Home / Edutainment / News

Sabtu, 9 April 2022 - 15:08 WIB

Cari Tahu Pengajar Praktik Program Pendidikan Guru Penggerak

Dibaca 21,890 kali

Apa Itu Pengajar Praktik Guru Penggerak? Pengajar Praktik Guru Penggerak adalah bagian dari Program Pendidikan Guru bersama dengan instruktur mengemudi dan fasilitator. Tugas utamanya adalah mendukung instruktur mengemudi dalam proses pelatihan instruktur motivasi. Pelatihan praktis juga berfungsi sebagai orang untuk berbagi dan mengevaluasi praktik terbaik dan memberikan umpan balik kepada instruktur mengemudi di masa depan selama sembilan bulan pelatihan.

Tugas dari seorang pengajar praktik adalah memberikan pelatihan langsung, mengevaluasi, memberikan saran, dan masuk ke dalam proses pelatihan instruktur mengemudi. Alasan di balik keputusan menjadi guru praktik adalah kecintaannya untuk berbagi ilmu melalui pelatihan.

Guru penggerak bukan sekadar syarat kenaikan karier dan jabatan, guru penggerak sebenarnya guru yang konsisten berikhtiar menciptakan perubahan dan budaya positif di lingkungan sekolahnya, lebih jauh lagi lingkungan komunitas, masyarakat, bahkan Negara demi tercapai tujuan pendiikan dan mewujudkan siswa berkarakter.

Manfaat kedua dari mengikuti program mobilisasi guru bagi pendidik adalah untuk meningkatkan kemampuan Anda sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pendidik dapat meningkatkan kinerja diri mereka dengan menjadi guru sejati yang berpusat pada siswa.

Siapa saja yang berhak mendaftar sebagai Praktik Mengajar ?

 Yang berhak mendaftar sebagai seorang Praktik mengajar adalah :

  • Guru
  • Kepala Sekolah
  • Pengawas Sekolah
  • Praktisi/Akademisi/Konsultan Pendidikan

Apa Saja Kriteria Seorang Pengajar Praktik?

Berikut ini merupakan kriteria yang disyaratkan jika Anda ingin menjadi Pengajar Praktik.

Kriteria Umum

  • Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat PPG, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
  • Guru, kepala sekolah, atau pengiat pendidikan yang telah menerapkan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership)
  • Mendapat izin dari pimpinan/ atasan tempat bekerja. Jika merupakan praktisi/konsultan individu (tidak perlu surat izin)
  • Bersedia mendampingi peserta selama proses pelatihan dan Pendampingan selama 9 bulan.

Kriteria Khusus

Jika Anda Seorang Guru, Berikut Syarat Khususnya :

  • Minimal pendidikan S1/D4
  • Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun
  • Memiliki sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun
  • Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid
  • Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan program
  • Memiliki pengalaman kepemimpinan (Contoh: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua MGMP/KKG, Asosiasi Guru, koordinator komunitas, ketua organisasi pendidikan lainnya, dll)

 Jika Anda Seorang Kepala Sekolah, berikut Syarat Khususnya :

  • Minimal pendidikan S1/D4
  • Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun
  • Memiliki sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun
  • Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid
  • Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan program
  • Memiliki pengalaman kepemimpinan (Contoh: Ketua MGMP/KKG, MKKS, MKPS, Asosiasi Guru, koordinator komunitas, ketua organisasi pendidikan lainnya, dll)

Jika Anda Seorang Pengawas Sekolah, Berikut Syarat Khususnya :

  • Minimal pendidikan S1/D4
  • Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun
  • Memiliki sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun
  • Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid
  • Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun
  • Berkomitmen untuk menyelesaikan program
  • Memiliki pengalaman kepemimpinan (contoh: Ketua MGMP/KKG, MKKS, MKPS, Asosiasi Guru, koordinator komunitas, ketua organisasi pendidikan lainnya, dll)

Kelebihan Yang Mendukung Peran Sebagai Guru Penggerak

Apa yang didapat setelah menjadi guru penggerak? Peserta dapat memperoleh pengalaman bimbingan atau mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak. Peserta akan mendapatkan komunitas belajar baru.

Kelebihan yang mendukung peran sebagai Guru Penggerak adalah membuat metode pembelajaran menyenangkan, berpusat pada siswa, atau mandiri di zaman modern dapat membuat perbedaan dalam dinamika belajar siswa.

Peran guru penggerak mendorong pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam semua aspek profil siswa Pancasila, tidak hanya di kelas tetapi juga di kelas lain. Guru motivasi tidak berpegang pada kurikulum yang ditentukan.

Seorang Guru Penggerak perlu memiliki kualitas guru yang baik, tetapi seorang guru yang baik tidak selalu termotivasi. Guru yang baik adalah guru yang hanya bekerja di dalam kelas.

Dengan menjadi Guru Penggerak, memberi Anda beberapa hal. Inilah yang didapat oleh guru-guru motivasi yang lolos seleksi: Pengalaman belajar kelompok mandiri yang menyenangkan yang terstruktur dan terbimbing. Dapatkan bantuan dengan Paket Data Pelatihan Online selama masa magang Anda.

