Home / News

Senin, 28 Februari 2022 - 23:10 WIB

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Guru Dengan Platform Merdeka Mengajar? Berikut Penjelasannya

Dibaca 1,189 kali

Platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan pada Merdeka Belajar Episode Kelima Belas, Jumat (11/2/2022), merupakan platform edukasi yang di dalamnya terdapat tiga fungsi utama, yaitu membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya. Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Yaswardi mengatakan visi dari Platform Merdeka Mengajar yaitu menciptakan ekosistem pembelajaran yang kolaboratif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan iklim kerja yang positif.

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang mendukung guru agar menjadi lebih baik, meningkatkan kompetensi, dan berkembang secara karier. Platform Merdeka Mengajar juga dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.

Untuk mengaksesnya, guru menggunakan menggunakan akun pembelajaran belajar.id melalu aplikasi di handphone dengan mengunduh aplikasi di Google Play Store atau akses melalui halaman website guru.kemdikbud.go.id

Ada beberapa jenis kegiatan yang bisa dilakukan guru dengan Platform Merdeka Mengajar seperti berikut ini :

Mengajar

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan kurikulum merdeka. Guru dapat mengakses Perangkat Ajar yang saat ini tersedia lebih dari 2.000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Mengapa menggunakan produk Perangkat Ajar? Karena melalui produk perangkat ajar maka guru dapat memperoleh inspirasi materi pengajaran sesuai dengan mata pelajaran dan fase tertentu yang menjadi bagiannya. Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran agar guru dapat menavigasi proses pembelajaran sesuai kebutuhannya.

Selain itu guru juga mendapatkan Asesmen Murid yaitu beragam paket soal yang bisa dibagikan secara daring yang dapat membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Analisis diagnostik dapat dilakukan oleh guru di awal tahun pembelajaran. Tujuannya agar dapat digunakan untuk melakukan perencanaan lebih lanjut terkait metode pembelajaran berikutnya dengan dukungan dan rekomendasi perangkat ajar. Dalam produk Asesmen Murid, beragam paket soal yang ada dapat dibagikan secara dalam jaringan atau luar jaringan. Di samping itu, tersedia juga fitur pemeriksaan otomatis dan analisis yang mendalam.

Belajar

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapanpun dan dimanapun. Program pelatihan yang diadakan juga dibuat oleh para ahli dan terdiri dari beragam topik dan materi yang singkat, relevan serta praktikal sehingga dapat dipelajari dimana pun kapan pun. pelatihan bersifat mandiri sehingga guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Selain itu  guru bisa mendapatkan beragam video inspiratif dari sesama guru untuk mengembangkan diri.

Berkarya

Platform Merdeka Mengajar mendorong untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik. Pada fitur Bukti Karya Saya, guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi. Karya yang dimaksud bisa dalam bentuk proses pembelajaran, pengembangan profesi maupun prestasi yang dicapai.

Demikian artikel untuk pembahasan mengenai apa saja yang bisa dilakukan guru dengan Platform Merdeka Mengajar. Dengan adanya platform ini aktivitas guru dapat lebih efisien dan maksimal dalam mengajar di sekolah. Guru juga dapat termotivasi dengan karya inspiratif dari guru lain dalam mengajar di masa pandemi seperi sekarang ini.

Penulis : Sismono

Share :

Baca Juga

News

Tips Mengajar Efektif pada Kurikulum Merdeka
Guru Gagal Sertifkasi

News

Surat Menpan RB Prihal Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

News

Segini Besaran Nominal Gaji Pensiunan PNS Bulan September 2023

News

Penting! Waktu Pendaftaran PPPK Guru Pelamar Khusus dan Umum Berbeda

News

Alasan Kenapa Guru Wajib Pakai Platform Merdeka Mengajar

News

Berikut Besaran Gaji PPPK Yang Berlaku Sekarang

News

Terbaru! Terdapat 7 Jenis Cuti PNS Dalam RPP Manajemen ASN

News

MenPAN-RB Resmi Hapus Pegawai Honorer Bulan November