RPP Literasi dan Numerasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
BERBASIS LITERASI
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
Kompetensi Dasar RPP
- Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
- Melakukan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
- Memahami kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
- Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sderhana dalam bentuk lisan dan tulis.
- Mengenal elemen musik melalui lagu.
- Menirukan elemen musik melalui lagu.
Tujuan Pembelajaran RPP
- Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
- Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
- Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
- Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
- Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.
KEGIATAN PEMBELAJARAN RPP
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan | 1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) | 15
menit |
Kegiatan Inti | A. Ayo Berlatih
B. Ayo Mencoba
C. Ayo Bernyanyi
D. Ayo Bermain Peran
| 140 menit |
Kegiatan | 1. Guru meminta siswa untuk mengutarakan tentang pengalaman belajar yang baru saja didapatkan dengan membuat kesimpulan secara lisan. 2. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi seluruh peserta didik. 3. Peserta didik diminta untuk mencari permasalahan lainnya yang berhubungan dengan topik tema yang telah dipelajari. Hal ini akan dibahas pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
PENILAIAN (ASESMEN) RPP
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala SD/MI,
Nama | Tempat, Hari dan Tanggal Guru Kelas 1
Nama |
LAMPIRAN RPP
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No | Tanggal | Nama Peserta didik | Catatan perilaku | Butir Sikap |
1. | Mengajak teman untuk berdoa | Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan | ||
Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No | Tanggal | Nama Peserta didik | Catatan perilaku | Butir Sikap |
1. | Menjenguk teman yang sakit | Peduli | ||
Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:
Penilaian pengetahuan
- Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas
(guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)
Penilaian keterampilan:
- Penilaian Unjuk Kerja
- Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.
Aspek/ Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup
(2) | Perlu Pendampingan (1) |
Jumlah Kalimat | Jumlah kalimat lebih dari 10 kalimat | Jumlah kalimat 7- 10 kalimat | Jumlah kalimat 4- 6 kalimat | Kurang dari 3 kalimat |
Volume suara | Suara terdengar oleh semua anggota kelas | Suara terdengar hanya sebagian anggota kelas | Suara hanya terdengar oleh guru | Suara tak terdengar |
Isi cerita | Ada pembukaan, bentuk istirahat, bagaimana beristirahat, manafaat istirahat | Hanya memenuhi 3 kriteria | Hanya memenuhi 2 kriteria | Belum mau bercerita |
* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan seterusnya.
- Instrumen Penilaian Kegiatan Bercerita
No | Nama siswa | Kriteria 1 ( √ ) | Kriteria 2 ( √ ) | Kriteria ( √ ) | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | 4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | |||||||||||||
2 | |||||||||||||
3 | |||||||||||||
dst |
T : Terlihat ; BT : Belum Terlihat
Kriteria 1: Banyak kalimat di atas 10 kalimat
Kriteria 2: Suara terdengar
Kriteria 3: Menggunakan bahasa baku
Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian
Kriteria | Baik sekali 4 | Baik 3 | Cukup 2 | Perlu Pendampingan 1 |
1. Kemampuan memperkenalkan diri | Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan | Siswa mampu menyebutkan nama panjang | Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan | Siswa belum mampu memperkenalkan diri |
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan | Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang. | Siswa mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan | Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang | Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan |
3. Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap | Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset) | Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1- 2 kali meleset | Siswa melempar dan menangkap boal, tetapi lebih dari 3 kali meleset | Siswa belum mampu melempar dan menangkap |