Home / News

Senin, 9 Januari 2023 - 21:06 WIB

4 Strategi Mengoptimalkan Pelaksanaan P5, Guru Wajib Tahu

Dibaca 5,528 kali

atau merupakan bagian dari merdeka yang diterapkan sebagai kurikulum baru pengganti kurikulum 2013 lalu. Sebagai sesuatu hal yang baru, maka para guru harus mengetahui strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5

Mengutip Ristek Nomor 56/M/2022, projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbentuk proyek untuk menguatkan upaya pencapaian dan sesuai dengan profil pelajar Pancasila berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

Pada P5 terdapat indikator capaian yang harus dicapai oleh siswa. Oleh sebab itu, strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5 perlu diperhatikan agar indikator capaian dapat tercapai. 

Pada pembahasan dibawah ini akan mengulas mengenai strategi mengoptimalkan pelaksanaan P5, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Gambaran pelaksanaan P5

P5 merupakan lintas disiplin ilmu yang berfokus untuk mengamati dan memikirkan untuk permasalahan di lingkungan sekitar. P5 juga bertujuan untuk lebih menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.

Pelaksanaan Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang sedemikian rupa agar terpisah dari intrakurikuler. Sehingga untuk tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek dalam P5 tidak diharuskan berhubungan dengan materi intrakurikuler. 

Baca Juga:  Strategi Pengembangan Proyek Profil Pelajar Pancasila

Satuan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merencanakan dan menyelenggarakan proyek-proyek untuk mengangkat profil pelajar Pancasila.

Prinsip-prinsip projek penguatan profil pelajar pancasila

Prinsip pada P5, antara lain:

  1. Holistik, berarti perancangan kegiatan yang dilakukan secara utuh dalam sebuah tema dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahaminya secara mendalam. 
  2. Kontekstual, berarti upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian oleh peserta didik. 
  3. Berpusat pada peserta didik, berarti skenario pembelajaran mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran, yang aktif mengelola belajarnya secara mandiri, termasuk memiliki kesempatan memilih dan mengusulkan topik projek sesuai minatnya. 
  4. Eksploratif, artinya semangat membuka ruang yang lebar.

Halaman Selanjutnya

Strategi dalam mengoptimalkan pelaksaan P5

Share :

Baca Juga

photo by kemdikbud.go.id

News

Semua Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi ASN Wajib Membuat Perencanaan Di Januari 2024

News

Selamat Sudah Bisa Mengisi DRH & Pemberkasan PPPK Guru 2023, Tips Agar Tidak Gugur Pemberkasan CASN

News

Kementerian PUPR: Melakukan Lelang untuk Pembangunan Rumah Susun untuk ASN

News

Alasan Beberapa Guru Sertifikasi Ini Tidak Berhak Menerima Tunjangan Sertifikasi 2023-2024

Karya Inovatif

Materi Hari Kedua Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka

News

Kabar Gembira! Seleksi CASN Dibuka Kembali 2024, Kebutuhan Formasi 1,3 Juta

News

CAIR! Uang Sebesar Rp 18 Juta Untuk PNS

News

Perubahan Status Info GTK Kode 16 Tunjangan Sertifikasi Guru Segera Cair, ini langkah selanjutnya
Download Sertifikat Pendidikan Gratis