Home / Media Mengajar / Metode Pembelajaran

Sabtu, 4 Mei 2024 - 21:39 WIB

Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Mewujudkan Pembelajaran Berkualitas

Dibaca 22,728 kali

Platform Merdeka Mengajar (PMM) hadir sebagai wujud nyata komitmen Kemendikbudristek dalam mendukung implementasi Merdeka Belajar. Diluncurkan pada tahun 2021, PMM menjadi platform digital yang menyediakan berbagai sumber belajar dan asesmen untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah.

Artikel ini akan mengupas tuntas cara pemanfaatan PMM pada proses pembelajaran, agar guru dan siswa dapat memaksimalkan platform ini untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

  1. Menemukan Beragam Sumber Belajar Berkualitas

PMM menyediakan berbagai sumber belajar berkualitas yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Sumber belajar tersebut meliputi:

  • Buku Sekolah Elektronik (BSE): BSE digital dapat diakses secara gratis dan mudah oleh guru dan siswa. BSE disajikan dalam format interaktif yang dilengkapi dengan video pembelajaran, animasi, dan latihan soal.
  • Modul Ajar: Modul ajar yang disediakan di PMM dirancang untuk membantu guru dalam menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Modul ajar ini memuat berbagai materi pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, dan asesmen.
  • Video Pembelajaran: PMM menyediakan video pembelajaran yang menarik dan informatif dari berbagai sumber. Video pembelajaran ini dapat digunakan untuk memperkaya materi pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa.
  • Sumber Belajar Lainnya: PMM juga menyediakan berbagai sumber belajar lainnya, seperti infografis, peta mental, dan lembar kerja siswa. Sumber belajar ini dapat digunakan untuk memvariasikan metode pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa.
  1. Melakukan Asesmen untuk Mengukur Kemampuan Siswa

PMM menyediakan berbagai alat asesmen yang dapat digunakan oleh guru untuk mengukur kemampuan siswa. Alat asesmen tersebut meliputi:

  • Asesmen Sumatif: Asesmen sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian belajar siswa di akhir suatu periode pembelajaran. PMM menyediakan berbagai soal asesmen sumatif yang dapat digunakan oleh guru, seperti pilihan ganda, uraian, dan praktik.
  • Asesmen Formatif: Asesmen formatif digunakan untuk mengukur kemajuan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. PMM menyediakan berbagai soal asesmen formatif yang dapat digunakan oleh guru, seperti observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya.
  • Analisis Hasil Asesmen: PMM menyediakan fitur analisis hasil asesmen yang dapat membantu guru dalam memahami kelemahan dan kelebihan siswa. Hasil analisis ini dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran dan memberikan remediasi kepada siswa yang membutuhkan.

Halaman Selanjutnya

Kolaborasi Guru

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

5 Aplikasi Media Pembelajaran Terbaik untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru

Media Mengajar

2 Manfaat Penting Media Pembelajaran dalam Pembelajaran

Media Mengajar

Membentuk Karakter Siswa di Sekolah, Berikut Tips dan Caranya
teaching at the right level

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Teaching At The Right Level Secara Lengkap

Media Mengajar

Discovery Learning, Bisakah Diterapkan pada Pembelajaran Jarak Jauh?

Karya Inovatif

Pembelajaran Inovatif, Macam dan Penerapannya
Aplikasi Power Point

Media Mengajar

Aplikasi Power Point untuk Menunjang Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif

Media Mengajar

Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Classpoint