Home / News

Rabu, 22 Maret 2023 - 14:36 WIB

Penjelasan P5 dalam Kurikulum Merdeka secara Lengkap, Mudah Dipahami

Dibaca 1,133 kali

Penjelasan P5 dalam Kurikulum Merdeka perlu dipahami dengan baik agar tidak salah dalam memahaminya. Sebab, P5 tersebut merupakan salah satu karakter prinsip yang terdapat di dalam kurikulum baru tersebut.

Kurikulum Merdeka sendiri tengah menjadi fokus perbincangan di kalangan masyarakat, terutama para pelaku pendidikan di Indonesia. Salah satu karakteristik penting dari kurikulum tersebut adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

Melalui P5, sistem pendidikan Indonesia bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi dan karakter yang unggul, serta mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan global yang berkelanjutan.

P5 sendiri merupakan projek yang memfokuskan pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui pembelajaran kelompok seputar isu-isu penting dalam konteks nyata di sekitar. Namun, hal yang menjadi fokus utama dalam P5 bukanlah semata-mata hasil atau produk, melainkan proses pembelajaran itu sendiri yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar.

Salah satu tujuan utama dari P5 adalah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

Proyek ini diselenggarakan melalui penanaman karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Dengan begitu, peserta didik dapat menjadi penerus bangsa yang unggul dan produktif sekaligus mampu berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.

Dengan adanya P5 inipeserta didik diharapkan mampu mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, berinovasi, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Mereka juga diharapkan mampu mengenali masalah-masalah sosial yang ada di sekitar mereka dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Selain itu, P5 juga mendorong peserta didik untuk menjadi individu yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.

Sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka, P5 perlu menjadi perhatian serius bagi para pelaku pendidikan di Indonesia, yakni mendidik dengan memfokuskan pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar. Sehingga dapat diharapkan menghasilkan generasi muda yang memiliki daya saing dan mampu berkontribusi dalam membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Oleh karena itu, P5 menjadi salah satu proyek penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Prinsip-prinsip P5 yang Harus Dipahami

P5 tidak hanya memberikan perhatian pada nilai akademik semata dalam proses pendidikan siswa, tetapi juga pada pengembangan karakter peserta didik. Oleh karena itu, P5 memiliki beberapa prinsip yang harus dipahami agar dapat diimplementasikan secara efektif.

Holistik

Prinsip pertama yang harus dipahami dalam P5 adalah prinsip holistik. Prinsip ini memandang semua hal secara keseluruhan dan mendorong peserta didik untuk memahami isu-isu penting dalam konteks yang lebih luas. Hal ini dapat membantu siswa memahami isu secara mendalam serta dapat melihat koneksi yang bermakna antara berbagai komponen dalam pelaksanaan P5.

Kontekstual

Selain itu, P5 juga memiliki prinsip kontekstual. Prinsip ini berkaitan dengan upaya untuk memperkuat kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip ini memotivasi pendidik dan peserta didik untuk menjadikan lingkungan dan realitas kehidupan sebagai bahan utama pembelajaran.

Berpusat pada Peserta Didik
Prinsip berikutnya dalam P5 adalah berpusat pada peserta didik. Prinsip ini menjadikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran aktif dan memperkuat peran pendidik sebagai fasilitator pembelajaran yang memberi kesempatan peserta didik untuk mengeksplorasi potensi diri sesuai dengan kemampuan dan kondisi masing-masing.

Eksploratif

Prinsip eksploratif adalah prinsip yang berhubungan dengan semangat untuk membuka ruang bagi pengembangan diri dan inkuiri, baik yang terstruktur maupun bebas. P5 memiliki wilayah eksplorasi yang luas dan dapat membantu peserta didik memperkuat kemampuan yang telah diperoleh dalam didikan intrakurikuler.

Dengan memahami prinsip-prinsip dalam P5, pendidik dapat mengimplementasikan projek ini secara efektif dan membantu peserta didik dalam pengembangan karakter dan kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi penerus bangsa yang unggul dan produktif.

Manfaat Penerapan P5 dalam Pembelajaran

Penerapan P5 dalam pembelajaran memiliki manfaat yang signifikan bagi siswa, guru, dan satuan pendidikan secara keseluruhan.

Berlanjut di Halaman Berikutnya

Pertama, P5 memberi ruang dan waktu kepada siswa….

Share :

Baca Juga

News

Tidak Masuk Kategori Sertifikasi Tanpa Tes, Berikut Tes yang Harus Diikuti untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik 

News

Info Terbaru, PPPK Masa Kerja 1 Tahun  Dapat Kenaikan Gaji Berkala PPPK Dengan Ketentuan Berikut

News

Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1 Tidak Cair 100 Persen, Berikut Alasannya

News

Resmi Aturan Terbaru Pengisian Riwayat Pendidikan saat Pengisian DRH NI PPPK 2023 Ijazah S1, S2 dan S3

News

Persiapkan Diri, Peluang Terbuka bagi Peserta Cadangan untuk Mengisi Kuota PPG Daljab Angkatan 3 Tahun 2023

News

Kabar Baik! MenPAN RB Siapkan Formasi PPPK 2024 Khusus Bagi Non ASN

News

Ada Informasi Penting Untuk Guru dan Kepsek Dari Kemdikbud

News

Gaji PNS 2024 Naik, Segini Nominal Gapok Golongan IV