Home / News

Sabtu, 23 Juli 2022 - 11:25 WIB

Mengenal 5 Prinsip Asesmen dalam Kurikulum Merdeka

Dibaca 12,346 kali

Prinsip Asesmen dalam Kurikulum Merdeka – Peluncuran Kurikulum Merdeka merupakan salah satu dari pemerintah untuk menangani pemulihan di Indonesia. Dalam () terdapat yang harus diperhatikan.

Asesmen adalah mengumpulkan data atau informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar . Asesmen disebut juga sebagai proses pengolahan dan pengumpulan informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik.

Kaitan Antara Pembelajaran dan Asesmen

Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang harus dituju sehingga keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi tersebut.

Proses pembelajaran dapat diawali dengan proses perencanaan asesmen dan perencanaan pembelajaran. Guru perlu merancang asesmen pada awal pembelajaran, saat pembelajaran, serta pada akhir pembelajaran.

Perencanaan asesmen pada awal pembelajaran sangat diperlukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik dan hasilnya dapat digunakan untuk merancang pembelajaran sesuai dengan tahap capaian belajar peserta didik.

Baca Juga:  Pemanfaatan Classpoint untuk Pembelajaran Interaktif

Perencanaan pembelajaran dapat berupa , langkah pembelajaran, serta asesmen pembelajaran yang disusun dalam bentuk dokumen. Tujuan pembelajaran dapat disusun mulai dari dengan mempertimbangkan khas dan karakteristik satuan .

Seorang pendidik juga harus memastikan apakah tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik.  Pelaksanaan pembelajaran harus dirancang untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik yang berkualitas, interaktif, dan kontekstual.

Pada tahap ini, guru diharuskan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, inspiratif,menantang, dapat memotivasi peserta didik untuk aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa., kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik.

Halaman Berikutnya

Kaitan antara Pembelajaran dan Asesmen

Share :

Baca Juga

News

Surat Edaran Verifikasi dan Validasi Tenaga Honorer: Menuju Kejelasan Status Kepegawaian

News

7 Revolusi Pembelajaran yang Dapat Mempengaruhi Pendidikan di Sekolah

News

Resmi, Alur Seleksi PPPK Guru 2023 Setiap Kategori Prioritas P1, P2, P3, P4

News

Ini Contoh Refleksi Pembelajaran yang Perlu Diketahui

News

Tunjangan Tambahan untuk PNS di Bulan Mei 2024: Kabar Gembira atau Hoax?

News

Berikut Daftar Gaji Honorer Se-Indonesia

News

Berikut Ratusan Formasi CASN 2023 Di 8 Instansi Pemerintah! Simak Pendaftarannya!

News

Berikut Besaran Gaji PPPK Guru Setelah Pasca Sanggah
Download Sertifikat Pendidikan Gratis