Home / News

Rabu, 18 Mei 2022 - 00:49 WIB

Mengenal Program Kelas Akselerasi dalam Sistem Pendidikan di Indonesia

Dibaca 3,492 kali

Program Kelas Akselarasi – Dalam dunia pendidikan, tentu para akan menemukan tipe peserta didik dengan berbagai latar belakang dan daya serap konten yang berbeda. 

Ada tipe siswa yang cepat dalam menyerap sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam pengerjaan pada tugas yang diberikan. Sementara, ada sebagian besar peserta didik yang masih perlu membutuhkan waktu untuk mencerna pembelajaran.

Keragaman peserta didik ini tentu akan menjadikan guru harus menggunakan strategi dan metode ekstra agar kelas yang heterogen dapat menyerap pembelajaran. 

Untuk memudahkan guru dalam mendidik keseluruhan siswa dengan berbagai latar belakang kecerdasan maka pemerintah menerapkan secara resmi adanya 

Apa itu Program Akselerasi?

Program kelas akselerasi merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membantu peserta didik dengan program percepatan belajar. 

Program ini khusus diselenggarakan bagi peserta didik yang memang sudah terseleksi dengan segala kecerdasan dan kemampuan yang berada di atas rata – rata dari teman – temannya. 

Para peserta didik tersebut nantinya akan masuk dalam kelas tertentu untuk belajar lebih cepat sesuai dengan durasi yang ada di setiap jenjang pendidikan. 

Sederhananya, program akselerasi merupakan upaya percepatan belajar sebagai dampak dari hasil sistem belajar tuntas bagi peserta didik yang sudah menunjukkan performanya sebagai peserta didik yang cerdasnya luar biasa serta dapat mencapai yang ditetapkan. 

Program akselerasi yang resmi diselenggarakan oleh pemerintah berdasar kebijakan pada Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar SD, , dan SMU (berdasar Depdiknas, 2001) tentu memiliki tujuan khusus dan umum.

Tujuan Program Akselerasi

Setelah memahami makna program akselerasi maka berikut beberapa tujuan yang perlu dipahami. Tujuannya terdiri dari tujuan umum dan khusus. 

Pertama, tujuan umumnya yakni program akselerasi dapat memenuhi kebutuhan para peserta didik untuk bisa memiliki karakteristik spesifik baik dari sisi kognisi dan afeksinya. 

Kemudian, program akselerasi dapat menjadikan guru untuk memenuhi hak asasi para keseluruhan peserta didik berdasar kebutuhan belajar yang diperlukan. 

Selain itu, program akselerasi bertujuan untuk meningkatkan minat baik dari sisi intelektual maupun perspektif jangka panjang para peserta didik. 

Hal lain yang menjadi tujuan umumnya yakni program akselerasi ditujukan untuk dijadikan sarana dalam menimbang peran para peserta didik sebagai bagian dari aset dan kebutuhan masyarakat. 

Tujuan umum lainnya yakni untuk bisa menyiapkan para peserta didik sebagai pemimpin peradaban di masa depan. 

Kedua, tujuan khusus dari program akselerasi yakni untuk bisa menjadi reward bagi para peserta didik sehingga termotivasi untuk belajar lebih baik dan meningkatkan potensinya. Selain itu bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran para peserta didik. 

Program akselerasi juga akan menjadikan para peserta didik dapat mencegah rasa bosan terhadap adanya iklim kelas yang bisa saja kurang memberi dukungan pada perkembangan potensi keunggulan peserta didik dengan optimal. 

Kemudian, program akselerasi juga dapat menjadi sarana bagi pemacu mutu belajar siswa untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, emosional maupun intelektualnya secara berimbang. 

Manfaat Penyelenggaraan Program Kelas Akselerasi

Selain membahas tentang makna dan tujuan umum sekaligus khususnya, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda kaji. 

Berdasar paparan dari Southern dan Jones (1991) keduanya menegaskan terdapat banyak keuntungan bagi peserta didik yang berpotensi di atas rata – rata. 

Pertama, program akselerasi dapat menjadi sarana untuk bisa meningkatkan efisiensi pembelajaran. Para peserta didik yang sudah mampu dan siap menyerap bahan pembelajaran lebih dari capaian target jenjangnya, maka mereka bisa melanjutkan pada tingkat sebelumnya dalam satu jenjang yang sama. 

Baca Juga:  Pemerintah Buka Jalur Khusus Lulusan Terbaik pada Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Misal, pada saat di kelas X seorang siswa tersebut dapat menyerap segala pembelajaran yang ada bahkan bisa lebih cepat penyelesaiannya. Sehingga guru dapat memproses dan mendaftarkan siswa tersebut pada program akselerasi. 

