Home / News

Senin, 28 November 2022 - 14:00 WIB

Berikut Panduan Penilaian Kesesuaian Seleksi Guru PPPK 2022

Dibaca 814 kali

Panduan Penilaian Kesesuaian – Seleksi Guru PPPK 2022 saat ini telah masuk pada tahap penilaian kesesuaian. Penilaian tersebut dilakukan oleh Pengawas sekolah, Kepala Sekolah dan Guru Senior.

Jika berdasarkan jadwal awal yang telah disepakati, penilaian kesesuaian seleksi guru PPPK 2022 untuk pelamar kategori prioritas 2 (P2) dan prioritas 3 (P3) sudah mulai berjalan sejak Minggu (27/11/2022) hingga hari ini Senin (28/11/2022).

Ada beberapa tahap yang akan dilalui oleh peserta pada tahapan ini. Setelah mendapatkan penilaian kesesuaian kemarin dan hari ini, besok tanggal 29 November 2022 pelamar akan dinilai oleh dinas pendidikan dan BKPSDM. Tahapan seleksi ini akan berlangsung hing 3 Desember 2022.

Unsur-unsur yang mengisi tim penilai tertuang dakam regulasi Kemendikbudristek Nomor 349/2022. Regulasi tersebut menyebutkan Tim Penilai adalah Kepala Sekolah, Guru Senior, Pengawas Sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan BKPSDM Kab/Kota.

Panduan Penilaian Kesesuaian Seleksi Guru PPPK 2022

Pelaksanaan penilaiaan kesesuaian seleksi guru PPPK 2022 sudah berlangsung secara digital. Penialaian akan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM).

Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang dapat dipakai untuk penilaian kesesuaian dapat anda akses melalui tautan ini

Mengutip dari laman resmi gurupppk.kemendikbud.go.id ada beberapa langkah yang akan dilalui penialai, berikut panduan lengkapnya.

Sisitem Informasi Manajemen berbentu website, sehingga tdak memerlukan komputer dengan spesifikasi khusus untuk dapat mengaksesnya.

Namun agar dapat menggunakan website dengan baik, minimal komputer yang digunakan berprosesor Intel COre i3 dengan RAM 2 GB.

Untuk dapat mengakses website dengan lebih ringan, spesifikasi komputer yang direkomendasikan adalah prosesor Intel Core i5 dengan RAM 4 GB.

Spesifikasi komputer diatas adalah rekomendasi agar saat mengakses website bisa cepat akan tetapi cepat lambatnya pengaksesan website juga ditentukan oleh koneksi internet anda.

Rekomendasi kecepatan internet minimal agar mudah saat mengakses website adalah 3 Kbps hingga 10 mbps.

Untuk mengakses website penialain kesesuaian dianjurkan untuk menggunakan browser Google Chrome.

Akun Penilaian Kesesuaian Seleksi Guru PPPK 2022

  1. Dinas Pendidikan
    Dalam konteks seleksi penilaian kesesuaiaan Dinas Pendidikan berperan membuat dan mencetak akun pengawas. Dinas Pendidikan juga berwenang untuk memberi tugas pada sekolah binaan dan memberikan penilaian kinerja pada penilaiaan kesesuaian.
  2. Badan Kepegawaiaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)
    BKPSDM memiliki peran yang hampir sama dengen Dinas Pendidikan daerah. BKPSDM berperan dalam menilai kinerja pada penilaiaan kesesuaian.
  3. Pengawas Sekolah
    Tugas pokok Pengawas Sekolah pada tahap penilaian kesesuaian seleksi guru PPPK 2022 adalah membuatkan akun kepala sekolah dan membuatkan akun guru senior.Pengawas sekolah juga dapat mengambil peran sebagai penilai kompetensi dan kinerja pelamar apabila pada saat berlangsung seleksi ada sekolah yang tidak memiliki Kepala Sekolah.
  4. Kepala Sekolah
    Saat penilaian kesesuian berlangsung, kepala sekolah berperan dalam menugaskan guru senior dan membuat aku nuntuk guru senior. Disamping itu Kepala Sekolah juga berwenang menilai kompetensi dan kinerja pelamar.
  5. Guru Senior
    Mereka berperan dalam memberikan penilaian kepada pelamar baik kategori P2 maupun kategori P3. Guru senior akan menilai aspek kompetensi dan kinerja pelamar pada tahap penialaian kesusian ini.

Halaman Selanjutnya

Penilaian Oleh Guru Senior dan Kepala Sekolah 

Share :

Baca Juga

News

Kabar Terbaru RUU Sisdiknas : Tidak Jadi Masuk Prolegnas 2023?

News

Breaking News! BKN Tetapkan Batas Usia Pensiun PNS Terbaru, Cek Informasinya

News

Nilai Ambang Batas PPPK Bakal Diubah? Berikut Informasinya

Karya Inovatif

Pendidikan Anti Narkoba, Selamatkan Generasi Bangsa

News

Guru Sertifikasi Wajib Tahu 8 Kode Info GTK 2023

News

Simak Syarat dan Kriteria agar Sekolah Menerima Bantuan Dana BOS !!!

News

Pendidik PAUD Non Formal, Profesi Yang Diremehkan Banyak Orang

News

PPG Prajab Gelombang 3 Dibuka, Berikut Persyaratan dan Ketentuan Lengkapnya