Home / News / Pelatihan

Minggu, 27 Februari 2022 - 07:01 WIB

Pembelajaran Menarik Berbasis Web

Dibaca 2,018 kali

Pembelajaran menarik di era pandemi menjadi tanangan tersendiri bagi guru. Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi supaya siswa tetap mendapatkan haknya untuk belajar. Untuk menerapkan teknik pembelajaran yang asyik, perkembangan teknologi sekarang ini sudah banyak menghadirkan berbagai macam cara untuk melaksanakan pembelajaran secara online.

dapat disadari bahwa pebelajaran daring sangat berbeda dengan pembelajaran luring. Salah satunya yaitu waktu berinteraksi dengan siswa menjadi sangat terbatas. Sebagai guru yang baik, pasti ingin semua siswa dapat mengikuti pembelajaran secara optimal.

Sebagai seorang guru yang baik, kita harus dapat memanfaatkan teknologi yang sudah sangat mudah didapatkan. Teknologi internet memberikan kemudahan baggi siapapun untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Pembelajaran berbasis web menjadi salah satu solusi pembelajaran onlen yang unik tapi tetap serius. Pembelajaran berbasis web popular dengan sebutan web-based training (WBT) atau kadang disebut Web-based education (WBE) dapat diartikan sebagai aplikasi teknologi web dalam dunia pembelajaran untuk sebuah proses pendidikan.

Bagaimana cara belajar melalui web? Persyaratan utama saat belajar melalui web adalah adanya akses internet sebagai sumber informasi. Selanjutnya mengetahui letak informasi yang ingin kita dapatkan. Unuk mendapatkan pembelajaran melalui web maka seorang guru harus membuat lading informasi terkait pembelajaran tersebut dalam suatu web, agar dengan mudah dapat diakses oleh siswa

Mewujudkan pembelajaran berbasis web bukan sekedar meletakkan materi belajar pada web untuk kemudian diakses melalui komputer. Web digunakan bukan hanya sebagai media alternatif pengganti kertas untuk menyimpan berbagai dokumentasi atau informasi. Web digunakan untuk mendapatkan sisi unggul yang tadi telah diungkap. Keunggulan yang tidak dimiliki media kertas ataupun media lain.

Selain infrastuktur internet, pembelajaran berbasis web memerlukan sebuah model instruksional yang memang dirancang khusus untuk keperluan itu. Sebuah model instruksional merupakan komponen vital yang menentukan keefektifan proses belajar. Apapun model instruksional yang dirancang, interaktivitas antara peserta didik, guru, pihak pendukung dan materi belajar harus mendapatkan perhatian khusus. Ini bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Banyak pihak mencoba menggunakan teknologi web untuk pembelajaran dengan meletakkan materi belajar secara online, lalu menugaskan peserta didik untuk mendapatkan (downloading) materi belajar itu sebagai tugas baca. Setelah itu mereka diminta untuk mengumpulkan laporan, tugas dan lain sebagainya kembali ke guru juga melalui internet. Jika ini dilakukan tentunya tidaklah menimbulkan proses belajar yang optimal.

Kita dapat membayangkan suasana di ruang kelas ketika sebuah “proses belajar” sedang berlangsung. Berapa banyak di antara peserta didik aktif terlibat dalam diskusi dan sesi tanya-jawab? Apa yang mereka lakukan di kelas? Dan tentunya masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain yang sebenarnya kita sudah mengetahui jawabannya. Monitoring proses dalam pembelajaran berbasis web lebih sulit daripada di ruang kelas. Menyediakan bahan belajar online tidak cukup. Diperlukan sebuah desain instruksional sebagai model belajar yang mengundang sejumlah (sama banyaknya dengan kegiatan di ruang kelas) peserta didik untuk terlibat dalam berbagai kegiatan belajar.

Satu hal yang perlu diingat adalah bagaimana teknologi web ini dapat membantu proses belajar. Untuk kepentingan itu materi belajar perlu dikemas berbeda dengan cara penyampaian yang berbeda pula. Maka dari itu merancang sampai dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis web tidak semudah yang dibayangkan.

Pelatihan Membuat Web Pembelajaran Menggunakan WordPress

Pelatihan ini bersertifikat 32JP dengan mengangkat tema “Membuat Web Pembelajaran Menggunakan WordPress”. Akan dilaksanakan pada tanggal 7-16 Maret 2022 pukul 19.00 WIB sampai selesai. Pelatihan ini akan diinstrukturi oleh Bapak Abdul Rohman, S.Pd., M.Kom

Hanya Rp 97.000 bagi non-member e-guru.id

Mengisi formulir pendaftaran pada link berikut (KLIK DISINI)

Fasilitas Peserta

✅ Sertifikat Bernama 32JP
✅ Materi Pelatihan
✅ Undangan dan Rekap Daftar Hadir
✅ Laporan pengembangan diri

Jika anda mengikuti pelatihan ini, maka akan mendapat materi pelatihan:

  1. Pendahuluan dan instalasi wordpress
  2. Pengenalan tema dan layout website
  3. Membuat konten materi belajar
  4. Membuat evaluasi
  5. Project dan penugasan untuk peserta pelatihan

Apabila mengalami kesulitasn pendaftaran bisa menghubungi Narahubung di :
62895332141987 (Admin dewi)

 

Share :

Baca Juga

News

Sri Mulyani Infokan Gaji Dan Tunjangan Hari Raya 2024, Apakah Sesuai Janji?

News

5 Hal yang Harus Diwujudkan dalam Pendidikan Karakter Siswa
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Penting! Tidak Semua Peserta Ikut Seleksi Akademik PPG Daljab 2023

News

Kemdikbud Buka Beasiswa Tut Wuri Handayani Untuk Tendik dan ASN

News

SAH! Uang Lembur PNS Naik Mulai 2024

News

Surat Edaran yang Dirilis Kemdikbud tentang Kemungkinan Guru Honorer Diangkat PPPK Tanpa Tes!
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Cek Sekarang! P4 yang Ikut Tes PPPK Guru 2023 Wajib Tahu, Guru Kategori Ini Dapat Kenaikan Pangkat secara Istimewa
photo by kemdikbud.go.id

News

Kabar Gembira, Nadiem Makarim Naikkan Anggaran Berbagai Tunjangan Guru Hingga Segini!