Home / News

Senin, 16 Mei 2022 - 18:00 WIB

Work From Anywhere (WFA) Apakah Hanya untuk PNS saja?

Dibaca 916 kali

Timbul  terkait teknis kerja atau yang kerap disebut dengan ASN dan Pegawai Negeri Sipil atau yang kerap disebut dengan . Kebijakan tersebut yakni Work From Anywhere atau  untuk PNS dan ASN.
tengah mengkaji penerapan pola Work From Anywhere ini supaya kedepannya PNS serta ASN mampu melaksanakan tugasnya dari mana saja dan di mana saja.
Skema kerja baru ini artinya hal baru yang dijadikan kebijakan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Berikut informasi fakta pemerintah menerapkan sistem WFA untuk PNS dan ASN.

1. Konsep WFA Tidak Berlaku Bagi Semua PNS dan ASN

Namun, konsep pekerjaan ini tidak berlaku bagi seluruh PNS. Work From Anywhere hanya mampu dilakukan oleh posisi tertentu. Alasannya yakni ada beberapa atau formasi pegawai yang harus tetap berada di kantor. Pekerjaan ini hanya dapat dialkukan dengan kehadiran fisik.

Bagi PNS yang bekerja di unit terkait pelayanan publik dan menuntut kehadiran fisik, mereka harus tetap bekerja dari kantor atau work from office (WFO).

Contohnya, yakni petugas di Kementerian Bea dan Cukai yang berjaga di pos batas negeri hingga Satuan Polisi Pamong Praja. Selain itu, awak kapal patroli Bakamla, pengawas perikanan KKP, petugas pemasyarakat Kumham, dan jabatan lain yang memerlukan kehadiran fisik.

2. Rencana Sistem Tersebut Disampaikan oleh

Rencana sistem worf from anywhere (WFA) tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerjasama BKN, Satya Pratama.

Meskipun bekerja dari tempat manapun sesuka hati, PNS wajib mementingkan kinerja dan target yang harus tercapai. 

 3. Aturan WFA Sedang dalam Tahap Pengkajian

Aturan mengenai wacana PNS yang bisa bekerja WFA ini sedang dalam tahap pengkajian. 

Sementara itu, belum diketahui kapan kebijakan ini akan diterapkan. Masyarakat dihimbau untuk mempersiapkan diri dan selalu adaptif terhadap teknologi.

4. Kesempatan Bagi PNS untuk Bekerja dari mana saja

Sistem kerja ini memberi kesempatan bagi PNS untuk bekerja dari mana saja. Munculnya wacana kebijakan itu, tentunya PNS atau ASN tidak boleh menurunkan performa kinerjanya. Sistem ini merupakan sistem yang mengadaptasi penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi.

            Selain itu, sejak pandemi sistem WFA () pun semakin menjadi tren di dunia kerja. Berikut 10 perusahaan Indonesia yang mulai menerapkan WFA secara permanen sebagai referensinya:
1. eFishery
Perusahaan yang bergerak di bidang akuakultur ini disebut sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang menerapkan sistem Work From Anywhere. Sejak memberlakukan WFH ketika pandemi dikatakan jika produktivitas di kantor mereka justru jadi meningkat. Karena itu, mereka memutuskan untuk WFA selamanya.

2. Blibli
Dalam postingannya, situs belanja Blibli juga mengumumkan bahwa pekerja di perusahaan mereka bisa menjalankan tugasnya dari mana saja. Sistem WFA diambil setelah mereka berhasil melewati dan menemukan peningkatan produktivitas saat kebanyakan staf bekerja dari rumah.

