Home / News

Kamis, 17 Februari 2022 - 18:57 WIB

Keuntungan Menjadi Siswa Eligible

Dibaca 11,996 kali

Pendaftaran SNMPTN Tahun 2022 telah resmi dibuka, Siswa eligible yang dipilih sekolah untuk mengikuti SNMPTN Tahun 2022 akan memperoleh banyak keuntungan.

Sebelum membahasa keuntungan siswa eligible, tahukah anda apa itu siswa eligible? Simak artikel ini sampai selesai ya !

Secara resmi pendaftaran SNMPTN Tahun 2022 telah dibuka, penetapan siswa eligible : 4 Januari – 8 Februari 2022, pengisian PDSS : 8 Januari – 8 Februari 2022, pendaftaran SNMPTN :14-28 Februari 2022, pengunguman hasil SNMPTN 29 Maret 2022. Sekolah yang sudah terdaftar di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat mengikuti tes SNMPTN 2022.

“Eligible” menurut Cambridge Dictionary berarti memiliki kualitas yang dibutuhkan atau memenuhi kondisi/syarat yang diperlukan. Berdasarkan pengertian tersebut siswa yang dikategorikan siswa eligible adalah siswa yang memenuhi kriteria/syarat untuk mengikuti SNMPTN 2022. Siswa eligible akan dipilih sekolah untuk mengikuti SNMPTN 2022 sesuai dengan pemeringkatan nilai rapor dan prestasi siswa selama di sekolah menengah atas/sederajat.

Siswa yang lolos SNMPTN 2022 akan memperoleh beberapa keuntungan yaitu :

  1. Bebas biaya pendaftaran

Peserta yang lolos masuk Perguruan Tinggi jalur SNMPTN 2022 akan dibebaskan dari biaya pendaftaran karena telah ditanggung oleh pemerintah pada subsidi biaya anggaran. Seleksi ini dapat meringankan beban peserta SNMPTN 2022 yang berasal dari keluarga yang tidak mampu.

  1. Peserta yang lolos SNMPTN tidak perlu melakukan tes lagi

Peserta didik yang telah lolos masuk ke Perguruan Tinggi jalur SNMPTN tidak akan melakukan tes lagi. Peserta didik akan langsung melakukan registrasi ke Perguruan Tinggi yang telah menerimanya melalui jalur SNMPTN.

  1. Memperoleh Subsidi dari Pemerintah

Subsidi dalam bentuk potongan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diberikan kepada siswa yang lolos SNMPTN 2022. Siswa akan dimasukan kegolongan UKT 1 atau UKT 2. Namun, penetapan golongan UKT juga dilihat berdasarkan kondisi ekonomi masing-masing siswa. Besaran UKT bervariasi tergantung pada progam studi dan ketetapan dari masing-masing perguruan tinggi.

  1. Memiliki Banyak Waktu Luang
Baca Juga:  Contoh Percakapan Coaching (Bimbingan) Kepala Sekolah dengan Guru untuk Mencapai Potensi Terbaiknya

Setelah pengunguman lolos SNMPTN Tahun 2022, siswa memiliki banyak waktu luang sebelum melaksanakan perkuliahan secara resmi. Diwaktu luang yang ada siswa dapat memanfaatkan untuk merayakan kelulusan bersama tema-teman, mengerjakan hobi, mempersiapkan persyaratan yang diperlukan, melakukan regitrasi ke perguruan tinggi, serta dapat memperlajari seluk beluk perguruan tinggi sebelum memulai perkuliahan.

  1. Kebanggaan Tersendiri

Lolos SNMPTN 2022 merupakan sebuah kebanggan tersendiri. Siswa yang telah lolos tidak perlu bersusah payah lagi untuk mendaftar ke perguruan tinggi lain.

 

Nah, itulah keuntungan bagi siswa eligible yang lolos SNMPTN 2020. Lalu apa sajakah kriteria untuk menjadi siswa eligible ?

Terdapat dua penentu kriteria siswa eligible yaitu pertama kuota siswa eligible sesuai dengan ketentuan LTMPT, yang kedua proses seleksi dan penentuan siswa yang memenuhi syarat siswa eligible SNMPTN. Berikut kriteria siswa eligible :

  1. Siswa kelas 12 SMA/MA sederajat yang mempunyai prestasi unggul secara akademik.
  2. Memenuhi syarat yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Pangkalan Sekolah dan Siswa. Data ini di PDSS ini diisi oleh sekolah masing-masing siswa.
  4. Mempunyai nilai rapor I-V yang sudah diisikan di PDSS
  5. Siswa yang mendaftar Progam Studi (Prodi) seni dan olahraga wajib melakukan unggah portofolio.

Itulah keuntungan dan kriteria siswa eligible. Apabila anda termasuk dalam kriteria siswa eligible, congratulations dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya ya ! Semangat !

 

Ditulis Oleh : Fitri Hidayatun

Share :

Baca Juga

News

Cek Akun SSCASN Sekarang! RILIS Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023 Beserta Rekap Nilai Murni dan Afirmasi

News

Simak Syarat Pencairan Dana BOS!

News

Semua Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Bersiap untuk Kurikulum Baru Pengganti Kurikulum Merdeka

News

Sri Mulyani Tetapkan Uang Perjalanan Dinas, Biaya Perjalanan Dinas Bervariasi Per Provinsi, yuk intip besarannya

News

Update Progres Penetapan NIP CPNS dan PPPK 2023

News

Apakah PPPK Bisa Penyesuaian Ijazah Berdasarkan Peraturan Terbaru?

News

Selamat! Honorer Akan Peroleh Uang Pensiunan, Ini Penjelasan MenPAN-RB

News

Jam Kerja PNS dan PPPK Terbaru Berkurang? Ini Penjelasannya
Download Sertifikat Pendidikan Gratis