Home / News

Sabtu, 30 Juli 2022 - 20:28 WIB

Mengenal Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Dibaca 26,110 kali

Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka – Dalam kegiatan pembelajaran, pasti terdapat Capaian Pembelajaran (CP) yang harus dicapai oleh peserta didik, guru, dan sekolah. Capaian pembelajaran merupakan kompetensi minimum yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap pembelajaran dari fase fondasi di PAUD.

Keputusan tentang Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dikeluarkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka ditetapkan berdasarkan SK Kepala BSKAP No. 8 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran PAUD Dikdasmen pada Kurikulum Merdeka. Capaian Pembelajaran atau CP ini menggantikan CP berdasarkan SK Kepala Balitbangbuk No. 28 Tahun 2021.

Dalam praktiknya, capaian pembelajaran merupakan pengembangan KI dan KD dari Kurikulum 2013 yang dirancang sebagai bentuk penguatan terhadap pembelajaran yang fokus pada pengembangan kompetensi dengan rentang waktu yang telah ditargetkan.

Untuk pendidikan dasar dan menengah, capaian pembelajaran dirancang pada setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan capaian pembelajaran pendidikan khusus. Sedangkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual dapat menggunakan capaian pembelajaran reguler dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum.

Isi dari capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka berupa kumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Pemetaan capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka disesuaikan dengan perkembangan siswa dalam fase usia.

Strategi untuk mencapai Capaian Pembelajaran yaitu dengan mengurangi cakupan materi dan mengubah tata cara penyusunan yang lebih fleksibel sehingga siswa tidak merasa tertekan untuk mencapai pembelajaran tersebut.

Halaman Berikutnya

Pengurangan Konten Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Persiapan MPLS : Berikut Daftar Games MPLS buat Ice Breaking, Seru dan Mudah
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Ada Agenda Penting Guru Non Sertifikasi Di Tanggal 22 Juli

Karya Inovatif

Tips Mendapat 9 Angka Kredit dari Membuat Bahan Ajar Ber-ISBN

News

EDARAN MENPAN RB TERKAIT NASIB KODE “P” PPPK GURU & HONORER LULUSAN SD
tunjangan profesi guru

News

Tunjangan Triwulan 3 Guru Cair, Simak Rinciannya Disini

News

Memudahkan Honorer, Berikut Aturan Final Jadwal & Seleksi CPNS PPPK 2024 Regulasi Baru
Keterampilan

News

Festival Kurikulum Merdeka, Guru dan Siswa Akan Dapat Laptop

News

Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk Madrasah Unggulan Binaan Kemenag Resmi Dibuka Hari Ini