Home / News

Sabtu, 17 Desember 2022 - 19:19 WIB

4 Program Pemerintah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Guru

Dibaca 4,311 kali

Kesejahteraan guru memang sangat perlu diperhatikan. Ketika kesejahteraan guru sudah meningkat, maka diharapkan mutu pendidikan juga akan meningkat.

Pekerjaan menjadi seorang guru tentu merupakan pekerjaan yang mulia dan dapat menjadi salah satu celah untuk mengabdikan diri sebagai pembentuk generasi.

Maka dari itu, tak heran bila pemerintah memberikan anggaran yang tak kalah besar bagi dunia pendidikan. Hal tersebut diberikan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan guru.

Namun nyatanya program kesejahteraan guru tersebut belum berlaku secara merata, sebab masih terdapat guru – guru yang masih kesusahan bahkan masih mengalami kekurangan.

Kondisi yang demikian bila dibiarkan, tentu akan mengurangi performa dan kepercayaan diri guru dalam memberikan pengajaran yang optimal pada siswa.

Padahal sejatinya guru merupakan tonggak peradaban dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa.

Biarpun bukan materi yang diutamakan, namun dukungan kesejahteraan yang diberikan sangatlah berarti. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan kesejahteraan guru? Simak ulasan dibawah ini.

Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah telah menyusun berbagai program untuk dapat memberikan peningkatan pada kesejahteraan guru. beberapa program diantaranya yakni :

1.    Program Peningkatan Kompetensi

Salah satu program yang dapat dilaksanakan yakni program untuk peningkatan kompetensi.

Di era serba canggih sekarang, pelatihan kompetensi keguruan sangatlah mudah diakses.

Selain tidak harus dilaksanakan luring, guru juga mendapat kesempatan untuk langsung praktek bersama siswa.

Salah satu kompetensi yang wajib diikuti yakni pelatihan kompetensi digital baik diselenggarakan oleh lembaga internal maupun pemerintah. Pelatihan tersebut bertujuan agar para guru dapat lebih melek dengan teknologi khususnya yang berhubungan dengan penyampaian konten pembelajaran.

Baca Juga:  Mendownload Sertifikat dan Fasilitas Diklat Gratis KTI Inobel Guru Juara

2.    Menambah Kuota PPG

Kemudian terdapat program PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang dapat diikuti melalui seleksi resmi pemerintah. Tentu ada beberapa persyaratan yang harus guru penuhi sebelum mengikutinya. Program tersebut merupakan program sertifikasi guru. Tujuannya untuk memberikan peningkatan di bidang kemampuan khususnya pedagogik serta aspek profesionalitas lainnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Salah satu bonus dari menigkuti program ini yakni menjadi nilai plus untuk para guru yang berencana mengikuti seleksi PPPK.

3.    Memberikan Tunjangan Profesi Guru (TPG)

Pemerintah juga telah menyiapkan program berupa pemberian TPG dengan beberapa persyaratan tertentu. Program ini belum berjalan secara merata untuk seluruh guru di Indonesia karena memang diperuntukkan bagi pendidik terpilih.

Selain karena prestasi yang sudah dikontribusikan, pun juga karena loyalitasnya yang tinggi terhadap dunia pendidikan.

4.    Menyusun Program Madrasah Reform (MEQR)

Program uang dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pun berlaku bagi pendidik yang berada di bawah naungan Kementerian Agama yakni para guru yang mengajar di Madrasah.

Pemerintah di beberapa daerah sudah mulai sepakat dan berkomitmen untuk semakin bijak dalam menerapkan program MEQR agar guru madrasah juga merasakan kesejahteraan.

Nah demikian ulasan yang berkaitan dengan kesejahteraan guru. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Tunjangan Guru Honorer Non-ASN Akan Dihentikan untuk Kategori Ini

News

Penerimaan CPNS 2023 Sekedar Wacana Atau Memang Nyata? Berikut Penjelasan MenpanRB

News

Nilai Kelulusan PPPK Guru 2023 Di SSCASN BKN P1 P2 P3 P4 Cek Sekarang

News

Simak Syarat PPG Dalam Jabatan 2022

News

Dapodik 2024: Peluang Baru Melalui Tugas Tambahan

News

Saran Kemendikbud: Pilih Pelatihan yang Cocok di PMM agar Tidak Menjadi Beban Administratif

News

Bisakah Guru yang Belum Terdaftar Di Dapodik Ikut PPPK? Berikut Penjelasannya

News

Seleksi Makin Ketat! Soal Tes CPNS 2023 Lebih Sulit dari Tahun Sebelumnya, Pemerintah Siapkan Ini
Download Sertifikat Pendidikan Gratis