Kedua, program percepatan belajar dapat memudahkan pengelompokan siswa dengan potensi di atas rata – rata. Dengan adanya program percepatan belajar, maka sebenarnya satuan pendidikan akan dapat lebih mudah melakukan pengelompokan siswa yang sama – sama memiliki potensi, kemampuan dan keterampilan yang kompeten untuk bisa ditingkatkan lagi. 

Hal ini juga akan menjadikan para peserta didik yang memiliki potensi di atas rata – rata tidak akan menjadi seorang pembelajar yang eksklusif di kelas. 

Prinsip dalam Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar

Berikut beberapa prinsip yang harus dikaji dan diterapkan pada program percepatan belajar sehingga bisa terwujud capaian yang diinginkan. 

Berdasar penjelasan pakar pendidikan yakni Iif dan Hendro (2011:59) menegaskan terdapat beberapa prinsip – prinsip pada pelaksanaan program akselerasi bagi siswa. 

Pada prinsip pertama, program percepatan belajar harus dimaknai sebagai proses perwujudan yang melibatkan keseluruhan pikiran dan tubuh. Hal ini menjadi penegas bahwa memang perkara belajar bukanlah sekedar menggunakan otak saja namun juga perlu untuk menggunakan pemikiran, melibatkan segala gestur, emosi, indra bahkan sarafnya. Selain itu, belajar juga merupakan upaya berkreasi. Sehingga mempelajari sesuatu bukan hanya mengkonsumsi materi belaka.

Idealnya, pengetahuan bukan sekedar diserap oleh para siswa namun mereka sudah bisa mewujudkan dalam bentuk real-life sebagaimana yang dikatakan penulis. 

Pembelajaran pada program akselerasi juga akan diterapkan dalam berbagai tingkatan secara simultan sehingga tidak hanya berpatokan pada satu keilmuan saja, namun juga mempelajari hal baru. 

Selain itu, penting bagi guru dalam penerapannya, untuk senantiasa memotivasi para peserta didik untuk terus mau menumbuhkan semangat belajar. Guru juga bisa menyampaikan terkait motivasi dan cerita menginspirasi yang berkaitan dengan pembelajaran terkait.

Esensi Penyelenggaran Program Percepatan Belajar

Kehadiran program percepatan belajar akan menjadi wadah pelayanan resmi dari pemerintah dan diperuntukkan bagi keseluruhan peserta didik dengan bakat dan potensi kecerdasan di atas rata – rata. Biasanya para siswa tersebut akan diikutkan dengan berbagai seleksi. 

Dalam pembelajarannya, para guru yang dijadikan sebagai kelas akselerasi tentu akan senantiasa mengembangkan kecerdasan dan menarik minat para peserta didik untuk mengikuti programnya. 

Program ini juga menjadi program yang membantu pembiayaan para peserta didik untuk hanya bersekolah selama satu – dua tahun saja sesuai dengan dan yang berlaku dalam jenjang.

Nah, demikian ulasan mengenai program kelas akselerasi dan beberapa penegasan di dalamnya. Semoga ulasan ini dapat dipahami khususnya oleh para guru dan khalayak umum lainnya. 

Besar harapan akan ada banyak satuan pendidikan yang juga menerapkan konsep tersebut sehingga para peserta didik dapat mempersingkat biaya dan meningkatkan efisiensi pembelajaran. Hanya saja, memang pada awalnya tentu tak dapat dilakukan secara merata di keseluruhan pelosok negeri ini. Sebab dibutuhkan beberapa bulan bahkan menahun untuk menjadikan siswa terbiasa untuk belajar dan berfikir cepat. (*)

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai . Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)




Share :

Baca Juga

News

Alhamdulillah, Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Terima 4 Tunjangan Sekaligus di Bulan April 2024

News

Selamat! TPG Triwulan 2 2023 di 40 Daerah Sudah Cair

News

Wajib Tau! 7 Transformasi PPG Daljab 2024

News

Pensiunan PNS Golongan Ini Akan Terima 4,4 Juta Bulan Februari
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Terdapat Syarat Baru Pengajuan Usul Kenaikan Pangkat PNS GTK Madrasah

News

Cara Membuat Animasi Pembelajaran dengan PowerPoint

News

Penyebab Daerah Anda Belum Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan 2 dan Update Daerah Yang Telah Pencairan 

News

Perbedaan PNS dan PPPK
Download Sertifikat Pendidikan Gratis