Home / News

Selasa, 28 Juni 2022 - 21:51 WIB

Aktivasi Akun Pembelajaran sebagai Akses Masuk Platform Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan

Dibaca 1,092 kali

Aktivasi akun pembelajaran sebagai akses masuk platform rapor pendidikan bagi satuan pendidikan penting adanya.

Hal ini dikarenakan rapor pendidikan nantinya akan digunakan oleh seluruh instansi pendidikan dalam format rapor.

Selain itu juga dalam rangka mendukung upaya visualisasi rangkaian indikator evaluasi sistem pendidikan kepada satuan pendidikan dan pemerintah daerah.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang mengembangkan Platform Rapor Pendidikan. Rapor pendidikan yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Platform Rapor Pendidikan dapat diakses hanya dengan menggunakan Akun Pembelajaran pada laman https://www.belajar.id.

Berkenaan dengan aktivasi akun pembelajaran tersebut kemdikbud mengeluarkan surat edaran nomor 2267/C/TI.01.00/2022 tentang Aktivasi Akun Pembelajaran sebagai Akses Masuk Platform Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan.

Dalam surat aktivasi akun pembelajaran tersebut disampaikan beberapa point penting yang harus dilaksanakan oleh satuan pendidikan.

Point Penting Surat Edaran Aktivasi Akun Pembelajaran

  1. melakukan sosialisasi kepada satuan pendidikan di wilayah binaan Saudara terkait penggunaan Akun Pembelajaran dan akses Platform Rapor Pendidikan; dan
  2. menghimbau satuan pendidikan di wilayan binaan Saudara untuk melakukan aktivasi Akun Pembelajaran pada laman https://www.belajar.id. Tata cara pengaktifan Akun Pembelajaran kepala sekolah, operator sekolah, dan pendidik dapat mengacu kepada Lampiran Surat Edaran ini. Aktivasi Akun Pembelajaran diharapkan dapat segera diselesaikan agar satuan pendidikan dapat mengakses Platform Rapor Pendidikan.

Dalam hal satuan pendidikan membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut mengenai aktivasi Akun Pembelajaran, satuan pendidikan dapat mengakses dan menghubungi layanan bantuan dengan menekan tombol Butuh Bantuan pada laman https://www.belajar.id.

 

Lalu bagaimana langkah-langkah melakukan aktivasi akun pembelajaran, berikut ini merupakan langkah-langkah aktivasi akun pembelajaran.

Langkah-langkah Aktivasi Akun Pembelajaran

  1. Buka laman https://belajar.id/ untuk memeriksa ketersediaan akun dengan cara masukan data diri seperti Nama Lengkap, Jenis Pengguna, Tanggal Lahir, dan NPSN.
  2. Untuk mendapatkan detail akun pembelajaran, klik ‘Kirim detail akun ke email pribadi’.
  3. Periksa kotak masuk di email pribadi yang terdaftar. Kamu akan mendapat identitas pengguna (user ID) dan kata sandi (password) akun pembelajaran.
  4. Untuk mengaktifkan akun pembelajaran kamu, buka laman https://mail.google.com/. Kemudian masuk dengan identitas pengguna (user ID), dan kata sandi yang dikirim melalui email pribadi kamu sebelumnya.
  5. Setelah berhasil masuk dengan Akun Pembelajaran, pastikan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian klik ‘Terima’.
  6. Kamu akan diarahkan untuk mengganti kata sandi. Kamu bisa masukkan kata sandi baru yang mudah diingat dengan minimum 8 karakter.
  7. Setelah mengganti kata sandi, kamu akan masuk ke dalam email Akun Pembelajaran. Dengan demikian, Akun Pembelajaran sudah aktif dan siap digunakan.

 

Selanjutnya yakni layanan-layanan yang bisa di akses ketika sudah melakukan aktivasi akun pembelajaran.

Layanan Aktivasi Pembelajaran

Panggilan Video

Anda bisa melakukan kelas interaktif secara daring (online) dalam bentuk video dan suara (audio) yang dapat direkam guru.

Aplikasi Merdeka Mengajar

Mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk kompetensi, serta berkarya untuk tingkatkan menginspirasi rekan sejawat.

Penyimpanan Daring

Kamu tak perlu khawatir kehabisan penyimpanan karena di akun pembelajaran bisa untuk mencadangkan file, menyimpan file, membagikan file dan mengerjakan file secara bersama-sama melalui perangkat android, tablet maupun komputer dari manapun secara online.

Kelas Daring

Diskusi topik-topik dengan komunikasi secara dua arah, permudah pembagian dan pengumpulan tugas murid, melakukan penilaian dan arsip nilai, dan membuat jadwal kelas.

Chromebook

Salah satu jenis komputer baru yang dirancang khusus untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Presentasi Daring

Memudahkan presentasi karena bisa dibagikan dan dikerjakan bersama menggunakan akun pebelajaran.

Formulir dan Dokumen Daring

Bisa membuat kuis, soal ulangan serta mengerjakan file secara kolaborasi.

Pengolah Angka

Memudahkan untuk membuat tabel, perhitungan sederhana, dan pengolahan data.

 

Halaman Selanjutnya

Aktivasi akun pembelajaran…

Share :

Baca Juga

News

Guru Generasi Alpha, Apa Yang Harus Dilakukan? Simak Penjelasannya

News

SAH! Pemerintah Berikan Tambahan Tunjangan Guru dan Kepsek 2024

News

Segera Daftar! Pelatihan Bersertifikat 40JP : Pemanfaatan Classpoint Untuk Pembelajaran

News

Ribuan ASN PPPK Gugur! Formasi Tenaga Teknis Tetap Kosong

News

Jumlah Tenaga Honorer RI Usai MenPAN-RB Buka Data Baru, Ternyata Jumlahnya Segini

News

Segini Besaran Nominal Gaji Pensiunan PNS Bulan September 2023

News

Informasi Terbaru KIP Kuliah 2024, Simak Selengkapnya

News

Selamat! ASN Pindah IKN Akan Peroleh Hadiah Dari Presiden