Home / Karya Inovatif / Media Mengajar / Pelatihan

Minggu, 3 April 2022 - 09:09 WIB

Unduh Sertifikat dan Fasilitas Diklat 40JP Karya Inovatif Guru

Dibaca 32,157 kali

Telah dilaksanakan Nasional 40JP: “TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI KARYA INOVATIF GURU”. Pelaksanaan pada tanggal 28-31 maret secara daring melalui live streaming youtube dan live zoom meeting.

Diikuti oleh guru hebat dari berbagai daerah di Indonesia. Bersama dengan pemateri hebat yaitu di hari pertama dengan ibu Desi ariyanti, M.Pd. yang merupakan guru berprestasi dan selaku instruktur . Hari kedua Bersama dengan bapak Abdul Rohman, S.Pd., M.Kom. hari ketiga dibawakan oleh ibu Meri Hartati, S.Pd., Gr dan di hari terakhir dibawakan oleh ibu Dr. Nina Oktarina, S.Pd., M.Pd.

Terimakasih telah mengikuti rangkaian kegiatan diklat selama 4 hari dengan sangat antusias. Semoga ilmu yang telah tersampaikan dapat bermanfaat bagi peserta diklat semua. Berikut ini adalah fasilitas yang peserta diklat dapatkan :

  1. Sertifikat Bernama 40 JP
  2. Undangan dan Rekap Daftar Hadir
  3. Contoh Laporan Pengembangan Diri
  4. Rekap Materi Diklat

Cara unduh Fasilitas Diklat Karya Inovatif Guru

  1. Sebelum mengunduh silahkan siapkan laptop dan koneksi yang stabil. Buka browser anda lalu akses .
  2. Setelah akses anda akan langsung dibawa menuju halaman drive fasilitas.
  3. Drive fasilitas berisi File Materi hari pertama sampai dengan materi hari terakhir, Sertifikat 40JP Maret, Laporan pengembangan diri – maret, rekap daftar hadir dan Surat undangan peserta diklat tingkatkan kualitas pembelajaran.
  4. Anda dapat langsung download dengan klik kanan pada file lalu pilih download.
  5. File akan otomatis terdownload dalam penyimpanan anda.

Cara Unduh Sertifikat Diklat 40JP :

  1. Sebelum mengunduh sertifikat dari pelatihan yang Anda ikuti, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Karena sertifikat dan seluruh fasilitas dari pelatihan hanya bisa diakses atau diunduh ketika jaringan internet Anda memadai.
  2. Silahkan klik link https://linktr.ee/sertifikat_40jp setelah itu anda akan diarahkan pada halaman yang berisi link tutorial download, fasilitas diklat 40JP dan Link Abjad A-Z,
  3. Untuk mengunduh sertifikat perlu diingat Kembali nama yang dicantumkan pada saat pengisian formulir pada waktu .
  4. Pada link diatas tersedia pilihan inisial dari A sampai Z. inisial tersebut bukanlah nama depan yang anda miliki, tetapi huruf pertama yang anda isikan dalam formulir. Baik itu langsung nama, gelar haji, maupun gelar doctor.
  5. Waktu mencari sertifikat gunakan laptop untuk memudahkan pencarian nama.
  6. Pastikan koneksi yang anda gunakan lancar.
  7. Untuk lebih cepat mencarinya, silahkan gunakan “CTRL + F” kemudian tuliskan nama yang di cari, maka secara otomatis akan memunculkan nama tersebut.
  8. Klik 2 kali pada nama sertifikat. Lalu klik tombol unduh yang ada pada pojok kanan atas, disamping tombol titik tiga.
  9. Maka akan otomatis terunduh dan tersimpan dalam penyimpanan perangkat anda.

Untuk perbaikan kami dan acara berikutnya, dimohon peserta yang telah mengikuti diklat dapat  mengisi form evaluasi dibawah .

Revisi Sertifikat Diklat

Bagi bapak/ibu yang sudah cek sertifikat tetapi tidak muncul namanya atau terdapat kesalahan pada nama ataupun instansi , silahkan dapat mengisi form revisi sertifikat dibawah ini:

https://link.e-guru.id/susulan_40jp

⚠️ Batas pengisian revisi tanggal  6 April 2022

⚠️ Setelah mengisi form revisi sertifikat di akhir respon ada link spreadsheet, cek sertifikat revisi melalui link tersebut

Review Materi Diklat Karya Inovatif Guru

Pertemuan dilakukan selama 4 hari dengan 4 sub judul yang berbeda setiap harinya diantaranya adalah:

  1. Potensi Karya Inovatif Guru Dalam Menunjang Pembelajaran

Pendidikan merupakan upaya dari semua pihak dalam mengembangkan potensi peserta didik sesuai karakter masing – masing sehingga mampu beradaptasi dengan zaman yang semakin berkembang. Guru sebagai ujung tombak Pendidikan diharapkan mampu memberikan pelayanan yang professional.

