Home / Karya Inovatif / Media Mengajar

Minggu, 20 Februari 2022 - 17:08 WIB

Contoh RPP Literasi dan Numerasi Kelas 1 T1 ST1 P1

Dibaca 1,859 kali

RPP dan Numerasi 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

BERBASIS LITERASI

 

     : SD/MI

/ Semester         :  1 /1

Tema                           :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                    :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu              :  1 hari

 

Kompetensi Dasar RPP

  • Mengurutkan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
  • Melakukan kegiatan  sesuai  dengan  aturan  yang  berlaku  dalam  kehidupan  sehari- hari di rumah.
  • Memahami kosakata  dan  ungkapan  perkenalan  diri,  keluarga,  dan  orang-orang  di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
  • Menggunakan kosakata  dan  ungkapan  yang  tepat  untuk  perkenalan  diri,  keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sderhana dalam bentuk  lisan dan tulis.
  • Mengenal elemen musik melalui lagu.
  • Menirukan elemen musik melalui lagu.

 

Tujuan Pembelajaran RPP 

  • Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
  • Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
  • Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
  • Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
  • Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada saat ke luar rumah.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN RPP

KegiatanDeskripsi KegiatanAlokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.    Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. ()

    15

menit

Kegiatan

Inti

A. Ayo Berlatih

  1. Pembelajaran 1 di buku siswa dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.

B. Ayo Mencoba

  1. Pada awal pelajaran, memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
  2. Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya. (Communication)
  3. Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
  4. Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
  5. Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.
  6. Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
  7. Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
  8. Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
  9. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak…biasa dipanggil Ibu/Bapak… kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
  10. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
  11. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.

 

C. Ayo Bernyanyi

  1. Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.

 

 

D. Ayo Bermain Peran

  1. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
  2. Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
  3. Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
  4. Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

 

    140

menit

Kegiatan

1.      Guru meminta siswa untuk mengutarakan tentang pengalaman belajar yang baru saja didapatkan dengan membuat kesimpulan secara lisan.

2.      Guru memberikan apresiasi atas partisipasi seluruh peserta didik.

3.      Peserta didik diminta untuk mencari permasalahan lainnya yang berhubungan dengan topik tema yang telah dipelajari. Hal ini akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

    15

menit

 

PENILAIAN (ASESMEN) RPP

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala SD/MI,

 

 

 

Nama

Tempat, Hari dan Tanggal

Guru Kelas 1

 

 

 

Nama

 

 

LAMPIRAN RPP

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

NoTanggalNama Peserta didikCatatan perilakuButir Sikap
1.Mengajak teman untuk berdoaBerdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

 

Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

NoTanggalNama Peserta didikCatatan perilakuButir Sikap
1.Menjenguk teman yang sakitPeduli

 

Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

 

Penilaian pengetahuan

  • Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas

(guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)

Penilaian :

  • Penilaian Unjuk Kerja
  • Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.
Aspek/ Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Jumlah KalimatJumlah kalimat lebih dari 10 kalimatJumlah kalimat 7- 10 kalimatJumlah kalimat 4- 6 kalimatKurang dari 3 kalimat
Volume suaraSuara terdengar oleh semua anggota kelasSuara terdengar hanya sebagian anggota kelasSuara hanya terdengar oleh guruSuara tak terdengar
Isi ceritaAda pembukaan, bentuk istirahat, bagaimana beristirahat, manafaat istirahatHanya memenuhi 3 kriteriaHanya memenuhi 2 kriteriaBelum mau bercerita

 

 

* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan seterusnya.

  • Instrumen Penilaian Kegiatan Bercerita
NoNama siswaKriteria 1 ( √ )Kriteria 2 ( √ )Kriteria ( √ )
432143214321
1
2
3
dst

 

T : Terlihat ;  BT : Belum Terlihat

Kriteria 1: Banyak kalimat di atas 10 kalimat

Kriteria 2: Suara terdengar

Kriteria 3: Menggunakan bahasa baku

Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian

KriteriaBaik sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan

1

1.      Kemampuan memperkenalkan diriSiswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilanSiswa mampu menyebutkan nama panjangSiswa hanya mampu menyebutkan nama panggilanSiswa belum mampu memperkenalkan diri
2.      Kemampuan menjalankan peraturan pada permainanSiswa mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang.Siswa mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahanSiswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulangSiswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
3.      Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkapSiswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1- 2 kali melesetSiswa melempar dan menangkap boal, tetapi lebih dari 3 kali melesetSiswa belum mampu melempar dan menangkap

 

 

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Jenis Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru

Media Mengajar

Daftar Media Pembelajaran Interaktif yang Mungkin Belum Anda Tahu

Karya Inovatif

Pembelajaran Kooperatif, Model dan Jenis

Karya Inovatif

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran di HP

Karya Inovatif

Guru Idaman dan Panutan Para Siswa, Tips dan Trik

Karya Inovatif

Membuat Best Practice untuk Kenaikan Pangkat

Karya Inovatif

Program Akselerasi, Manfaat dan Kelebihannya

Media Mengajar

Langkah Membuat RPP atau Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Download Sertifikat Pendidikan Gratis