Home / News / Pelatihan

Jumat, 4 Maret 2022 - 17:20 WIB

Strategi Menuju Pembelajaran Masa Depan? Daftar Segera! Diklat 35JP Merancang Media Pembelajaran Terbaik Masa Depan!

Dibaca 1,253 kali

Pembelajaran di Masa Depan – Sebelum adanya pandemi Covid-19 orang terbiasa dengan mengikuti acara tatap muka. Baik itu bekerja, bersekolah atau mengikuti seminar-seminar.

Misalnya di dunia pendidikan. Sebelum ada pandemic covid-19 siswa harus berangkat ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran di kelas.

Namun setelah ada pandemi Covid-19, semua lapisan masyarakat termasuk siswajuga terbiasa dengan kegiatan yang diadakan secara virtual.

Dengan adanya hal ini, tidak menutup kemungkinan, pembelajaran di masa yang akan datang juga akan mengalami perubahan-perubahan lainnya.

Langkah Menuju Pembelajaran Masa Depan

Jauh sebelum pandemi, yaitu pada 2014, World Innovation Summit for Education (WISE), komunitas internasional yang membahas transformasi pendidikan melalui inovasi,  melakukan survei terkait proyeksi rupa sebuah sekolah pada 2030. Sebanyak 93 persen ahli pendidikan yang disurvei mengatakan, mereka mendukung sekolah yang menerapkan metode inovatif berdasarkan pendekatan-pendekatan pengajaran baru dan proses kreatif.

Para ahli dari komunitas WISE tersebut memprediksi, sekolah akan berkembang menjadi jaringan belajar. Sumber daya dan teknologi akan mendukung jejaring yang saling terkoneksi, berdialog dan bertukar informasi, serta memfasilitasi gerakan menuju pembelajaran kolaboratif.

Menurut survei tersebut, 43 persen percaya bahwa konten pembelajaran akan didominasi oleh platform daring. Sementara hanya 29 persen responden berpendapat, sekolah tradisional adalah sumber utama pengetahuan.

Hasil survei tersebut memperkuat gambaran pembelajaran masa depan, yang pada pelaksanaannya mendapat percepatan dengan adanya pandemi.

Melihat seiring berkembangnya teknologi, tren pembelajaran juga mengalami kemajuan yang pesat. Mulai dari sistem yang berubah hybrid hingga pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif.

Berkat teknologi, kondisi pembelajaran di era pandemi bisa beradaptasi dengan sistem online. Bahkan hingga saat ini, perkembangan pembelajaran online terus mengalami perkembangan mulai dari media hingga perangkat yang digunakan.

Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan terus berkembang dan tren pembelajaran di masa depan akan semakin maju.

Tren Pembelajaran Di Masa Depan

Merangkum dari berbagai sumber berikut beberapa tren pembelajaran di masa depan sebagai berikut :

1. Kolaborasi

Ketika belajar, seseorang perlu melengkapinya dengan orang lain agar semakin banyak sudut pandang. Dengan kata lain, dibutuhkan kolaborasi agar bisa menemukan solusi persoalan yang beragam.

Di masa depan, pembelajaran tentang kolaborasi sangat diperlukan ketimbang saling menggurui. Hal itu karena dikehidupan nyata dibutuhkan kolaborasi untuk saling mendorong kesadaran belajar bersama.

2. Inspirasi Belajar dari Usia Muda

Tidak heran jika pendidikan masa depan akan dimulai dari usia yang semakin muda. Hal ini karena, anak-anak kecil saat ini semakin mudah mengadopsi dan menyimpan informasi serta mengembangkan minat mereka.

Saat anak tumbuh dan mulai menjelajahi dunia sekitar mereka, bisa menggunakan pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, Matematika) untuk mendidik anak-anak dan menginspirasi agar mereka semangat belajar

Kesadaran ini juga akan dibarengi dengan pendekatan pendidikan yang tak lagi mendikte berdasarkan sistem tapi membimbing berdasarkan bakat atau kecenderungan yang mereka sukai.

3. Pembelajaran Online Yang Berkembang Pesat

Pembelajaran Berbasis Online atau e-Learning menjadi tren baru dalam dunia pendidikan selama pandemi. Pembelajaran online pada awalnya dilakukan untuk belajar mandiri, namun saat ini telah berkembang pesat.

