Terdapat informasi untuk para guru dan kepsek dari semua jenjang berkaitan dengan rencana program-program yang telah disusun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) untuk tahun 2024 yang akan datang.
Rencana ini akan menjadi tonggak penting, maka dari itu guru dan kepala sekolah dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai program ini.
Pada salah satu pertemuan bersama Komisi X DPR RI, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, membahas masalah yang terkait dengan anggaran Kemendikbud Ristek untuk tahun anggaran 2024.
Kemdikbud telah menetapkan lima arah kebijakan yang akan menjadi fokus utama pada tahun 2024, dan tentu saja, sekolah perlu bersiap untuk menghadapi perubahan ini.
Berikut adalah gambaran singkat mengenai arah kebijakan Kemdikbud untuk tahun mendatang yang wajib guru dan kepsek ketahui yaitu:
Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pengajaran
Dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Penguatan Program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, dan Implementasi Kurikulum Merdeka.
- Penjaminan mutu pendidikan melalui akreditasi di semua jenjang pendidikan.
- Pelaksanaan Asesmen Nasional dengan pemanfaatan hasilnya melalui Rapor Pendidikan dan perencanaan berbasis data di tingkat sekolah dan daerah.
- Peningkatan kurikulum untuk mencakup isu perubahan iklim, olahraga, dan Bahasa Inggris, bersama dengan peningkatan kompetensi pendidik.
- Pemenuhan kebutuhan pendidik melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan peningkatan kesejahteraan pendidik.
- Peningkatan pendidikan karakter untuk inklusivitas, keberagaman, dan nilai-nilai Pancasila.
- Pengembangan bakat peserta didik di seni, budaya, dan olahraga.
- Penguatan platform digital untuk mendukung penyediaan layanan pendidikan, budaya, riset, dan teknologi yang berkualitas.
Peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pelaksanaan Kebijakan Wajib Belajar 12 Tahun
Termasuk langkah-langkah seperti berikut:
- Program Indonesia Pintar (PIP) untuk mendukung anak-anak dari keluarga kurang mampu.
- Beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) untuk anak-anak dari wilayah tertinggal.
- Penguatan dalam pendidikan kesetaraan, inklusif, pendidikan khusus, dan layanan khusus untuk memastikan setiap anak di Indonesia memiliki kesempatan pendidikan yang sama.
- Pengembangan program Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD HI) yang ditingkatkan untuk mendukung perkembangan anak usia dini dan mempersiapkan mereka untuk masuk ke sekolah dasar.
Halaman Selanjutnya