendiri.

Selain itu siswa juga dapat menggunakan podcast untuk tujuan referensi atau ketika ingin mempersiapkan diri untuk ujian yang akan datang, dengan cara siswa bisa membuat podcast sendiri tentang materi dan nantinya bisa didengarkan setiap saat dan tidak terbatas tempat manapun.

Selain membantu siswa, podcast juga memberikan akses kepada siswa untuk mempelajari suatu topik dengan kecepatan mereka sendiri yang mana memang keunggulan dari aksesbilitas podcast itu sendiri. Nantinya kemampuan siswa untuk meninjau dan mendengarkan, akan sangat berharga bagi siswa yang memiliki kesulitan belajar.

  1. Kemudahan

Kemudahan dari sisi siswa yaitu tidak perlu perhatian penuh, karena media seperti teks dan video harus fokus dan memperhatikan secara penuh dengan durasi berkisar 30 menit atau  lebih.

Dengan podcast siswa hanya perlu duduk dan mendengarkan, dan juga dapat dilakukan dalam waktu yang luang, atau disela-sela kegiatan yang rutin, seperti pada saat perjalanan di bus, olahraga atau kegiatan keseharian siswa.

  1. Konten yang dibuat siswa

Guru juga bisa memberikan kesempatan kepada para siswanya untuk membuat podcast mereka sendiri, secara berkelompok. Baik sebuah diskusi, presentasi, atau Q&A atau secara mudahnya pertanyaan dan jawaban, yang nantinya guru juga bisa menjadikan podcast sebagai proyek.

Ini juga membantu siswa dalam memiliki aspek pemahaman tentang pendidikannya, sehingga mendorong keterlibatan aktif mempelajari materi pembelajaran, mempertanyakan materi secara diskusi dan juga berlatih dalam komunikasi kepada umum seperti halnya mengajar kepada sesama siswa.

Melalui diskusi, debat nantinya siswa mendapatkan pemahaman baik konten yang ingin dibuat dalam podcast, penggunaan bahasa dan tata bahasa serta pemahaman mendalam tentang bakat dan minatnya suatu saat nanti.

  1. Tidak Terbatas

Tidak terbatas ini lebih mudah dipahami baik seorang guru yaitu ketika seorang siswa yang sedang belajar mengalami gangguan dan menyebabkan melewatkan kelas, itu tidak selalu karena mereka malas mengikuti pembelajaran.

Dengan menawarkan menggunakan media podcast, siswa Bapak/Ibu Guru yang tidak beruntung dan mungkin sedang sakit atau terkendala jaringan secara live sehingga melewatkan sejumlah kelas dapat mengikuti kembali, sebagai gantinya, mengunduh podcast yang sudah disiapkan oleh guru. Dengan begitu siswa bisa kembali belajar dan dapat “mengisi kekosongan”.

Atau bisa jadi seorang guru yang tidak dapat menghadiri kelasnya selama satu atau dua minggu dapat membuat podcast pembelajaran sebagai gantinya. Ini tersedia untuk siswa dan dengan demikian menebus pembelajaran tanpa pengawasan. Dari pada seorang guru harus mengikuti pembelajaran tatap muka secara daring.

  1. Konsisten

Podcast dapat membantu seorang guru untuk memastikan bahwa mereka selalu membahas topik apa pun dengan cara terbaik. Dengan podcast bisa dikatakan bermanfaat dan sangat berguna ketika guru yang bersangkutan mengajar beberapa sesi dari kelas yang sama. Ini membantu guru untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pengalaman yang sama, informasi yang sama, dan pembelajaran secara seragam.

  1. Manfaat bagi Gangguan Mental dan Visual

Mungkin salah satu karakteristik tentang pendidikan kepada anak yang ditawarkan oleh media podcast tentang pendidikan adalah kesempatan untuk belajar melalui panca indra pendengaran.

Bagi generasi siswa saat ini, belajar melalui mendengarkan bisa dikatakan lebih menyenangkan dan bersifat tidak membosankan dari pada dengan cara membaca. Podcast tentang pendidikan yang dibalut dengan cara yang menarik nantinya dapat mendorong siswa yang tidak suka membaca dan tertarik untuk mendengar.

Perlu diketahui juga bagi Bapak/Ibu Guru banyak siswa mungkin berjuang dengan membaca mengalami gangguan mental, seperti Disleksia. Disleksia adalah sebuah gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia 7 hingga 8 tahun.

Gangguan tersebut ditandai dengan kesulitan belajar membaca dengan lancar dan kesulitan dalam memahami meskipun normal atau di atas rata-rata. Media Podcast dapat menjadi bantuan besar dalam hal ini. Podcast berguna ketika di mana siswa memiliki gangguan penglihatan, sehingga metode pembelajaran tradisional menjadi sulit.

Podcast untuk Pendidikan

Menggunakan podcast dalam pembelajaran Bapak/Ibu Guru dapat mendorong siswa untuk terlibat aktif didalam kelas, materi Guru nantinya tidak pernah terlewatkan baik ketika sedang terjadi masalah jaringan yang harus live atau terkendala lokasi ketika mendengarkan podcast.

Maka dari itu podcast adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru untuk siswa.

Tahapan memulai Podcast

  1. Apa yang akan dilakukan didalam podcast
  2. Tentukan sasaran dari podcast itu sendiri
  3. Tentukan alasan harus mendengarkan podcast
  4. Memberikan nama pada podcast yang dibuat
  5. Memperkirakan seberapa lama atau episode yang akan dibuat
  6. Tentukan jadwal rutin dalam upload/release podcast
  7. Memilih judul episode yang bagus
  8. Memilih format podcast (Mp3)
  9. Mempersiapkan peralatan merekam
  10. Mempersiapkan perangkat lunak untuk perekaman dan editing
  11. Membuat script podcast
  12. Memulai rekaman
  13. Mengedit Podcast
  14. Menambahkan backsound musik untuk Podcast lebih menarik
  15. Membuat Cover albumn/art Podcast
  16. Memilih aplikasi yang diinginkan seperti “Spotify”
  17. Meluncurkan, Promosi, Monetisasi,

Sekian pembahasan tentang media podcast terkait manfaat, kelebihan serta cara untuk memulai sebuah podcast, Bapak/Ibu guru dapat memulai dengan cara yang sudah diberikan, selamat mencoba.

Untuk tambahan informasi, artikel, dan Diklat Gratis melalui chanel telegram Wartaguru.id

Penulis : Yoga Pamungkas

Share :

Baca Juga

News

Terbaru, Aturan Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas di Bawah Naungan Kemenag

News

Benarkah Tenaga Honorer Tidak Jadi PPPK Part Time dan Full Time? Pahami Penjelasannya Berdasarkan RUU ASN

News

Wajib Tahu! Isi Terbaru Di Dalam Rapor Pendidikan Indonesia 2023

News

DPR Pastikan RUU ASN Permudah Honorer Menjadi PPPK

News

Cara Mendaftar Akun Pintar Kemenag 2024 Untuk Pelatihan

News

Cara Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka, Simak Penjelasannya

News

Berapa Lama SK PPPK Keluar Setelah Pemberkasan? Berikut Penjelasannya

News

Kabar Baik Guru Non Sertifikasi, PPG Daljab 2024 Sediakan Kuota 1,2 Juta