Perkembangan tersebut diperkaya sumber belajar yang luas, video menarik dan kurikulum yang melengkapi buku teks yang digunakan siswa di sekolah.

Di masa depan, perkembangan ini akan semakin pesat sehingga bisa menciptakan lingkungan belajar online yang menyenangkan dan menarik serta menyimpan informasi menjadi lebih mudah dipelajari.

Pembelajaran tak lagi hanya fokus pemberian tugas tertulis tapi juga melalui pendekatan terhadap persoalan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menggunakan VR Untuk Belajar

Berkembangnya teknologi juga memungkinkan perangkat belajar siswa di masa depan berubah. Bukan tak mungkin di masa depan siswa akan menggunakan peralatan teknologi yang canggih seperti Virtual Reality (VR).

VR akan menjadi hal yang menarik bagi siswa dan bisa membuat pembelajaran menjadi konkret, tidak lagi abstrak.

VR memungkinkan siswa dapat belajar dalam lingkungan yang sepenuhnya digital. Selain itu, VR juga memungkinkan guru untuk membawa mereka dalam petualangan pembelajaran yang hebat tanpa harus meninggalkan kelas.

Misal saat siswa dapat melihat dengan jelas bagaimana tata surya di semesta dengan melakukan perjalanan melalui ruang angkasa di pesawat ruang angkasa VR, atau untuk menjelajahi seluk-beluk tubuh manusia.

Dengan Teknologi VR, pembelajaran bisa mendorong berkembangnya imajinasi dan proses belajar yang lebih berkualitas.

Tak hanya VR, Teknologi Artificial Intelligence (AI) jika bisa menjadi tren pembelajaran di masa depan. AI bisa mengubah cara guru mengajar, memetakan kebutuhan dan menganalisisnya.

Tentunya hal ini akan mengoptimalkan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Dengan mengadopsi teknologi dalam pembelajaran, pengajar bisa selangkah lebih maju untuk memudahkan proses belajar siswa serta memberikan hasil yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Tantangan Yang Dihadapi Guru Untuk Pembelajaran Masa Depan

       1. Persaingan Pasar Internasional

Saat ini, Indonesia sudah termasuk dalam negara ASEAN yang harus meningkatkan kualitas manusianya. Masyarakat Indonesia harus memiliki ketrampilan serta kualitas yang lebih unggul dari banyak sisi. Dari mana hal tersebut bisa di mulai? Ya, proses pendidikan melalui peran guru.

Disinilah, peran guru akan ikut serta untuk mensukseskan anak bangsa bersaing di pasar Internasional. Semakin berjalannya waktu, akan lebih mudah saling bertukar posisi ataupun pekerjaan dengan bangsa lainnya. Jadi, sudah harus di siapkan sejak hari ini.

      2. Revolusi Industri 4.0

Era digitalisasi saat ini sudah masuk dan berkembang dengan cukup baik. Bahkan, untuk penggunaanya saja sudah dipakai dalam sehari-hari. Kedepan, Industri digital akan lebih dominan dan minatnya menjadi lebih banyak. Terutama untuk menghasilkan Internet of Things. Peluang pendidikan hadir sebagai solusi untuk menghadapi era kedepannya.

Sangat penting, agar para guru dapat memberikan pengalaman ataupun ilmu mengenai digitalisasi. Serta, pihak sekolah dapat memberikan ruang bagi para siswa agar bisa mempelajari hal tersebut. Tentu, masyarakat Indonesia tidak ingin menjadi manusia buta internet bukan? Untuk itu, manfaatkan waktu yang ada dan mulailah dari sekarang untuk mengenalkannya.

      3. Berkembangnya Generasi Muda

Memasuki tahun ini, jumlah penduduk yang usia muda di Indonesia berkisar 40% dari total masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan dari generasi muda berjalan dengan sangat cepat. Karenanya, para guru akan di hadapkan bagaimana menangani perilaku dan karakter yang berbeda.