3. Stockbit dan Bibit

Baca Juga:  2 Program Capres dan Cawapres Spesial Untuk Para Guru

Kedua startup di bidang finansial itu pun mengambil langkah yang mulai jadi tren di perusahaan Indonesia. Sejak Februari tahun ini, mereka menerapkan sistem remote atau bekerja dari mana pun di luar kantor untuk meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas kerja pegawai. 4. Ajaib
Kebanyakan dari perusahaan yang melakukan WFA adalah startup. Startup lain yang tak menuntut pekerjanya datang ke kantor adalah Ajaib. Seteah melewati masa adaptasi dan percobaan, investasi saham dan reksa dana itu pun menerapkan WFA awal tahun ini.

5. Happy Fresh
Dilihat dari lowongan kerja yang diunggah, aplikasi belanja bahan makan ini juga menerapkan sistem remote. Memberikan fleksibilitas, beberapa pekerja tidak diharuskan datang ke kantor, misalnya saja untuk profesi Backend Engineer.

6. Flip
Aplikasi keuangan lain yang menerapkan WFA adalah Flip. Bisa bekerja di rumah atau di kafe, mulai bulan lalu perusahan yang sudah WFA selama dua tahun tersebut sudah resmi membebaskan para pegawainya. Flip pun memberikan benefit, seperti laptop, meja, kursi, dan biaya internet untuk mendukungnya.

7. Amartha
Amartha yang juga bergerak di bidang fintech memberlakukan WFA mulai 2022. Tapi belum tentu untuk selamanya, perusahaan investasi online itu masih menerapkannya sampai akhir tahun saja. WFA sendiri dinilai bisa meninkgkatkan kestrabilan produktivitas dan kualitas kerja para staf.

8. CoLearn
CoLearn sudah cukup lama memperbolehkan para pegawainya untuk Work From Anywhere. Seperti kebanyakan perusahaan, mereka melihat cara kerja tersebut lebih efektif dalam hal produktivitas dan kesehatan mental pekerjanya. Karena itu, sistem remote dilanjutkan sampai tahun ini.

9. Niagahoster
Baru-baru ini Niagahoster mengumumkan bahwa perusahaan mereka akan menerapkan sistem WFA dalam jangka panjang. Dianggap lebih efisien, perusahaan yang sudah menerapkan WFH sejak pandemi itu akan melanjutkannya paling tidak hingga akhir tahun.

10. Amar Bank
Amar Bank menjadi salah satu perusahaan yang bisa dibilang awal dalam menerapkan WFA. Dikatakan jika bidang korporasi berjalan cukup efektif meski para pekerjanya tidak datang ke kantor. Sistem kerja hybrid (antara WFA dan WFO) sampai saat ini diterapkan untuk meningkatkan kualitas kerja dan kesejahteraan pegawai.

Dapatkan informasi guru terupdate dengan Join channel telegram: https://t.me/wartagurudotid

Bergabunglah bersama kami dengan menjadi member e-Guru.id untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda agar menjadi pendidik yang hebat dan dapatkan berbagai macam pelatihan gratis dan bonus lainnya. Daftarkan diri Anda sekarang juga! https://e-guru.id/member/s/rsj1p3p/form

Penulis: WDS




Share :

Baca Juga

News

Kabar Gembira! Daftar Nominal Uang Saku PNS 2023-2024 Telah Diresmikan

News

Pelajari! Bocoran Isi Revisi UU ASN Tentang Pengangkatan Honorer Menjadi PNS, Ternyata Seperti Ini Syaratnya….

News

Daftar Daerah Yang Sudah Cair Tunjangan Sertifikasi Triwulan 1 per April 2023, Adakah Daerah Anda?

News

Kabar Baik Bagi Honorer Status “P,PR2,PR1,TL” Yang TIDAK LOLOS Dalam PPPK 2023

News

Wacana Kebijakan Penghapusan Guru Honorer 

News

Cara Daftar Akun SNPMB untuk Mengikuti Ujian SNBT 2023

News

Kabar Gembira, Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi, Tunjangan Khusus, & TAMSIL 2024

News

Kenali 5 Tren Pendidikan Yang Banyak Diminati Tahun 2022
Download Sertifikat Pendidikan Gratis