Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja merupakan salah satu upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan Pembelajaran Paradigma Baru. Oleh karena itu, pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma Baru perlu diupayakan dengan penuh kesungguhan dan keuletan.
Profil Pelajar Pancasila (PPP) adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, Proyek Penguatan PPP dan Budaya Kerja, maupun ekstrakurikuler.
PPP memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan saling menguatkan sehingga memudahkan upaya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. Keenam dimensi tersebut adalah :
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Bernalar kritis.
- Kreatif.
Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa PPP tidak hanya berfokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.
Dalam kegiatan proyek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, budaya, wirausaha, , kesehatan mental, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.
Proyek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya. Proyek Penguatan PPP dan Budaya Kerja menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
Proyek Penguatan PPP dan Budaya Kerja memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi.
Lalu, bagaimana sekolah menerapkan Proyek Penguatan PPP dan Budaya Kerja? Untuk mengetahui hal tersebut, anda dapat mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh e-Guru.id secara online pada tanggal 5 Maret – 8 Maret 2022 melalui zoom meeting.
Diklat ini berjudul “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja Pada Kurikulum Merdeka” dengan menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dibidangnya, ibu Nur Hidayati, S. Si (Instruktur e-Guru.id).
Diklat ini membahas tentang :
- Konsep profil pelajar pancasila serta budaya kerja pada kurikulum merdeka
- Alur dan strategi untuk guru menerapkan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan budaya kerja di sekolah
- Manfaat penerapan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan budaya kerja
Dengan mendaftar, anda akan mendapatkan beberapa fasilitas yang menarik diantaranya sebagai berikut :
– E-Sertifikat Bernama 35JP
– Undangan dan Daftar Hadir
– Contoh Laporan Kegiatan
– Contoh Laporan Pengembangan Diri
– Akses Zoom Meeting
– Pendampingan via Grup Telegram
Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan Spesial Bonus Menarik:
– Contoh Modul Ajar Semua Jenjang
– Contoh Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
– File Panduan Platform Merdeka Merdeka Mengajar
Untuk mengikuti diklat ini, tentunya anda harus membayar sebagai peserta pelatihan :
Investasi Kegiatan Rp 149.000
Member e-Guru.id Rp 74.000
Non Member Rp 99.000
Langkah Pendaftaran
- Transfer biaya ke: Rek. 303701023644536 (BRI) a.n Hayyi Rosyida
- Mengisi Link Pendaftaran
Apabila ingin dibantu bisa menghubungi 083128338635 (Amel)