Memberikan pembelajaran kepada usia muda di era sekarang tentu berbeda pada zaman dahulu. Modernisasi menuntut para guru agar bisa lebih berinovasi dan memberikan pembelajaran yang menarik. Dengan begitu, para siswa akan menjadi paham akan materi yang di sampaikan.

      4. Peningkatan Sumber Daya Manusia

Untuk menghasilkan anak bangsa yang memiliki kualitas terbaik tentu tidaklah mudah. Hal ini merupakan tantangan yang diberikan kepada guru. Jika ingin menjadikan Indonesia bangsa yang besar,maka kualitas manusia harus lebih di tingkatkan. Karena, bangsa yang besar bukan perihal jumlah penduduk ataupun luas wilayah.

Namun, justru kualitas dari manusia yang ada. Dengan manusia yang unggul,maka dapat menciptakan kemajuan dalam negera. Hal seperti ini masih terus di tingkatkan sampai saat ini. Kedepan, peran guru akan menjadi lebih dominan agar tercipta manusia yang lebih berkualitas tinggi.

Demikian Artikel Bagaimana Strategi Menuju Pembelajaran Masa Depan. Semoga bermanfaat!

Bagaimana Strategi Menuju Pembelajaran Masa Depan? Yuk Ikut Diklat di bawah ini :

 

Ingin Tahu Cara Menciptakan Ruang Belajar yang Menarik

Mau Tahu Tips and Tricks Menyiapkan Materi Pembelajaran Kreatif?!

DIKLAT INI HADIR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SELURUH INDONESIA AGAR MENJADI GURU MASA DEPAN

 

DIKLAT 35 Jam Pelajaran !

” Merancang Media Pembelajaran Terbaik Masa Depan untuk Ciptakan Pembelajaran Kreatif ”

(Apresiasi Semua Peserta Akan Mendapatkan Sertifikat 35 Jam pelajaran)

 

Narasumber Spesial :

Fuad Mahfudz, S. Pd.

(Ahli Media Pembelajaran)

 

Pelaksanaan :

18,19, 21, 23 Maret 2022

(Eksklusif Via Zoom Meeting)

 

Fasilitas Workshop :

Sertifikat 35 Jam Pelajaran disertai dengan Nama Lengkap

Seminar Kit (Undangan, e-Book, Dan Daftat Hadir)

Video Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran

Pendampingan Via Telegram

Akses Zoom Meeting

BONUS SPESIAL

Video e-Course

Bonus presale

Video Belajar Beranimasi

Template Virtual Classroom

Contoh Laporan Kegiatan

Contoh Laporan Pengembangan

 

Biaya Pendaftaran :

SPESIAL PRESALE 50 ORANG TERCEPAT

(Periode 4-10 Maret)

 

Biaya Pendaftaran :

Rp. 79.000 (Member e-Guru)

Rp. 99.000 (non Member e-Guru)

 

Penawaran Terbatas! Ayo Daftar Segera!

 

Langkah Pendaftaran :

Melakukan Pembayaran ke No. Rekening BNI 0262640747 a.n Fuad Mahfudz

Mengisi Link Pendaftaran : Klik Disini

Konfrimasi Pembayaran ke Nomor yang tercantum dibawah untuk mendapatkan Link Grup

Narahubung : http://Wa.me/6289530751313 (Admin Velia Larasati)

[Silahkan informasi ini dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia]

Dapatkan informasi mengenai Guru, Diklat, Pendidikan PPG, Kurikulum Terbaru terupdate dengan cara Join channel telegram: https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

News

Kabar Gembira, DPR Memberikan Opsi Khusus Untuk Penyelesaian Tenaga Honorer

News

9 Kategori Tenaga Non ASN Diutamakan Dalam CASN 2023

News

Cek Sekarang! Berikut Tanggal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan 4

News

Sertifikasi Guru Cair 4 Kali Setahun, Ini Rinciannya!

News

Benarkah, Ada RUU Kesehatan Jamin Tunjangan Khusus di Daerah 3T dan Rawan?

News

Terbaru! Terdapat 7 Jenis Cuti PNS Dalam RPP Manajemen ASN

News

Metode Flipped Classroom untuk Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan

News

CAIR! Uang Sebesar Rp 18 Juta Untuk PNS