Home / News

Senin, 14 November 2022 - 14:27 WIB

Inilah 5 Karakter Sekolah Unggulan, Apa Sekolah Anda Termasuk?

Dibaca 370 kali

Dari dulu sampai sekarang, salah satu hal yang menjadi kebahagiaan sekaligus kebanggaan guru yakni ketika dapat menciptakan sekolah unggulan yang memiliki para peserta didik berprestasi.

Prestasi tersebut tidak hanya mengandalkan dari potensi dan bakat, namun juga memerlukan adanya sebuah sistem pun juga strategi dari sekolah atau lembaga pendidikan agar para peserta didiknya bisa berusaha menjadi berprestasi.

Selain itu, dibutuhkan adanya pendidik maupun tenaga kependidikan yang memahami kinerja dan perannya untuk mewujudkan sekolah unggulan.

Sekolah unggulan bukan hanya akan terlihat dari nama sekolah saja, namun bagaimana penilaian sistem pendidikan negeri baik pada mata pelajaran yang diajarkan, penyelenggaraan program serta pemanfaatan sumber daya manusianya termasuk para pendidik dan tenaga kependidikan.

Ragam Karakter Sekolah Unggulan

Umumnya, sebagian masyarakat sudah mengetahui bagaimana perbedaan dari sekolah unggulan dan tidak.

Sebab biasanya sekolah unggulan terlihat menonjol dari berbagai aspek. Kendati demikian, masih ada sebagian orang yang belum mengetahui karakter sekolah unggulan. Adapun beberapa karakternya yakni sebagai berikut :

Pertama, sekolah unggulan tentu memiliki kualitas input dalam ranah peserta didik dan masukan instrumental yang baik. Termasuk halnya pada aspek proses kegiatan belajar mengajar, capaian hasil belajar yang mana terwujudkan dalam ragam peserta didik yang mampu meningkatkan kecerdasan majemuk dalam diri.

Kedua, warga sekolah akan dapat melakukan berbagai proses seperti memahami, menghayati serta mempraktekkan eksistensi sekolah sebagai sebuah sistem yang mengakomodir beragam komponen agar interaksi dapat terwujud. Jika sudah saling berintegrasi, nantinya dapat menciptakan teamwork di satuan pendidikan yang dinamis, cerdas dan kompak.

Ketiga, setiap sekolah tentu memilki ekspektasi termasuk halnya sekolah unggulan. Sekolah unggulan mempunyai ekspektasi terhadap ranah aspek prestasi belajar para peserta didik, kelayakan pendidik serta tenaga kependidikan.

Selain itu, sekolah akan meningkatkan kualitas pada proses kegiatan belajar mengajar secara efektif. Kemudian aspek kepemimpinan serta manajemen sekolah akan terlihat sangat profesional. Serta sekolah unggul akan mampu mempertanggungjawabkan capaian hasil belajar atau ranah akuntabilitas pada publik.

Halaman Selanjutnya

Keempat, sekolah unggulan akan memiliki kualitas komunitas belajar……

Share :

Baca Juga

News

Resmi! BKN Telah Terbitkan Timeline Kenaikan Pangkat PNS 6 Periode
media ajar

News

Daftar Nama Guru Lulus Seleksi PPPK 2022 yang Dibatalkan, Cek di Sini!
Honorer

News

Resmi! LTMPT Tak Lagi Urus Seleksi Masuk PTN. Mengapa?

News

Isu – Isu Pendidikan Yang Diangkat Kemendikbud Ristek dalam Presidensi G20

News

Struktur Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Dasar

News

Berikut Contoh dan Link Download Jurnal MOOC PPPK Tahun 2023

News

DPR Dukung Pengabdian Guru Honorer Menjadi Pertimbangan Pengangkatan ASN

Edutainment

Asik! Kemdikbudristek Pastikan KIP Kuliah Dibuka Sepanjang Tahun