Home / Kompetensi Guru

Kamis, 25 Agustus 2022 - 12:29 WIB

3 Kemampuan Guru yang Harus Dikuasai agar Mengajar Lebih Menyenangkan

Dibaca 1,001 kali

Kemampuan GuruKemampuan guru yang sangat penting untuk mengajar itu adalah terkait komunikasi. Komunikasi seorang guru sangat dibutuhkan ketika mengajar di dalam kelas. Hal ini berfungsi agar pembelajaran yang diberikan oleh guru di kelas itu bisa tersampaikan dengan baik pada murid.

Kemampuan Guru yang memadai untuk pembelajaran itu tentu saja akan memudahkan proses “transfer ilmu” di kelas kepada murid. Hal tersebut karena memiliki ilmu pengetahuan tinggi saja tidak cukup untuk menjadi seorang guru. Di bawah ini sudah ada 3 kemampuan guru yang penting untuk dimiliki jika anda ingin menjadi pengajar yang baik.

Kemampuan Guru dalam Berkomunikasi Menggunakan Gestur

Gestur itu merupakan komunikasi yang harus guru miliki ketika melakukan pengajaran di dalam kelas. Gestur adalah komunikasi non-verbal yang dilakukan dengan gerakan tubuh seperti anggukan kepala, ekspresi wajah, atau acungan jempol. Komunikasi non-verbal ini juga penting demi mendukung komunikasi verbal yang jauh lebih banyak digunakan.

Gestur memang persentasenya lebih sedikit digunakan dibanding komunikasi verbal biasanya. Tetapi, komunikasi yang satu ini justru penting sebagai pelengkap dan penguatan terhadap ekspresi sebuah rasa.

Hal ini dibutuhkan karena mengajar bukan hanya pemberian ilmu satu arah yang monoton. Tetapi di dalam kelas itu harus dinamis serta murid juga berperan aktif. Demi membangun atmosfir seperti itu, maka komunikasi yang digunakan juga tidak bisa sembarangan. Contohnya anda sebagai guru ketika memberi pujian itu akan jauh lebih menyenangkan untuk murid jika sembari mengacungkan jempol atau memberikan tepuk tangan.

Kontak Mata dengan Murid

Eye contact atau kontak mata merupakan satu kemampuan guru yang tak kalah penting untuk dikuasai. Guru itu sama seperti pemateri seminar atau pembawa acara yang harus banyak memperhatikan audiensnya. Dalam profesi guru maka murid lah yang menjadi audiens dan harus diberikan kontak mata.

Tetapi, kontak mata yang dilakukan oleh guru itu tidak harus menatap murid satu-satu dalam waktu yang lama. Guru melakukan kontak mata dengan cara scanning yang mana hanya melihat murid secara keseluruhan dengan sekilas-sekilas saja. Namun, jika ada yang bertanya itu tentu saja fokus kontak mata pada murid itu saja.

Guru Harus Memiliki Energi yang Positif

Energi yang dimiliki oleh guru itu harus positif ketika masuk ke dalam kelas. Jadi jangan sampai pengajar ini membawa masalah pribadinya ke dalam kelas sehingga aura yang terlihat oleh murid itu buruk. Hal ini lah yang disebut sebagai profesionalitas seorang guru. Maka dari itu energi yang dibutuhkan oleh guru ini penting untuk dimiliki.

Memiliki energi yang positif ketika mengajar itu akan menimbulkan kesan menyenangkan, bersemangat belajar, hingga pemberian perhatian lebih kepada murid. Di sisi lain juga murid akan jauh lebih nyaman dan aman ketika melakukan pembelajaran bersama anda.

Demikian pemaparan terkait kemampuan guru yang perlu dimiliki oleh and ajika menjadi seorang pengajar. Sebab tugas guru tidak hanya memberikan ilmu saja, tetapi juga bagaimana caranya agar memberikan tauladan yang baik pada muridnya agar proses belajar bisa berlangsung dengan menyenangkan.

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Merancang Asesmen Rubrik Pencapaian Dalam Projek P5, Disertai Contohnya!

Kompetensi Guru

Yuk Dipahami, Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka!

Kompetensi Guru

Animasi Pembelajaran dengan PowerPoint
pembelajaran berdiferensiasi

Edutainment

Cara Menyusun Praktik Baik Pendidikan Menggunakan Metode STAR

Edutainment

Menggunakan Kahoot untuk Penilaian Formatif Siswa, Panduan Lengkap beserta contohnya

Edutainment

Tutorial Membuat E-Modul Interaktif

Edutainment

Inovasi Pembelajaran Dengan Teknologi Dalam Merdeka Belajar

Edutainment

Cara Membuat Materi Ajar Secara Otomatis Menggunakan Google Brad AI