Home / News

Jumat, 10 Maret 2023 - 11:26 WIB

Alasan Seorang Guru Wajib Meng-upgrade Diri Dalam Mengajar

Dibaca 375 kali

 

Cara mengajar guru yang tidak membosankan akan menjadi hal yang menarik bagi siswa. Mereka akan merasa nyaman dan tidak boring saat jam pelajaran. Terlebih bagi pelajaran yang sulit, seperti matematika, fisika atau kimia. Seorang guru juga memiliki tanggung jawab untuk memotivasi siswa sehingga tetap mengikuti pelajaran dengan baik dan semangat. Hal tersebut dapat dilakukan jika seorang guru meng-upgrade diri secara kontinyu.

Guru bukan hanya dituntut menguasai bidang keilmuannya yang diajarkan melainkan cerdas juga dalam penyampaian materi pada siswa. Seorang guru yang kreatif pasti memiliki cara tersendiri dalam proses penyampaian materi. Berikut ini adalalah alasan mengapa wajib seorang guru meng-upgrade diri dalam mengajar!

1. Ilmu pengetahuan dan teknologi

Kita tahu bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi makin berkembang. Hal tersebut merupakan hal positif sekaligus tantangan bagi guru. Siswa yang diajar juga akan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sehingga jika seorang guru tidak mengikuti perkembangan, bukan tidak mungkin para siswa akan merasa sudah bisa dan tak butuh guru. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seyogyanya dimanfaatkan oleh guru untuk mencari inspirasi cara mengajar yang efisien dan menyenangkan aerta sarana belajar yang menarik.

2. Kualitas Siswa ditentukan dari Kualitas Guru

Tugas guru memang cukup berat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak hal yang menjadi sebab seorang siswa menjadi cerdas. Salah satunya adalah adanya pendidik atau guru yang memiliki kualitas bagus.

Kualitas seorang guru akan berbanding lurus dengan kualitas anak didiknya. Sehingga guru yang cerdas dan kreatif akan memiliki siswa yang cerdas dan kreatif pula. Berbeda dengan guru yang tidak kreatif, maka siswa akan merasa malas untuk belajar saat mapelnya.

3. Guru Adalah Tokoh Utama Pendidikan

Sebaik apapun kurikulum dan sekolahnya, lagi-lagi seorang guru adalah tokoh utama dalam pendidikan. Bila guru tidak memiliki penguasaan materi dan upgrade materi dengan baik tentu siswa akan ketinggalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. Bukan hanya itu, seorang guru juga merupakan teladan bagi anak didiknya.

Sehingga karakter yang baik harus melekat pada diri guru dan bisa menjadi panutan bagi anak didiknya. Inilah hal paling berat dari tugas seorang guru. Tanggung jawabnya bukan hanya mencerdaskan bangsa namun menanamkan karakter yang baik sehingga mewujudkan anak bangsa yang bermoral.

Halaman Selanjutnya….

4. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa….

Share :

Baca Juga

News

5 Penentu Nasib P1 Tanpa Adanya Formasi Penempatan PPPK Guru Untuk Tahun 2023, Apa Saja Indikatornya?

News

Pentingnya Motivasi Dalam Belajar

News

Pemerintah Tidak Bisa Angkat Semua Menjadi Guru ASN

News

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Guru Dengan Platform Merdeka Mengajar? Berikut Penjelasannya

News

Kemendikbud Menghimbau Pengisian Survei untuk Kepala Sekolah dan Guru

News

Struktur Kurikulum Prototype Paud Tahun 2022

News

Peserta Seleksi PPPK Guru 2023 Ini Bebas Tes, Langsung Dapat Nilai Tertinggi dengan Ketentuan Berikut

News

Wajib Tau! Sederet Kategori Honorer Ini Ditolak Aplikasi Pendataan Non ASN 2023