Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas di PMM merupakan langkah penting untuk mengoptimalkan manfaat dari observasi tersebut. Melalui refleksi ini, guru dapat menganalisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang diamati, mengidentifikasi poin-poin penting untuk diadopsi, dan merumuskan rencana tindak lanjut yang konkret untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas mereka sendiri.
Identitas
- Nama Lengkap: [Nama Lengkap Anda]
- NIP/NUPTK: [Nomor NIP/NUPTK Anda (jika ada)]
- Jabatan: [Jabatan Anda]
- Instansi/Sekolah: [Nama Instansi/Sekolah Anda]
- Tanggal: [Tanggal]
Judul Kegiatan/Program: Observasi Kelas di Program Profesi Guru (PMM)
Tujuan Kegiatan/Program:
- Meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
- Meningkatkan kemampuan dalam menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran yang inovatif.
- Meningkatkan kemampuan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Refleksi
Deskripsikan kegiatan/program:
Pada tanggal [Tanggal], saya mengikuti kegiatan observasi kelas di Program Profesi Guru (PMM). Saya mengamati pembelajaran di kelas [Kelas yang Diamati] yang diajar oleh [Nama Guru].
Materi yang diajarkan adalah [Materi Pembelajaran]. Guru menggunakan metode [Metode Pembelajaran] dan [Teknik Pembelajaran] untuk menyampaikan materi.
Analisis kekuatan dan kelemahan:
Kekuatan:
- Guru menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran yang inovatif.
- Guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
- Peserta didik aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Kelemahan:
- Guru kurang menggunakan media pembelajaran yang variatif.
- Guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri.
Faktor pendukung dan penghambat:
Faktor pendukung:
- Dukungan dari kepala sekolah dan guru lainnya.
- Semangat peserta didik untuk belajar.
- Sarana dan prasarana yang memadai.
Faktor penghambat:
- Kurangnya waktu untuk persiapan pembelajaran.
- Kurangnya pelatihan untuk guru dalam menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang inovatif.
Pelajaran yang didapat:
- Saya belajar bahwa penting untuk menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran yang inovatif dalam menyampaikan materi.
- Saya belajar bahwa penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif agar peserta didik merasa nyaman dan aman dalam belajar.
- Saya belajar bahwa penting untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri.
Manfaat yang diperoleh:
- Saya dapat meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
- Saya dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran yang inovatif.
- Saya dapat meningkatkan kemampuan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Tindak Lanjut
Rencana tindak lanjut:
- Saya akan mencoba menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran saya.
- Saya akan berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di kelas saya.
- Saya akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri.
yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Penyusunan Portofolio Guru Di PMM Terintegrasi RHK EKIN” Fasilitas Diklat Peserta Eksklusif : Jaminan E-sertifikat 46JP Bernama, Bimbingan Unlimited, Materi Pelatihan, Laporan Pengembangan Diri, Berbagi Praktik Baik, BONUS Template Laporan RHK dan Aksi Nyata . Daftar Sekarang di link berikut https:/online.e-guru.id/aff/40180/3014/checkout Mau dibantu daftar? http:/wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana) sertakan foto pamflet yaa
Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https:/t.me/infofreediklat32JP
Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut https:/t.me/PortalBeritaGuru
Halaman Selanjutnya