Soal PPPK kompetensi teknis menjadi soal yang dipandang atau dianggap sulit bagi teman-teman guru yang sudah pernah mengikuti seleksi PPPK.
Hal ini dikarenakan soal PPPK kompetensi teknis menjadi palang pintu soal-soal tes seleksi PPPK yang lainnya.
Seperti soal kompetensi manajerial, soal sosio kultural dan wawancara yang nantinya juga akan di teskan atau diuji pada peserta seleksi PPPK kategori pelamar umum.
Dalam rangka persiapan penerimaan dan seleksi PPPK ditahun 2022 ini yang rumornya akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.
Berikut ini merupakan kumpulan soal PPPK kompetensi teknis lengkap dengan jawabannya.
Soal PPPK Kompetensi Teknis Part 2
Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian…
a. Beracuan kriteria dan menyeluruh
b. Beracuan kriteria dan Sistematis
c. akuntabel dan menyeluruh
d. objektif dan menyeluruh
Jawaban: A
Hasil pengolahan nilai Bahasa inggris oleh Pak Rudi menampilkan bahwa dari 32 siswa kelas 7 ternyata 28 siswa memperoleh nilai di atas atau mencapai KKM. KKM yang di tetapkan untuk pelajaran Bahasa inggris adalah 70. dan 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM yang ditetapkan.
Dari ilustrasi diatas penilaian yang demikian disebut penilaian…
a. Penilaian acuan Patokan
b. Penilaian acuan norma
c. Penilaian obyektif
d. Penilaian terpadu
e. Penilaian menyeluruh
Jawaban: A
Dalam memberikan nilai pada penilaian harian Pak Aan Guru bahasa Jawa melakukan pengkategorian. Siswa yang skor tesnya dibawah 40 maka mendapat nilai 70, skor antara 40 sampai 50 mendapat nilai 80 dan skor diatas 50 maka diberikan nilai 90. Hal tersebut adalah penilaian jenis…
a. Penilaian acuan Patokan
b. Penilaian acuan norma
c. Penilaian obyektif
d. Penilaian terpadu
e. Penilaian menyeluruh
Jawaban: B
Langkah langkah menulis soal tes uraian sebagai berikut kecuali….
a. Melakukan analisis KI dan KD serta indikator
b. mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap.
c. menyusun kisi-kisi.
d. membuat atau menulis soal
e. Membuat pedoman penskoran.
Jawaban: A
Pernyataan yang betul untuk tes formatif adalah…
a. Nilai maksimum adalah nilai jumlah adanya soal
b. Nilai minimum adalah sejumlah adanya soal
c. nilai maksimum butir soal benar adalah 1
d. Nilai minimum butir soal benar adalah 1
Jawaban: C
Berikut adalah tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam penilaian hasil belajar peserta didik kecuali….
a. Menetapkan Standar ketuntasan belajar yang harus dicapai peserta didik
b. Menetapkan kriteria kenaikan kelas
c. Menetapkan kriteria kelulusan peserta didik
d. Melakukan penilaian akhir dan ujian sekolah
e. Menjadi panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan pendidikan
Jawaban E
Karakteristik silabus pada implementasi penyempurnaan kurikulum 2013 adalah…
a. Berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun Rencana pembelajaran
b. Hanya menyajikan 3 aspek yakni kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran
c. Fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran
d. Disajikan sederhana sehingga mudah
e. Kurang detail sehingga kurang memberikan peluang kreativitas guru
Jawaban: A
Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran tidak lagi dilakukan tatap muka di dalam kelas akan tetapi juga bisa dilakukan secara virtual atau jarak jauh dengan prinsip prinsip pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran model ini berbasis web dan bisa di akses menggunakan jaringan internet dimanapun dan kapanpun siswa berada. Pembelajaran yang demikian disebut pembelajaran…
a. Blended learning
b. E learning
c. Learning by doing
d. Self learning
e. Effisien learning
Jawaban: B
Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran . setelah menyusun indikator pembelajaran lalu menyusun tujuan pembelajaran. Hal ini termuat dalam….
a. Silabus pembelajaran
b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
c. Rencana penilaian pembelajaran
d. Analisis KI dan KD
e. Program semester
Jawaban: B
Silabus dan RPP adalah pedoman bagi guru dalam melaksankan pembelajaran yang berupa rencana pembelajaran. Perbedaan antara silabus dan RPP(rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah ….
a. Silabus berisi kompetensi dasar dan RPP berisi kegiatan belajar yang diarahkan untuk mencapai kompetensi dasar
b. Silabus berasal dari pengembangan standar isi dan standar kompetensi lulusan dan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
c. RPP dibuat oleh setiap guru dan silabus dibuat oleh tim guru
d. RPP dibuat oleh guru sedangkan silabus dibuat oleh satuan pendidikan
e. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil belajar.
Jawaban: A
Halaman Selanjutnya