Home / Metode Pembelajaran / News

Kamis, 7 Juli 2022 - 00:43 WIB

Mengenal Jenis Model Pembelajaran

Dibaca 516 kali

Model Pembelajaran – Untuk mewujudkan generasi berprestasi dari lingkungan sekolah, tentu dibutuhkan beberapa unsur yang saling bersinergi dan melengkapi. Salah satu unsur yang perlu mendapatkan perhatian utama yakni model belajar.

Sebagian guru hari ini tentu tak selalu memperhatikan aspek tersebut. Sehingga KBM hanya berjalan sebagaimana biasanya tanpa ada pembaharuan. Akibatnya, mulai banyak peserta didik yang mengalami kebosanan.

Maka dari itu, sangat penting bagi pendidik untuk mengetahui sub bahasan dari model belajar sehingga dapat menentukan langkah selanjutnya dalam proses mengajar.

Fungsi Model Belajar

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ragam model pembelajaran, ada baiknya bila seorang guru memahami fungsinya. Fungsi model belajar yakni sebagai pedoman dalam proses perencanaan pelaksanaan pembelajaran.

Trianto (2015) menegaskan bahwa fungsi model belajar yakni dapat dijadikan sebagai pedoman untuk pengajar maupun para guru.

Maka wajar saja bila pemilihan model dapat dipengaruhi oleh sifat materi yang diajarkan, tujuan pembelajaran maupun level perkembangan kemampuan peserta didik.

Komponen Model Belajar

Perlu diketahui, bahwa komponen dari model belajar biasanya merupakan bagian bagian yang menciptakan model pembelajaran secara utuh.

Sebagai contoh, dalam model belajar terdapat komponen berupa sintaks dimana merupakan landasan dasar dari rangkaian fase dan langkah pembelajaran untuk bisa menerapkan konsep pembelajaran.

Berikut beberapa komponen yang perlu diperhatikan, diantaranya terdiri dari sistem sosial, sintaks, prinsip reaksi, sistem pendukung maupun dampak pengiring dan insruksional. Memahami komponen model pembelajaran akan menjadikan guru lebih mudah dalam merencakan pengembangan model belajar.

Jenis Model Belajar

Berdasar penuturan dari Joyce dan Weil dalam bukunya Suprihatiningrum (2013) menjelaskan bahwa model mengajar idealnya terbagi dalam beberapa kategori. Adapun kategorinya sebagai berikut :

1.    Model Proses Informasi (Information Processing Model)

Model seperti memberikan penekanan pada aspek pengolahan informasi di dalam otak yang berperan untuk mengaktivasi mental peserta didik.

Tentunya, model ini akan selalu berusaha untuk bisa mengoptimalkan kemampuan nalar maupun daya pikir peserta didik dalam pemberian masalah yang sudah disajikan oleh para guru.

Sebagai peserta didik, tentunya mereka berperan untuk bisa memecahkan segala masalah yang ada. Model tersebut akan menerapkan adanya teori pembelajaran behavioristik maupun kognitivistik.

2.    Model Pribadi (Personal Model)

Model pribadi lebih menekanankan pada proses pembelajaran pada sisi individu. Artinya, guru lebih berorientasi pada perkembangan kemampuan para peserta didik.

Wujud implikasinya yakni model belajar tersebut akan menyediakan beragam topik dan materi pembelajaran berdasar minat, perkembangan mental dan pengalaman yang dimiliki peserta didik.

Biasanya model tersebut akan sangat serasi dengan pandangan students-centered yang mana dimaknai dengan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik.

Nah, demikian ulasan mengenai jenis model pembelajaran dan beberapa penjelasannya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Cara Cetak Kartu ASN Virtual Terbaru di MySAPK BKN

News

5 Instansi dengan Tunjangan PNS Terbesar Di Tahun 2024, Yuk Lamar Sekarang

News

Besaran Gaji Guru dan Kepsek Bulan April 2024: Ada THR dan Potensi Kenaikan!

News

Mas Mentri Anjurkan Guru Menggunakan PMM Untuk Mudahkan Mengajar

News

Seperti ini, Sistem Gaji Marketplace Guru di Tahun 2023

News

Update Pencairan Tunjangan dan Rapelan Gaji Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi di Berbagai Daerah
Inovasi Pendidikan Terkini melalui Program Double Action di SMA Negeri 11 Garut

Edutainment

Semua Guru Bersiap! Wajib Dilakukan Di Bulan Maret, Kepala Sekolah Menilai Observasi Guru Dengan Cepat Dan Benar

News

MenPANRB: PNS Pindah IKN Akan Peroleh Tunjangan Khusus