Seorang Guru Penggerak dituntut untuk dapat menemukan solusi yang cocok untuk masalah yang muncul. Dia juga menerima saran dan ide dari orang lain untuk menemukan solusi yang solid untuk tantangan yang dia hadapi.

Pada dasarnya, guru penggerak dilatih untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang menggunakan pembelajaran mandiri. Guru penggerak juga berperan dalam menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan menuju pendidikan yang berpusat pada siswa.

Kategori yang memenuhi syarat untuk menjadi guru praktik adalah kepala sekolah, pengawas sekolah, sarjana, penasihat pendidikan, dan guru. Untuk dapat dipilih sebagai guru praktik, Anda harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, dapat memperoleh izin dari atasan Anda, dan mampu memimpin atau membimbing seluruh proses pelatihan guru.

Kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pengajar praktik yaitu:

  • Kemampuan memimpin dan mendampingi atau mementorkan guru penggerak.
  • Mampu memberikan pelatihan kepada tim yang didampingi.
  • Mampu memberikan evaluasi, saran, masukan terhadap performa dan kinerja dari guru yang didampingi.
  • Memiliki rencana dan jadwal pendampingan yang sistematis.
  • Menjaga komitmen dalam keseluruhan jadwal pendidikan.
  • Mempunyai teknik yang sistematis dalam pendampingan dan memecahkan masalah pada tim yang didampingi.

Tugas dari Pengajar Praktik

  • Memfasilitasi lokakarya pada setiap bulan
  • Berbagi praktik baik dengan calon guru penggerak
  • Mengevaluasi dan memberi umpan balik calon guru penggerak
  • Memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut untuk peserta saat masa daring
  • Membuat laporan capaian perkembangan calon guru penggerak.

7 manfaat penting program guru penggerak bagi pendidik yaitu:

  1. Mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya Bersama

Mempromosikan 9 bulan pendidikan guru dan peningkatan kapasitas dalam lokakarya bersama. Program ini mencakup pelatihan online gratis, lokakarya, pertemuan, dan pendampingan selama 9 bulan untuk calon guru motivator. Selama program berlangsung, guru akan tetap memenuhi kewajiban pendidikannya sebagai guru.

  1. Meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid

Manfaat kedua mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

  1. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan

Manfaat ketiga mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah mendapatkan pengalaman belajar mandiri dan kelompok yang terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan.

  1. Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos seleksi program guru penggerak

Manfaat keempat mengikuti program Teacher Mover bagi pendidik adalah bertemu dengan guru dari berbagai daerah. Pendaftar calon guru datang dari seluruh wilayah Indonesia. Dengan cara ini, calon guru dapat saling bertukar informasi, pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki selama pelatihan.

  1. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak

Manfaat kelima mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah calon guru penggerak mendapatkan pelatihan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya secara gratis.

  1. Mendapatkan komunitas belajar baru

Keuntungan keenam mengikuti program mobilisasi guru bagi pendidik adalah mereka memperoleh komunitas baru. Seperti pada penjelasan sebelumnya, guru bertemu dengan peserta lain, pelatih atau mentor dari latar belakang yang berbeda.

  1. Mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak

Manfaat ketujuh mengikuti program guru penggerak bagi pendidik adalah mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan Piagam Guru Penggerak. Hal ini dapat menjadi penunjang karir perguruan Anda.

Seperti dikutip dari situs Kemendikbudristek, guru penggerak bertanggung jawab untuk menggerakkan komunitas belajar bagi sekolah dan guru lain di daerah. Instruktur mengemudi juga dapat menjadi guru praktik rekan guru lain sehubungan dengan perkembangan pembelajaran di sekolah.

Guru penggerak  membuka ruang positif untuk diskusi dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk membantu meningkatkan kepemimpinan siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Secara keseluruhan, instruktur mengemudi akan menjadi panduan pembelajaran yang akan menginspirasi ekosistem pendidikan sekolah Anda untuk bekerja dengan baik.

Info Kegiatan Guru yang menunjang naik pangkat, silahkan bergabung di channel Telegram Guru Juara

Info Terupdate tentang pendidikan Indonesia, silahkan bergabung di channel Telegram Warta Guru

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Kenali 4 Jenis Model Pembelajaran Ini untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

News

Jangan Sampai Terlewat, Berikut Jadwal SK PPPK 2023 Keluar

News

Resmi! Guru Madrasah non ASN Peroleh Tunjangan, Usai Juknis Inpassing Diterbitkan

News

Guru Wajib Tahu! 4 Tanggal Penting Ini Setelah Pengumuman Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Kesiswaan

Mengenal Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

News

Sri Mulyani Umumkan Kabar Bahagia Bagi Guru Terkait Dengan Tunjangan Guru Di Tahun 2024

News

Hore! Guru Akan Terima Bantuan Insentif Sampai 3,6 Juta

News

Terupdate! Begini Cara Pemutakhiran Data Tenaga Honorer/Non ASN Tahun 2024