Home / News

Selasa, 5 Desember 2023 - 19:21 WIB

Kabar Gembira, Guru Honorer Lulusan SMA Posisi Tendik Administrasi Pengangkatan PPPK 2024

Dibaca 4,328 kali

Ada kabar gembira untuk para honorer tenaga kependidikan (tendik) dengan ijazah SMA tentang masa depan karir mereka.

Dimana baru-baru ini, pihak Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) diketahui telah mengusulkan formasi baru PPPK 2024 untuk tenaga guru serta kependidikan.

Pada rapat koordinasi perencanaan kebutuhan CPNS 2024 & PPPK yang diselenggarakan pada tanggal 6 November 2023 lalu, Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, memberikan informasi positif terkait akan hal tersebut.

Tentu saja hal ini menjadi angin segar untuk para tendik yang ada. Bukan tanpa alasan, jika sejak dari awal formasi ASN PPPK hanya ditujukan pada guru honorer saja.

Reaksi bahagia datang dari honorer tenaga kependidikan. Sebelumnya, para honorer kesulitan untuk memperoleh peluang pada formasi PPPK 2024 yang sebelumnya khusus untuk para guru.

Berdasarkan keterangan Raden Sutopo Yuwono, Dewan Pembina Forum Honorer Nonkategori Dua Indonesia (FHNK2I), kabar itu sangat menggembirakan sebab memberi harapan baru bagi para tenaga kependidikan.

Ada harapan supaya persyaratan untuk tenaga kependidikan dapat jauh lebih fleksibel, terlebih lagi dalam hal syarat ijazah yang mungkin bisa dilonggarkan, mengingat sebagian besar dari mereka hanyalah lulusan SMA, bahkan juga SMP dan SD.

Syaiful Huda selaku Ketua Komisi X DPR RI, menekankan akan pentingnya memberikan pengakuan serta perhatian khusus kepada masa pengabdian tenaga kependidikan honorer.

Pihak pemerintah diharapkan dapat memberikan perhatian lebih bagi para guru honorer serta tenaga kependidikan dalam pengangkatan PPPK 2024.

Terlebih lagi untuk honorer tendik yang latar belakang pendidikan terendah, sebagaimana halnya lulusan SMP dan SD, harus ada upaya dalam hal percepatan penyetaraan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Eko Wibowo dari Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia Tendik Provinsi Riau juga menyoroti, seperti apa perlunya pengakuan penuh waktu untuk tenaga kependidikan, terlebih lagi yang bertugas sebagai tenaga administrasi sekolah.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Membangun Kelas Masa Depan Melalui Teknologi dan Media Ajar dengan Bantuan AI” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2863/checkout dapatkan diklat serta BONUS Kurikulum Komplit Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Diketahui, jika para tenaga kependidikan atau tendik tersebut memainkan peran penting dalam menjaga administrasi sekolah dengan sangat baik.

Beberapa tugasnya yaitu melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan hingga dengan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan dalam suatu pendidikan.

Dengan begitu, maka pihak pemerintah pun diharapkan bisa mempertimbangkan pengangkatan honorer tendik sebagai PPPK 2024 sebagai ASN penuh waktu.

Dengan adanya usulan formasi untuk para honorer tendik pada PPPK 2024, mereka tidak lagi perlu gigit jari untuk memikirkan nasib karir kedepannya, sebab harapan untuk menjadi ASN semakin besar.

Halaman Selanjutnya

Harapan Baru Untuk Para Honorer…

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

4 Hal Penting dalam Membuat Peraturan Kelas
tunjangan profesi guru

News

Tabel Terbaru Gaji Pensiunan PNS Setelah Naik 12 Persen

News

Kasus OTT Rektor UNILA : Kronologi & Hukum yang Mengikat

Edutainment

Yuk Kenali 38 Keterampilan Sosial Emosional Yang Dibutuhkan Siswa Untuk Mencapai Kesuksesan

News

Simak! Cara Ajukan Sanggah, Bagi Tidak Lolos Seleksi Administrasi CASN 2023

News

Simak! Beberapa Syarat Bisa Lolos Passing Grade Seleksi PPPK Guru Tahun 2023

News

TKA SBMPTN Dihilangkan? Seriusan?

News

Jika Tidak Ada Undangan PPG dan Sudah Mengabdi Kurang Lebih 5 Tahun, Bagaimana Solusinya? Berikut Penjelasannya