Baca Juga:  Pembuatan Animasi Pembelajaran PowerPoint Kreatif

Oleh karena itu, pengembangan dan dukungan terhadap prodesi keguruan diperlukan agar guru senantiasa kreatif dan inovatif dalam pembelajaran.

Dengan inovasi melalui berbagai karya inovatif maupun praktik baik dapat berdampak positif terhadap proses pembelajaran serta kulaitas capaian pembelajaran peserta didik.

  1. Kolaborasi siswa dan guru dalam membuat project base learning

Project base learning () atau Pembelajaran berbasis proyek adalah yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Peserta didik dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

PJBL ini tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau outputnya saja, tetapi juga pada proses bagaimana siswa  memecahkan masalah yang pada akhirnya dapat menghasilkan suatu produk.

Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan berbagai pengalaman  berharga dengan berpartisipasi aktif dalam pekerjaan proyek. Tentu saja ini  lebih sulit dari pada hanya duduk diam dan mendengarkan penjelasan guru atau membaca buku lalu mengerjakan kuis atau tes.

  1. Solusi Meningkatkan Potensi Siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa. Karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda, guru harus mampu memetakan siswa sesuai dengan kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, dalam meningkatkan potensi peserta didik guru tidak bisa memberi perlakuan yang sama. Guru perlu memikirkan strategi pembelajaran yang cocok, karena dalam pembelajaran berdiferensiasi bukan berarti memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid.

Ciri-ciri atau kerekteristik pembelajaran berdiferensiasi antara lain; lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid, dan manajemen kelas efektif.

  1. Inovasi Penilaian Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Kegiatan pembelajaran reguler untuk setiap mata pelajaran dalam Kurikulum Merdeka mengarah pada capaian pembelajaran dan profil pelajar Pancasila. dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila diselenggarakan untuk menguatkan upaya pencapaian profil pelajar Pancasila.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila diatur sebagai berikut: 1) dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah; 2) tidak diarahkan untuk mencapai target CP tertentu, sehingga tidak terikat pada mata pelajaran; 3) merupakan kegiatan pembelajatan yang lebih fleksibel, tidak terpaku pada jadwal belajar seperti kegiatan reguler, serta lebih banyak melibatkan lingkungan dan masyarakat sekitar dibandingkan pembelajaran reguler; dan 4) peserta didik berperan besar dalam menentukan strategi dan aktivitas projeknya, sementara guru atau pendidik berperan sebagai fasilitator.

DAFTAR MEMBERSHIP EGURUID SEKARANG JUGA

e-Guru.id adalah sebuah komunitas dengan sistem membership yang menyediakan berbagai macam kegiatan seperti Pelatihan, Workshop, Seminar dan lain sebagainya dengan tujuan mengembangkan keterampilan softskill maupun hardskill

Link pendaftaran Membership:

Membership Semesteran

Member Tahunan

Member Life time (seumur hidup)

Berbagai pelatihan dapat diikuti anda dapat melihat judul peltihan tiap bulannya melalui link : https://t.me/penunjangpendidikan Disamping itu, e-guru.id juga menyelenggarakan seminar online gratis yang bisa diikuti oleh siapa saja, silahkan bergabung dengan grup telegram Free Seminar e-guru.id melalui tautan berikut: linktr.ee/grupinfowebinar

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Pembelajaran Menarik Menggunakan Video Pembelajaran Interaktif

Media Mengajar

Rumah Belajar, Aplikasi Pendukung Pembelajaran Online

Pelatihan

Pengertian Model Pembelajaran Inkuiri

Pelatihan

Manfaat Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran

News

Mendownload Sertifikat dan Fasilitas Diklat Gratis KTI Inobel Guru Juara

News

Pembelajaran Menarik Berbasis Web

Pelatihan

Pentingnya Implementasi Asesmen dalam Kurikulum Merdeka

News

Mengenal Aplikasi Sipendi dan Manfaatnya Bagi Guru PAUD/TK/KB
Download Sertifikat Pendidikan Gratis