Prinsip Asesmen dalam Kurikulum Merdeka – Peluncuran Kurikulum Merdeka merupakan salah satu solusi dari pemerintah untuk menangani pemulihan pembelajaran di Indonesia. Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terdapat asesmen yang harus diperhatikan.
Asesmen adalah proses mengumpulkan data atau informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Asesmen disebut juga sebagai proses pengolahan dan pengumpulan informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik.
Kaitan Antara Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang harus dituju sehingga keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi tersebut.
Proses pembelajaran dapat diawali dengan proses perencanaan asesmen dan perencanaan pembelajaran. Guru perlu merancang asesmen pada awal pembelajaran, saat pembelajaran, serta pada akhir pembelajaran.
Perencanaan asesmen pada awal pembelajaran sangat diperlukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik dan hasilnya dapat digunakan untuk merancang pembelajaran sesuai dengan tahap capaian belajar peserta didik.
Perencanaan pembelajaran dapat berupa tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, serta asesmen pembelajaran yang disusun dalam bentuk dokumen. Tujuan pembelajaran dapat disusun mulai dari capaian pembelajaran dengan mempertimbangkan khas dan karakteristik satuan pendidikan.
Seorang pendidik juga harus memastikan apakah tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran harus dirancang untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik yang berkualitas, interaktif, dan kontekstual.
Pada tahap ini, guru diharuskan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, inspiratif,menantang, dapat memotivasi peserta didik untuk aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa., kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik.
Halaman Berikutnya
Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen